September 17, 2021 1 min to read

SEJARAH JATUHNYA KONSTATINOPEL KE TANGAN KERAJAAN OTTOMAN

Category : History

Kamu pasti tahu atau pernah mendengar Istanbul, kota terbesar di Turki yang terkenal dan eksotis. Di sana terdapat bangunan megah yang sudah ada sejak zaman dahulu. Tapi, apakah kamu tahu atau pernah mendengar tentang Konstantinopel? Tahukah kamu sejarah menarik tentang kota itu?

Kota Istanbul sekarang dulunya adalah Kontsantinopel. Kota itu berganti nama menjadi Istanbul setalah pada 29 Oktober 1923 Republik Turki dideklarasikan. Kontantinopel dahulu merupakan pusat pemerintahan Kekaisaran Romawi yang cukup kuat di dunia dan ditaklukan oleh Kekaisaran Ottoman pada tahun 1453. Letaknya sangat strategis karena berada tepat di antara Eropa dan Asia. Hal itu menjadikan Konstantinopel sebagai jalur utama perdagangan.

Konstantinopel berhasil ditaklukan setelah pasukan Kekaisaran Ottoman menggempur dan mengepung kota itu selama kurang lebih 8 minggu atau selama 50 hari. Pasukan itu dipimpin oleh Sultan Ahmed II atau dikenal pula sebagai Al Fatih yang pada saat itu usianya masih 19 tahun. Kegigihan Al Fatih menaklukan Konstantinopel bertujuan untuk menguasai perdangan internasional, mengakhiri dominasi Kekaisaran Romawi khususnya di wilayah Timur Tengah, dan menyebarkan ajaran Islam secara lebih luas.

Peperangan dalam perebutan Konstantinopel berlangsung di darat, laut, bahkan hingga di bawah tanah. Segala cara dilakukan oleh pasukan Ottoman untuk menaklukan Konstantinopel yang memiliki pertahanan sangat kuat dengan pasukan yang terlatih. Konstantinopel akhirnya bisa ditaklukan setelah Al Fatih bersiasat memimndahkan kapal-kapal perang melalui jalur darat baru kemudian dimasukkan lagi ke jalur laut untuk menggempur pertahanan Kekaisaran Romawi.

Kini, sejarah tersebut dapat dinikmati sebagai buah kegemilangan Kaisar Muda di zaman dahulu. Jika kamu berkunjung ke Turki, masih dapat bertemu dan berkunjung ke bangunan-bangunan bersejarah peninggalan Kekaisaran Romawi dan Ottoman. Untuk berwisata ke situs yang eksotis dan penuh sejarah kamu dapat mengunjungi Hagia Sophia, Topkapi Palace, Hippodrome, dan bangunan menarik lainnya.

Cek keseruan lainnya khusus untuk kamu di sini.

Cek Promo Menarik untuk Kamu di Sini!

Leave a comment

Newsletter subscribe