September 17, 2018 2 min to read

5 Tempat Wisata Hits di Palembang

Category : Destination, Holiday

Siapa yang tidak kenal dengan kota yang satu ini. Palembang, ibukota dari Provinsi Sumatera Selatan yang juga mendapat predikat sebagai kota tertua di Indonesia! Sebagai salah satu kota besar di Bumi Pertiwi, Palembang yang beberapa waktu lalu sukses menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bersama dengan kota Jakarta ini punya banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi lho, mulai dari wisata budaya, sejarah, alam, hingga kuliner. Yuk, kamu yang sedang atau akan berencana berlibur ke kota Pempek, simak 5 tempat wisata hits di Palembang berikut ini.

1. Pulau Kemaro

Tempat wisata hits yang pertama yakni Pulau Kemaro. Terletak di tengah-tengah Sungai Musi, Pulau Kemaro merupakan destinasi wisata yang wajib banget buat kamu kunjungi kalau lagi ke Palembang. Di Pulau Kemaro ini, terdapat kelenteng dan pagoda yang juga menjadi ikon kota Palembang selain Jembatan Ampera. Tempat ini paling ramai dikunjungi pada saat perayaan Cap Go Meh. Untuk mencapai ke Pulau Kemaro, kalian bisa menggunakan sarana transportasi air seperti rakit atau perahu kecil.

2. Kampung Kapitan

Masih di sekitaran Sungai Musi, objek wisata selanjutnya adalah Kampung Kapitan. Kawasan pecinan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena merupakan pemukiman orang Tionghoa pertama di kota Palembang. Berkunjung ke Kampung Kapitan, kalian bakal disuguhi pemandangan bangunan-bangunan tua bergaya campuran antara Tionghoa dan lokal. Tidak hanya itu, disini kalian juga bisa menemukan sejumlah tempat makan.

3. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Wisata sejarah di Palembang memang tiada habisnya. Setelah Kampung Kapitan, ada lagi satu tempat wisata sejarah yang bisa kalian kunjungi. Adalah Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, yang mana disini kalian bisa mendapatkan banyak informasi seputar sejarah Kesultanan Palembang. Bangunan yang dulunya merupakan kediaman dari Sultan Mahmud Badaruddin I menyimpan berbagai koleksi peninggalan Kesultanan Palembang mulai dari benda arkeologi, etnografi, dan sebagainya.

4. Taman Wisata Alam Punti Kayu

Seperti yang sudah disebutkan di awal, kota Palembang memiliki banyak objek wisata beragam jenis, termasuk wisata alam. Nah, kamu yang menyukai wisata bernuansa alam bisa nih berkunjung ke Taman Wisata Alam Punti Kayu yang ada di Palembang. Taman ini sendiri merupakan sebuah hutan pinus yang teduh dan nyaman. Disini, kamu bisa jalan-jalan santai menikmati pemandangan sekitar. Atau, kamu bisa mencoba sejumlah wahana outbound yang memang disediakan oleh pihak pengelola bagi para pengunjung.

5.  Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak juga menjadi salah satu peninggalan Kesultanan Palembang di bawah pimpinan Sultan Mahmud Badaruddin I, tepatnya sekitar tahun 1724-1758 . Saat ini, benteng Kuto Besak difungsikan sebagai markas Komando Daerah Militer (Kodam) Sriwijaya. Area plaza yang ada di depan benteng inilah yang biasanya menjadi spot favorit bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke situs ini.

Itu dia 5 tempat wisata hits di Palembang yang harus kamu kunjungi saat berkunjung kesana nanti. Tentunya masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik semisal Jembatan Ampera, Masjid Sultan Mahmud Badaruddin II, hingga Jakabaring Sports Complex. So, rencanakan segera liburan kamu ke Palembang. Penuhi kebutuhan travelling-mu nanti bersama via.id

Leave a comment

Newsletter subscribe