November 1, 2023 6 min to read

Serunya Familiarization Trip ke Manila dan Bohol di Filipina bersama Philippine Airlines

Category : Uncategorized

Pernahkah Via Vrens membayangkan betapa serunya berpetualang di Filipina? Pada kesempatan kali ini, Via.com Indonesia diwakili oleh Assistant Manager Marketing, Miftahul Falah, berkesempatan memenuhi undangan dari Philippine Airlines untuk mengikuti event ASEAN Familiarization Trip ke Bohol, Filipina pada 19 -23 Oktober 2023 bekerja sama dengan Departemen Pariwisata Filipina (PDOT), termasuk sesi B2B Networking di Manila. Siapkan dirimu untuk mengikuti petualangan menjelajah Manila dan Bohol!

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini
  • Hari 1 (Kamis, 19 Oktober 2023)

Sebelum penerbangan ke Manila, para undangan telah menjalin relasi melalui WhatsApp dan janji temu di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Rabu (18 Oktober 2023) Pkl.21.00 WIB. Penerbangan Philippine Airlines PR 536 yang dijadwalkan lepas landas menuju Manila pukul 00.45 digunakan pada kesempatan ini. Walau penerbangannya dini hari, namun rombongan tetap disuguhi makanan dan minuman, termasuk Dried Mango yang merupakan cemilan khas Filipina.

Pesawat pun mendarat di Bandara Internasional Ninoy Aquino pukul 06.10 waktu setempat. Rombongan disambut oleh Tim Tour & Travel yang telah ditunjuk untuk menjalankan FamTrip ini. Usai sarapan, ternyata City Tour di Manila langsung dimulai. Rizal Park seharusnya menjadi destinasi pertama, tapi hujan memaksa untuk langsung melanjutkan ke destinasi berikutnya yang merupakan indoor area.

Petualangan dimulai di Intramuros, suatu kota tua yang dikeli­­lingi oleh tembok dan benteng kuno. Destinasi pertamanya yakni San Agustin Church, sebuah gereja tertua di Filipina. Fasad besarnya menyembunyikan interior penuh hiasan yang dipenuhi benda-benda bersejarah dan budaya yang bernilai tinggi.

Grup melanjutkan penjelajahan dengan memasuki Casa Manila dan merasakan seperti apa kehidupan elite pada zaman kolonial. Salah satu hal unik di dalamnya, ada sebuah kulkas model kuno yang untuk menggunakannya harus menggunakan es batu. Bagaimana cara mendapatkan es batunya? Diimpor dari Amerika!

Setelah dari Casa Manila, karena kondisi masih hujan, tour dilanjutkan menggunakan Kereta Kuda. Penjelajahan Iintramuros dimulai dengan melewati Fort Santiago, Manila Cathedral, dan berhenti di depan Barbara’s Restaurant. Restoran bernuansa mewah ini menyediakan aneka menu pilihan khas Filipina sambil dihibur oleh live music. Para tamunya pun selalu dilayani dengan baik.

Usai makan, rombongan kembali ke mobil untuk perjalanan yang agak jauh. Sebagian peserta nampak mengantuk karena penerbangan dini hari sehingga cukup terlelap di mobil. Sekitar 20 menit kemudian, mobil memasuki area parkiran Balikbayan Handicrafts, tempat yang menyediakan aneka oleh-oleh, mulai dari makanan, souvenir, hingga tas khas Filipina. Puas berbelanja, rombongan FamTrip melanjutkan perjalanan sebentar menuju New World Makati Hotel, hotel bintang 5 di jantung kawasan perbelanjaan dan bisnis, kota Makati, Filipina!

  • Hari 2 (Jumat, 20 Oktober 2023)

Setelah sarapan di hotel, rombongan bersiap untuk melanjutkan ke sesi B2B Networking dari pukul 08.30 hingga siang. Sesi ini sebenarnya inti dari FamTrip kali ini. Pada kesempatan itu, 15 perusahaan Indonesia berkumpul untuk membuka meja dan menjalin kerja sama dengan 12 Tour & Travel Corp serta 12 Hotel Filipina juga bertemu langsung dengan tim dari Philippine Airlines Indonesia maupun Filipina. Sebelum event dimulai, seluruh partisipan dijelaskan mengenai bagaimana alur kunjungan dari satu meja ke meja lain serta berapa lama waktu yang diberikan.

Event B2B Networking kala itu dibagi ke dalam 2 sesi. Sesi pertama berlangsung pada pukul 08.30-10.04, dihadiri oleh partisipan yang merupakan perwakilan berbagai Tour & Travel di Filipina. Kemudian ada jeda sebentar untuk Coffee Break. Baru lanjut lagi Pkl.10.30-12.04 dengan partisipan yakni perwakilan hotel-hotel di Filipina. Acara pun ditutup dengan sesi ramah tamah sambal berkenalan dengan perwakilan dari Philippine Department of Tourism.

Sorenya tamu menikmati makan malam awal di suatu restoran khas Italy bersama Mrs Gwen, Atase II and Head for ASEAN Market Development Division of Philippine Department of Tourism. Perbincangan hangat pun mengiringi suasana makan yang banyak didominasi oleh menu khas pasta.

Usai makan malam, petualangan dilanjutkan perjalanan menuju Bandara NAIA T2 untuk penerbangan menuju Tagbilaran. Rombongan terbang menggunakan Philippine Airlines PR 2775/Manila-Tagbilaran/Pkl.19.45-21.15. Pesawat mendarat dengan mulus di Bohol. Perjalanan dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Bohol Beach Club untuk check-in dan bermalam di sana. Menghadap ke selatan dengan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan, resor ini menawarkan pantai pasir putih pribadi dengan perairan biru murni.

  • Hari 3 (Sabtu, 21 Oktober 2023)

Setelah sarapan di resor, rombongan siap-siap untuk melakukan Countryside Tour di Bohol dan menyelami sejarah serta kebudayaan lokal. Pemberhentian pertama adalah Immaculate Conception Church, Baclayon, Bohol. Bangunannya nampak cukup berumur dengan gaya artitektur yang mengagumkan. Di dalamnya ada sebuah sumur tempat pengunjung dapat melemparkan koin dan melakukan permohonan.

Cek dan Pesan Penerbangan ke FILIPINA Sekarang Juga di Sini!

Perjalanan pun dilanjutkan untuk agenda makan siang di Floating Restaurant Loboc Cruise. Makan siang sambil merasakan sensasi menaiki kapal menyusuri sungai di tengah alam hijau merupakan hal yang tak boleh dilewatkan apabila mengunjungi Bohol. Setibanya di lokasi, hujan kembali mengguyur bumi. Namun hal itu tak mencegah kapal untuk mengarungi sungai.

Tiket Floating Restaurant ini cukup unik, karena dapat berfungsi sebagai kartu pos juga. Di atas kapal telah tersedia aneka menu daging dan seafood dengan model prasmanan. Di tengah perjalanan, kapal sempat berhenti menepi ke suatu panggung untuk menikmati pertunjukan tarian dan nyanyian oleh penduduk lokal. Nuansa hijau dan sedikit berkabut menghiasi perjalanan ini. Air sungainya terlihat hijau, tenang, namun berkarang di beberapa lokasi. Hujan rintik menghiasi, walau petir tak mendampingi.

Kapal pun berputar kembali menuju titik awal keberangkatan. Usai menepi, destinasi selanjutnya adalah toko oleh-oleh di lokasi yang sama.

Pemberhentian selanjutnya yakni Chocolate Hills. Fenomena alam yang memukau ini terdiri dari 1.200-an hingga 1.700-an bukit kecil yang akan berwarna cokelat saat musim kemarau. Pemandangan ini sungguh mengagumkan.

Perjalanan pun dilanjutkan untuk menuju lokasi penangkaran Tarsier. Di Bohol Tarsier Conservation Area, kita akan berkesempatan melihat Tarsier langsung di alam terbuka (bukan di kandang). Primata kecil yang merupakan hewan nocturnal ini tidak boleh kita sentuh, dan pengunjung pun juga tak boleh berisik, tapi kita boleh memotretnya tanpa flash. Mereka sangat lucu dan menggemaskan!

Setelah itu, rombongan menuju ke honey bee farm untuk makan malam sambil melewati man-made forest. Yup, rombongan akan kembali bermalam di Bohol karena petualangan belum usai.

  • Hari 4 (Minggu, 22 Oktober 2023)

Agenda rombongan hari ini adalah Island Hopping yang menakjubkan! Rombongan FamTrip akan melompat dari satu pulau ke pulau lain untuk menikmati lanskap pantai yang memukau dan menjajal alam bawah lautnya yang eksotis.

Berangkat dari resor pukul 05.30, Pamilacan menjadi pulau pertama yang dikunjungi. Dari pantainya yang berpasir putih, rombongan menaiki sebuah kapal kecil untuk menuju spot snorkeling. Lautnya tidak terlalu dalam, kaya akan coral dan ikan berwarna-warni termasuk clown fish. Spot ini memang sangat cocok untuk snorkeling.

Pulau berikutnya yakni Balicasag, sebuah pulau cantik dengan perariran yang terlihat tosca dan menyimpan keindahan bawah laut yang memukau. Snorkeling atau diving di sini akan membawa kita bertemu dengan kehidupan laut para penyu. Pulau ini cukup sering dikunjungi oleh wisatawan Korea.

 

Pulau ketiga adalah Virgin Island, yang merupakan sandbar, hamparan pasir putih sejauh mata memandang. Di sini memang bukan spot snorkeling, namun dapat menjadi area yang aestetik untuk membuat konten romantic.

Petualangan hari ini ditutup dengan dinner spesial bersama Mrs Gwen, yang dipandu langsung oleh General Manager Bohol Beach Club Mr. Santos. Di sini ada seorang koki yang melakukan demo suatu masakan khas Bohol berbahan dasar ikan mentah untuk diolah tanpa dimasak, dan setelahnya rombongan bisa menduplikasi hidangan tersebut dengan bahan tersedia. Setelahnya, kembali dihadirkan hidangan pembuka. Lalu disusul menu utama yang sebagian merupakan olahan seafood. Dan terakhir, ditutup dengan hidangan penutup spesial dari olahan cokelat yang merepresentasikan Bohol.

  • Hari 5 (Senin, 23 Oktober 2023)

Tak terasa sudah memasuki hari terakhir di Filipina. Usai sarapan, rombongan bergegas menuju bandara untuk penerbangan Tagbilaran-Manila. Setibanya di Manila, rombongan menuju ke SM Mall of Asia, mall terbesar di Asia. Setibanya di sana, makan siang dengan menu khas Hong Kong di suatu restoran Michellin pun disajikan. Setelah itu, rombongan bebas berpencar untuk sekadar jalan-jalan atau belanja hingga waktu maghrib tiba. Di hypermarket mall ini, kita bisa mendapatkan aneka makanan/ cemilan sebagai oleh-oleh khas dengan harga yang jauh lebih murah dibanding di toko souvenir di area wisata.

Akhir hari, rombongan menuju bandara untuk penerbangan terakhir PR 535/Manila-Jakarta/21.00-23.55. Sungguh suatu petualangan menjelajah Manila dan Bohol yang tak terlupakan. Alam Filipina masih memiliki banyak destinasi lain yang juga tak kalah menarik untuk dijelajahi, seperti Davao, Coron, Boracay, dan masih banyak lagi. Siap jelajah eksotisme Filipina?

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini (Akses lewat PC/Laptop)

Leave a comment

Newsletter subscribe