July 1, 2021 1 min to read

Wisata Budaya Kalimantan Tengah di Desa Lopus

Category : Culture, Destination, Holiday

Vrens, kamu pasti sudah tidak asing dengan Tanjung Puting. Destinasi andalan yang merupakan kawasan konservasi orangutan, bekantan, serta flora dan fauna lainnya itu terletak di dekat Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Keindahan yang ada di Kalimantan Tengah nyatanya tidak ahanya ada di Tanjung Puting, melainkan juga ada di adat dan kebudayaan masyarakatnya yang mayoritas merupakan suku Dayak.

Jika kamu ingin mengeksplorasi budaya suku Dayak setelah puas berwisata ke Tanjung Puting, kamu bisa berkunjung ke Desa Lopus. Desa itu merupakan desa wisata yang terletak di Kecamatan Delang. Keunikan dan keindahan budaya suku Dayak dapat kamu lihat secara langsung di sana, mulai dari ritual adat hingga produk kerajinan tangan yang khas.

Memasuki Desa Lopus, kamu dapat langsung melihat Rumah Betang yang merupakan rumah tradisional masyarakat setempat. Arsitektur hingga struktur bangunannya yang khas tetap dipertahankan sehingga kamu bisa melihat keasliannya. Selain itu, kamu juga akan disambut dengan ritual adat Ikat Tongang sebagai bentuk penyambutan tamu yang dilakukan oleh masyarakat di sana.

Selain rumah tradisional dan rumah adat, kamu juga dapat melihat kerajinan tangan khas yang diproduksi di sana. Umumnya, kerajinan tangan di Desa Lopus terbuat dari kulit kapuak dan serat bomban. Beragam jenis souvenir unik dapat kamu temui, seperti tas, dompet, dan tutup kepala. Kamu juga bisa merasakan sensasi bermalam di sana bersama masyarakat suku Dayak yang ramah.

Menjelajahi kebudayaan masyarakat suatu daerah termasuk penting untuk mengenal dan ikut melestarikan kekayaan budaya Indonesia. Untuk itu, jika kamu berminat berwisata, cobalah mengeksplorasi kebudayaannya juga. Kalau kamu berminat berwisata ke Tanjung Puting, kamu bisa pesan paket tour-nya di sini.

 

 

Pesan Paket Tour Tanjung Puting Disini

 

Leave a comment

Newsletter subscribe