March 28, 2019 2 min to read

5 Tips Liburan Hemat Ala Backpacker!

Category : Holiday, Travel Tips

Sejatinya, liburan merupakan hal yang penting dalam kehidupan.  Hal ini dikarenakan dengan melakukan liburan diyakini akan menghilangkan rasa penat dengan aktivitas yang telah dilakukan. Namun sayangnya, masih banyak yang menilai kalau liburan itu membutuhkan biaya yang banyak. Memang, liburan harus membutuhkan biaya, tapi bukan berarti kamu tidak bisa berlibur dengan biaya yang minim. Coba deh kamu berlibur ala backpacker agar bisa berlibur dengan hemat. Pengen tahu? Berikut beberapa tips traveling murah versi Via.com.

Rencanakan Perjalan dengan Detail

Masih banyak orang yang melakukan perjalanan liburan dilakukan secara mendadak, cukup asyik memang. Namun sayangnya, hal ini bukan hal tepat bagi kamu yang berlibur dengan budget yang minim. Ada baiknya, sebelum melakukan perjalanan liburan, kamu meriset terlebih dahulu tentang perjalanan ke tempat tujuan. Hal tersebut meliputi transportasi yang akan digunakan, harga penginapan, hingga jarak tujuan yang akan kamu tempuh. Kamu bisa melakukan hal ini di internet seperti tentang harga tempat hingga jarak destinasi tersebut. Selain dari internet, kamu juga bisa menanyakan ke teman yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, ia bisa memberikan arahan serta refrensi perjalanan pada kamu.

Tentukan Transportasi

Agar lebih hemat, ada baiknya kamu menaiki moda transportasi yang terbilang murah. Kalau kamu berlibur ke luar negeri, cobalah pesan tiket dari jauh-jauh hari. Cari tahu promo-promo dengan mengunjungi travel fair. Tapi jika kamu berlibur di Indonesia khususnya pulau Jawa, kamu bisa menaiki kereta api. Kini, kereta api sudah mempunyai fasilitas yang mewah dengan harga tiket yang terjangkau tentunya.

Ikuti Paket Perjalanan

Kini, sudah banyak yang menyediakan paket wisata murah ke berbagai wilayah Indonesia. Hal inilah yang bisa kamu manfaatkan jika ingin pergi berlibur dengan biaya yang murah. Dengan mengikuti paket perjalanan ini kamu bisa mendapatkan harga tour yang terbilang murah. Biasanya, penyedia paket tour mensyaratkan agar membawa rombongan yang banyak agar harga paket perjalan lebih murah. Jadi kamu bisa mengajak temanmu untuk pergi berlibur.

Menginap di Homestay

Penginapan adalah hal terpenting saat sedang melakukan liburan. Namun, kamu juga harus perhatikan kisaran harga yang ditawarkan penginapan tersebut. Jika kamu mencari penginapan yang murah, coba untuk menginap di homestay. Penginapan seperti homestay biasanya jauh lebih murah daripada kamu harus menginap di hotel. Selain murah, homestay masa kini sudah mempunyai fasilitas lengkap seperti tv, tempat tidur, hingga alat pendingin ruangan (AC/kipas angin). Jangan lupa untuk tetap memperhatikan fasilitas dan kebershiannya demi kenyamanan kamu.

 

Membeli Oleh-Oleh Seperlunya

Pergi berlibur memang kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas wilayah yang dikunjungi. Tapi sayangnya, tak sedikit oleh-oleh mematok harga yang mahal. Makanan khas hingga barang yang menarik membuat mata kita terngiang untuk membelinya. Namun biasanya, harga oleh-oleh yang dipatok di kawasan wisata terbilang mahal. Nah bagi kamu yang ingin hemat dan keamanan dompet kamu terjaga, coba deh untuk jangan membeli oleh-oleh seperlunya. Kamu bisa membeli oleh-oleh di pasar tradisional agar harganya jauh lebih murah.

Demikian tips liburan murah ala backpacker. Walau hanya memiliki biaya yang sedikit, jangan sampai kamu tidak liburan, ya. Liburan itu penting lho, jadi rencanakan liburanmu dari sekarang. Happy traveling!

Leave a comment

Newsletter subscribe