August 3, 2017 4 min to read

5 Tempat Wisata di Belitung Paling Populer

Category : Destination, Holiday

Di tengah pencarian ’10 Bali Baru’ di Indonesia, Kepulauan Bangka Belitung pun mulai menampilkan pesona alamnya yang menakjubkan kepada para wisatawan, baik domestik hingga turis mancanegara. Kalau kamu bingung mau liburan kemana aja di Belitung, simak rekomendasi 5 tempat wisata di Belitung yang paling populer dan wajib kamu kunjungi versi Via.

 

Pantai Tanjung Tinggi Belitung

(Source: Google)

Sebagai kota yang identik dengan film “Laskar Pelangi”, Pantai Tanjung Tinggi adalah objek wisata yang terkenal dan juga merupakan salah satu lokasi syuting film populer karangan Andrea Hirata tersebut. Selain terkenal karena “Laskar Pelangi”, pantai ini juga memiliki keindahan yang luar biasa dengan pasir putihnya yang bersih dan indah, bebatuan granit besar, pepohonan sejuk dan warna gradasi air laut yang menciptakan warna biru laut yang menenangkan saat dipandang, keindahan-keindahan tersebut tentunya membuat pantai ini menjadi favorit bagi para wisatawan. Pantai Tanjung Tinggi terletak di Kecamatan Sijuk, berjarak sekitar 37 KM dari Kota Tanjung Pandan, Belitung. Di sekitar pantai ini tersedia berbagai hotel dan dan warung makan sehingga wisatawan tidak perlu khawatir memikirkan akomodasi berlibur ke pantai ini.

 

Pulau Lengkuas

(Source: Google)

Pulau Lengkuas juga merupakan atraksi wisata yang paling dicari oleh para wisatawan di Belitung. Pulau ini memiliki mercusuar yang menjadi ciri khas dan daya tarik bagi wisatawan, konon katanya mercusuar tersebut dibangun sejak tahun 1882 pada zaman kolonial Belanda. Mercusuar tersebut juga masih berfungsi dengan sangat baik hingga kini untuk menuntun lalu lintas masuk dan keluarnya kapal dari Pulau Belitung. Panorama pulau ini sangat indah dengan jajaran batu granit putih yang besar, pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Wisatawan di pulau ini pun dapat dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang asri dan indah dengan diving atau snorkeling. Untuk bisa ke Pulau Lengkuas, kamu dpat menyewa kapal nelayan dan menyebrangi lautan dari pantai Tanjung Kelayang dengan jarak 20 menit aja Vrens.

 

Museum Kata Andrea Hirata

(Source: Google)
(Source: Google)

Tidak harus jauh-jauh ke Petite France, Korea Selatan untuk foto-foto di depan rumah warna-warni, di Belitung kamu pun bisa melakukannya di Museum Kata Andrea Hirata. Yap, penulis asal Belitung yang fenomenal dengan karya novel best seller “Laskar Pelangi” nya ini mendirikan sebuah museum dengan desain arsitektur yang unik dan menyuguhkan banyak spot-spot foto yang “instagramable”. Dari tampak depan museum ini kamu akan disambut dengan bangunan yang warna-warni dan unik, lalu ada pula coffee shop kecil yang bisa kamu kunjungi untuk bersantai. Museum bergaya vintage ini memiliki banyak barang antik dan kutipan-kutipan inspiratif di dalamnya. Untuk bisa mengunjungi museum ini kamu cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp50.000, harga ini sudah termasuk satu buah novel Laskar Pelangi lho, asik ya?

 

Danau Kaolin

(Source: Google)

Masih menjadi fenomena media sosial hingga saat ini karena lokasinya yang sangat indah sebagai background foto-foto travelers, Danau Kaolin menjadi salah satu must-visit list bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Kaolin. Danau Kaolin merupakan danau yang memiliki dataran berwarna putih bersih dan air yang berwarna biru muda menyala, terbentuk karena danau ini merupakan bekas tempat pertambangan kaolin. Dataran dan dinding-dinding bebatuan putih di danau ini terlihat seperti salju, sehingga membuat tempat ini seperti di luar negeri. Airnya pun terbilang aman karena bukan tercampur belerang panas seperti di Kawah Putih, Ciwidey. Jika kamu mau kesini, kamu bisa ke Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung dengan jarak tempuh hanya 10 menit dari pusat kota Tanjungpandan. Untuk penginapan pun tidak jadi masalah karena kamu bisa pesan kamar hotel dengan berbagai varian harga di sekitar kota Tanjung Pandan.

 

Pantai Tanjung Kelayang

(Source: Google)

Termasuk sebagai salah satu pantai terindah di Belitung dan paling banyak dikunjungi wisatawan. Pantai Tanjung Kelayang kerap menjadi pelabuhan untuk kegiatan tour island hopping di Pulau Belitung. Pantai nya bersih dan terdapat jajaran bebatuan granit putih indah yang jarang ditemukan di pantai lain di Indonesia sehingga cocok menjadi spot foto-foto yang unik. Kalau kamu mau berenang di pantai ini juga bisa karena selain airnya jernih, ombaknya pun relatif tenang. Lokasi Pantai Tanjung Kelayang cukup strategis, bisa ditempuh dengan jarak 27 KM dari pusat kota Tanjung Pandan. Dilansir dari laman resmi pariwisata Bangka Belitung, pantai ini setiap tahun juga menjadi tempat singgah kapal-kapal Yacht yang mengikuti Rally Sail Indonesia dan merupakan salah satu lokasi syuting Laskar Pelangi. Untuk mencari hotel dekat Pantai Tanjung Kelayang tidaklah sulit karena tersedia berbagai pilihan hotel dengan harga sesuai budget kamu di sekitar pantai.

 

Selain daftar di atas, masih ada banyak tempat wisata Belitung yang bisa kamu kunjungi. Dengan popularitasnya yang kian menanjak, harga tiket pesawat ke Belitung (Tanjung Pandan) pun mulai menyamai harga tiket ke Bali. Meski begitu, portal online travel seperti via.com menyediakan berbagai penawaran liburan murah yang bisa kamu pesan untuk mewujudkan impian berlibur di Belitung. Kamu bisa mulai coba untuk rencanakan liburan ke Belitung dari sekarang lho Vrens. Rencanakan dari awal agar liburan kamu nantinya bebas kendala dan semakin menyenangkan!

Leave a comment

Newsletter subscribe