March 22, 2019 2 min to read

Tips Bermanfaat Bagi Kamu yang Belum Pernah Naik Pesawat

Category : Travel Tips

Berpegian menggunakan pesawat terbang merupakan suatu hal yang biasa bagi sebagian orang. Namun, bagi kamu yang baru pertama kali menaiki transportasi terbang ini, wajib mengetahui apa saja peraturan yang harus ditaati. Menaiki pesawat sedikit berbeda dengan menunggangi tranportasi lainnya semisal bis atau kereta. Ada beberapa peraturan yang harus kamu ketahui saat sebelum keberangkatan, saat keberangkatan, hingga saat di bandara tujuan. Itulah yang membedakan naik pesawat dengan naik tranposrtasi lainnya. Untuk itu, bagi kamu yang baru pertama kali ingin menaiki pesawat, berikut kami akan berikan tips bermanfaat di bawah ini.

Sebelum Keberangkatan

Sama seperti naik transportasi lainnya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pesan tiket. Untuk memesan tiket, kamu bisa membeli di maskapai resmi penerbangan, atau di travel agent terpercaya seperti di via.com. Beli tiket di via.com, terdapat pilihan lengkap dari maskapai penerbangan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan komisi menarik dari via.com. Kamu yang baru perdana naik pesawat, harus mengetahui ketentuan berat bagasi yang ditentukan oleh maskapai. Lebih berat bawaanmu, kamu akan mendapat charger  per kilogram nya. Selain itu, jangan membawa barang yang dilarang, agar proses berjalan dengan lancar. Nah selain itu, sebelum hari keberangkatan tiba, coba deh untuk cari tahu letak terminal bandara sesuai dengan maskapai yang kamu tumpangi. Hal ini akan menghindari kamu dari keterlambatan dan akan memanfaatkan waktu yang ada.

Saat Keberangkatan

Sebelum keberangkatan tiba, kamu harus melalui check-in terlebih dahulu. Check-In adalah proses melakukan konfirmasi yang dilakukan oleh petugas maskapai sebelum naik pesawat. Proses ini bisa kamu lakukan melalui mesin khusus check-in yang sudah tersedia. Untuk melewati proses ini, coba usahakan datang lebih cepat semisal 2 jam sebelum keberangkatan. Hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Lalu, persiapkan tiket pesawat dan KTP untuk melakukan proses check-in.

Hal kedua yang harus kamu ikuti adalah proses boarding. Boarding adalah waktu kamu akan menaiki pesawat terbang. Biasanya, boarding diberlakukan 30 menit sebelum pesawat landas. Biasanya, penumpang yang telat tidak diperbolehkan menaiki pesawat. Untuk itu, perhatikan waktu boarding di boarding pass yang didapat saat check-in. Saat proses boarding berjalan, petugas akan mengumumkan nomor penerbangan saat waktu sudah tiba. Setelah memasuki pesawat, carilah tempat duduk sesuai nomor di boarding pass dan jangan lupa untuk perhatikan intruksi dari petugas.

Saat Tiba di Bandara Tujuan

Jangan terburu-buru saat sudah sampai bandara tujuan. Hal pertama yang harus kamu lakukan saat sampai di bandara tujuan adalah mencari tahu tempat pengambilan bagasi untuk mengambil barang bawaanmu sesuai dengan nomor penerbangan. Perhatikan baik-baik barang bawaan kamu agar tidak tertukar dengan barang orang lain. Setelah itu, coba cek kembali barang bawaan kamu agar memastikan barang yang kamu bawa aman terkendali.

Leave a comment

Newsletter subscribe