October 4, 2018 2 min to read

5 Manfaat Travelling Bagi Kehidupanmu

Category : Destination, Holiday, Travel Hacks, Travel Tips

Travelling bukan hanya kegiatan yang menyenangkan tetapi juga bermanfaat. Manfaatnya, tidak hanya terbatas pada manfaat jangka pendek tetapi juga jangka panjang.

Salah satu manfaat jangka panjang travelling adalah bisa mengubah perspektif seseorang tentang segala sesuatu terkait kehidupannya. Berikut adalah empat manfaat traveling yang bisa mengubah pandanganmu tentang hidup.

1. Mengajarkan Arti Pertemanan

Manfaat traveling pertama yang bisa mengubah perspektifmu tentang hidup adalah mengajarkan nilai pertemanan. Saat melakukan traveling, kamu akan jauh dari keluarga dan orang-orang terdekatmu. Saat itulah kamu akan merasa bahwa tidak ada orang lain yang bisa membantumu saat kesulitan selain teman perjalananmu.

Itulah mengapa, saat melakukan traveling kamu sejatinya juga tengah belajar nilai pertemanan. Saat jauh dari zona nyaman seperti keluarga, kamu akan mengerti betapa arti teman sangat berharga.

2. Melatih Kesabaran

Manfaat traveling berikutnya utnu khidup kamu adalah untuk melatih kesabaran. Saat sedang melakukan traveling, kamu dituntut untuk efisien. Pasalnya, kamu harus menyesuaikan semua kebutuhanmu dengan budget yang kamu miliki.

Kamu harus bisa memilih dan memilah dengan baik, mana kebutuhan yang harus kamu prioritaskan dan mana kebutuhan yang bisa kamu tunda. Tindakan memaksa diri untuk efisien inilah yang akan membuatmu lebih bersabar, tidak hanya saat masih sedang melakukan traveling, tetapi juga saat setelah kamu pulang ke rumah dan kembali pada rutinitas pekerjaanmu.

3. Melatih Social Skill dan Jiwa Sosial

Manfaat traveling ketiga selanjutnya adalah melatih kemampuan bersosialisasi kamu di segala situasi dan kondisi. Ada kalanya traveling yang kamu rencanakan tidak berjalan dengan baik.

Kamu misalnya, bisa saja kecopetan di tengah jalan sehingga uangmu habis dan membutuhkan bantuan segera. Jika hal ini terjadi, kamu harus berani meminta bantuan bahkan kepada orang yang tidak pernah kamu kenal sebelumnya.

Sebaliknya, kamu juga harus rela membantu jika ada traveler lain yang membutuhkan bantuanmu. Dua hal itu akan mengubah menumbuhkan perspektif bahwa dalam hidup, manusia sejatinya harus saling membantu satu sama lain, dan bisa berkomunikasi juga dengan baik.

4. Mengajarkan Agar Senantiasa Rendah Hati

Manfaat traveling keempat adalah mengajarkan kerendahan hati. Pasalnya, saat melakukan traveling kamu akan mengetahui betapa besar dan berwarnanya dunia ini, dihuni oleh milyaran orang dengan ciri fisik dan kebudayaan yang berbeda-beda.

Semua itu semestinya akan membuatmu rendah hati, terhindar dari sikap sombong, karena sadar bahwa kamu hanya entitas kecil jika dibandingkan dengan banyaknya jumlah manusia di dunia.

5. Menjadi Individu yang Open Minded

Manfaat traveling terakhir  adalah mengajarkan berpikiran terbuka. Saat melakukan traveling, kamu biasanya akan mengunjungi tempat-tempat baru.

Di sana, kamu juga akan bertemu dengan orang-orang baru, dengan kebudayaan-kebudayaan yang tidak jarang baru kamu kenal. Hal itu akan membuat pikiranmu semakin terbuka. Kamu akan lebih menghargai perbedaan, tidak mudah menghakimi, dan senantiasa berusaha memahami.

Itulah lima manfaat traveling yang bisa mengubah perspektifmu tentang hidup. Oleh karena itu, pandangan bahwa traveling bisa mengubah perspektif seseorang bukan sekedar mitos. Untuk mewujudkan itu semua, ada baiknya kamu juga perlu melakukan traveling dalam waktu dekat.

Tunggu apalagi, segera rancang liburan berkesan bersama agen travel terpercaya via.id. Via Indonesia telah dipercaya selama bertahun-tahun sebagai partner perjalanan yang murah, terpercaya, serta memiliki ragam pilihan.

Sudah saatnya kamu mengambil jeda untuk berlibur, dan siapa lagi yang mampu menawarkan harga terendah untuk liburan super berkesan, kalau bukan via.id. Install aplikasi Via Indonesia di ponselmu dan peroleh potongan harga IDR 25k untuk tiket penerbangan pertama yang kamu pesan. Menarik, bukan?

Leave a comment

Newsletter subscribe