May 28, 2021 1 min to read

Teh Turki yang Tak Boleh Terlewati

Category : Culinary, Culture

Jika kamu berkunjung ke Turki, kamu akan mendapati banyak orang yang mengonsumsi teh. Tak peduli bagaimana suasananya, kapan waktunya, di mana tempatnya, atau apa makanannya masyarakat di Turki akan meminum teh. Teh dan kegiatan menikmatinya telah menjadi budaya yang melekat pada masyarakat Turki. Bahkan, di Turki terdapat peribahasa yang berbunyi, ”Tiga hari tanpa makanan masih lebih baik daripada satu hari tanpa teh.”

Di Turki, teh disebut dengan “cay” dan disajikan dengan wadah berupa teko bertingkat yang bernama “caydanlik”. Pada bagian bawah teko diisi air panas yang akan dituangkan pada bubuk teh yang berada pada bagian atas teko. Kemudian, bagian bawah diisi kembali dengan air panas setalah air sebelumnya telah menyatu dengan bubuk teh di bagian atas. Teh turki biasanya tersaji dengan warna yang lebih pekat dan rasa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan teh di Indonesia.

Teh turki tidak pernah diracik menggunakan gula. Masyarakat Turki pun umumnya menikmati cay apa adanya tanpa tambahan gula. Tentu saja cita rasa yang muncul adalah aroma teh yang kuat dan cenderung pahit di lidah. Namun, gula tetap disediakan di piring kecil yang menjadi alas gelas teh sehingga penikmatnya dapat menentukan sendiri rasa manis yang diinginkan. Selain itu, teh disajikan dalam gelas khusus yang berukuran lebih kecil dari gelas pada umumnya bernama cay bardagi (gelas teh).

Meminum teh di Turki yang telah menjadi budaya itu masih dilakukan hingga sekarang. Masyarakat Turki biasa meminum teh panas dalam kondisi apa pun dan bersama siapa pun. Untuk itu lah teh juga dianggap sebagai pengerat tali persaudaraan di sana. Teh turki pun memiliki manfaat dan baik untuk dikonsumsi, beberapa di antaranya adalah bermanfaat sebagai detoksifikasi atau pembuang racun, meredakan stres, dan meredakan gejala penyakit tenggorokan serta asma.

Jika kamu berkunjung ke Turki, kamu wajib menikmati teh khas Turki. Kamu tak perlu khawatir karena rasa pahitnya dapat teratasi dengan meracik dan menambahkan gula sendiri. Kamu pun dapat menikmatinya bersama panganan khas Turki lainnya, seperti baklava, kunefe, Turkish Delight, dan panganan lainnya untuk melengkapi petualangan kulinermu di Turki!

Penasaran dengan Paket Perjalanan ke Turki? Cek di sini.

Paket Tour 8D5N Classic Turkey Overland Tour

Leave a comment

Newsletter subscribe