September 20, 2018 3 min to read

5 Destinasi Wisata di Azerbaijan Berikut Ini Keren Banget!

Category : Destination, Holiday

‘Negara Api’ atau Land of Fire. Begitulah kiranya orang-orang menamakan negara yang berada di persimpangan antara Turki, Rusia, dan Iran ini.  Azerbaijan, sebuah negara yang mungkin kepopulerannya masih berada di bawah sejumlah destinasi lainnya di Eropa Timur maupun Asia Timur. Kendati demikian, siapa sangka ternyata Azerbaijan juga worth-to-visit lho Vrens! Memang, akses transportasi menuju kesana terbilang sulit dan membutuhkan banyak waktu juga biaya. Namun, hal ini nampaknya tidak menjadi masalah buat kamu yang sedang mencari sensasi baru dalam berlibur ke luar negeri. Percayalah, Azerbaijan siap membayar lunas semua effort yang sudah kamu lakukan untuk mengunjunginya.

Lalu, ada destinasi apa saja yang bisa kamu kunjungi saat tengah berlibur ke negara yang memiliki mata uang Manat (AZN) ini? Via.id punya 5 rekomendasi destinasi wisatanya. Yuk, simak artikel berikut ini.

1. Baku

Di tempat pertama ada ibukota dari Azerbaijan sendiri yakni kota Baku. Sebagai ibukota dan juga merupakan kota dengan luas wilayah terbesar di Azerbaijan, Baku menjadi titik awal dari eksplorasi kamu di negara ini. Terletak di sepanjang Teluk Baku yang menghadap ke Laut Kaspia, nuansa klasik berpadu dengan modernitas menjadi pemandangan yang bisa kamu nikmati di kota yang sejak tahun 2016 menjadi salah satu tuan rumah gelaran balap mobil Formula 1 tersebut.

Sejumlah objek wisata yang menjadi ikon dari kota ini antara lain Istana Shirvanshah dan Maiden Tower. Keduanya berada di Old City atau Icheri Sheher. Kedua bangunan bersejarah tersebut bahkan didapuk menjadi situ warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2000. Selain Istana Shirvanshah dan Maiden Tower, objek wisata lain di Baku yang tidak kalah bagusnya adalah Bibi-Heybat Mosque, Fountain Square, Nizami Street, dan masih banyak yang lainnya.

2. Qabala

Qabala atau disebut juga Gabala merupakan sebuah kota kecil yang terletak di kaki Pegunungan Kaukasus, sebelah utara Azerbaijan. Kota yang dulunya bernama Kutkashen ini memiliki sejumlah spot wisata bertema sejarah hingga alam yang tentunya menarik, sebut saja Chukhur Gabala, Gabala Amusement Park, Ancient Gabala Fortress, dan Gabala Waterfall.

Untuk bisa sampai di kota Qabala, kamu bisa menggunakan sejumlah sarana trasnportasi umum yang tersedia, mulai dari mobil minibus, bus, dan juga pesawat udara dengan titik pendaratan berada di  Qabala International Airport (GBB).

3. Shamakhi

Shamakhi

Bergeser ke arah Barat Azerbaijan, ada kota tua yang sarat akan sejarah yakni Shamakhi. Dahulu kala, Shamakhi ini menjadi salah satu kota penting di Jalur Sutra. Kota yang dikenal dengan kerjainan karpetnya ini memiliki banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, antara lain Shirvan Domes, Yeddi Gumbez Mausoleum, dan Juma Mosque of Shamakhi.

Transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju kota Shamakhi ini adalah bus. Ambil bus dengan tujuan Shaki kemudian berhenti di kota Shamakhi ini.

4. Quba

quba

Destinasi wisata ke-4 di Azerbaijan yang kami rekomendasikan yakni Quba. Kota kecil ini terletak tidak jauh dari perbatasan antara Azerbaijan dan Rusia. Dilihat dari letak geografis, Quba berada di kaki Gunung Shahdagh, salah satu gunung tertinggi di Pegunungan Kaukasus. Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kota Quba ini antara lain Sakina-Khanum Mosque, Shuhur Hamam, Bakikhanov House, Kudyalchay Bridge, dan Taman Nizani.

Jarak antara Quba dengan ibukota Azerbaijan yakni Baku kurang lebih 170 km. Kamu bisa menggunakan sarana trasnportasi bus untuk menju ke kota ini.

5. Ganja

Eits, jangan berpikir yang aneh-aneh dulu. Nyatanya, memang inilah nama dari kota yang satu ini. Ganja menjadi kota terbesar ke-2 di Azerbaijan setelah Baku. Lokasinya juga berada di kaki pegunungan Kaukasus. Landmark dari kota Ganja ini sendiri meliputi Nizami Mausoleum, Shah Abbas Caravanserai, Ancient Ganja Gate, dan masih banyak juga yang lainnya.

Kereta adalah pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju kota Ganja dari Baku. Selain itu, disini juga terdapat Bandara Internasional Ganja yang menghubungkannya dengan St. Petersburg dan Istanbul.

 

Itu dia 5 destinasi wisata di Azerbaijan yang wajib kamu kunjungi kalau nanti berkesempatan untuk liburan kesana. Liburan ke luar negeri, lebih murah dan mudah pakai via.id! Yuk, rencanakan liburan kamu sekarang juga. Happy vacation!

 

Leave a comment

Newsletter subscribe