March 18, 2019 2 min to read

5 Manfaat Solo Travelling Sebelum Usia 30 Tahun

Category : Holiday, Travel Tips

Sebenarnya tak ada batasan umur dalam melakukan traveling. Kamu bebas kapan saja untuk melakukan traveling. Namun, tahu kah kamu, kalau traveling sebelum usia 30 tahun banyak terdapat manfaat. Usia 30 tahun bisa dibilang usia paling krusial. Kenapa krusial? Karena pada usia tersebut, mungkin kamu sedang menikmati masa-masa perkembangan karir, jadi agak sulit untuk meluangkan waktu liburan. Atau, kondisi tubuh yang tak sebugar dulu, sehingga mudah lelah untuk melakukan travelling jauh. Nah maka dari itu, berikut kami akan memberikan tips bermanfaat ber-solo traveling sebelum usia 30 tahun.

Keluar Dari Zona Nyaman

Terjebak di zona nyaman memang bukan hal yang baik untuk kamu, biar bagaimanapun, kamu harus tetap keluar dari zona tersebut untuk mencoba hal yang baru. Solo travelling mungkin akan membuat kamu belajar bagaimananya keluar dari zona nyaman. Jika kamu melakukan hal ini, kamu akan banyak merasakan baru. Kamu akan dipaksa untuk menghadapai segala rintangan, dan tentu harus menemukan solusinya. Dengan melakukan solo travelling, kamu akan banyak mendapatkan pengalaman yang baru dan tentunya menyenangkan.

Belajar Untuk Lebih Mandiri

Ber-travelling bersama teman memang cukup menyenangkan. Kamu mungkin akan lebih mudah untuk melakukan sesuatu dan akan merasa lebih tenang, karena jika terjadi sesuatu, kamu tinggal minta pertolongan dengan temanmu. Namun, kebiasaan ini justru akan membuatmu menjadi pribadi yang malas dalam kehidupan sehari-hari. Selain menjadi pemalas, kamu bisa menjadi tak percaya diri dalam menghadapi segala sesuatu. Nah dengan melakukan solo travelling, mungkin akan membuatmu lebih mandiri. Kamu akan dihadapi oleh beberapa hal yang harus kamu hadapi mulai dari mencari makan sendiri, mencari tempat wisata sendiri, memutuskan sesuatu yang kamu mau, dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebutlah yang membentukmu menjadi pribadi yang lebih percaya diri di kehidupan sehari-hari.

Bebas Melakukan Apa Saja

Di usia 30 tahun, biasanya kamu akan disibukan dengan kehidupan keluarga. Sehingga cukup sulit untuk merencanakan pergi berlibur sendiri. Pun jika sudah merencakan liburan, kamu tentu tidak akan berlibur sendirian. Nah bagi kamu yang masih berusia dibawah 30 tahun, segera lakukan rencana untuk solo travelling. Banyak manfaat yang bisa kamu lakukan, salah satunya ialah melakukan apa saja yang kamu mau, kamu bebas untuk berekspresi. Kamu bebas pergi kemana aja dan kapan saja. Semuanya kamu yang memutuskan, jadi segera rencanakan liburanmu sekarang juga.

Memiliki Banyak Kenalan

Jika dibayangkan, solo travelling adalah hal yang akan membuatmu sepi dan membosankan. Kamu salah jika berfikir seperti itu. Justru, jika kamu ber-solo travelling, kamu akan berkenalan dengan banyak orang. Sifat manusia yang pasti akan membutuhkan bantuan seseorang, mewajibkan kamu untuk berinteraksi dengan warga setempat. Banyak manfaat lho mengenal seseorang di luar, apalagi di tempat wisata.

Kamu Akan Menemukan Jati Dirimu

Selama ini, mungkin sebagian kita masih mempertanyankan, “siapa kita”, “tujuan kita hidup untuk apa”. Selain itu, kita juga sering membandingkan diri kita dengan orang lain, seperti “kok gak bisa seperti mereka”, “kurang apa kita”, dan sebagainya. Jika kamu melakukan hal serupa, coba deh segera solo travelling. Dengan melakukan solo travelling, sudah pasti kamu akan keluar dari zona nyamanmu, sehingga akan membuat kamu mengeluarkan seluruh kemampuan yang selama ini terpendam.

Leave a comment

Newsletter subscribe