August 10, 2020 1 min to read

LENGKAPI LIBURAN DI BALI DENGAN 3 KULINER INI

Category : Culinary, Holiday

Pulau Bali menjadi salah satu destinasi paling populer di Indonesia. Pesona keindahan lautnya membuat Bali tak pernah sepi dari pengunjung lokal hingga mancanegara. Tidak hanya terkenal akan wisata nya saja, Pulau Dewata juga menawarkan beragam kuliner yang lezat dan menggugah selera.

Berbagai makanan di Bali umumnya menggunakan bumbu-bumbu khusus yang berbeda dengan bumbu dan rasa lainnya. Jika sedang berkunjung ke Bali, sempatkanlah untuk mencicipi 3 kuliner khas yang pastinya akan makin melengkapi liburan seru kamu, Vrens!
Sate Lilit

Umumnya, sate dibuat menggunakan potongan daging dan ditusuk dengan lidi atau kayu, kemudian dibakar di atas arang dan diberi bumbu kacang. Namun sate lilit memiliki khas nya sendiri. Dibuat dengan cara menghaluskan daging yang kemudian dicampurkan dengan bumbu khas Bali, setelah itu daging dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu. Awalnya daging yang digunakan hanya daging dari ikan tenggiri, seiring berjalannya waktu sate lilit banyak dimodifikasi menggunakan daging ayam atau sapi. Rasanya yang empuk, gurih, dan kaya akan bumbu lezat dijamin membuat kamu ketagihan. Ditambah dengan aroma wangi yang berasal dari batang daun serai saat proses pembakaran, membuat harum yang sangat menggiurkan.

Ayam Betutu

Kalian pasti sudah tidak asing dengan hidangan khas Bali yang satu ini, terutama buat kamu si pecinta kuliner pedas. Potongan ayam kampung yang dibalur dengan berbagai bumbu khas Bali seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, serai hingga kencur. Setelah dibumbui, ayam akan dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dipanggang yang biasanya memakan waktu kurang lebih 24 jam! Tidak heran kalau ayam betutu akan bertekstur lembut dan menghasilkan rasa yang pedas, gurih dan otentik.

Nasi Jinggo

Ingin mencicipi kuliner Bali dengan harga murah meriah? Nasi Jinggo jawabannya. Nasi campur ini sekilas mirip dengan nasi kucing yang biasanya banyak terdapat di Yogyakarta, karena porsi nasi nya yang sedikit dan harga murah. Beda nya, nasi Jinggo dibungkus dengan daun pisang dengan sambal super pedas. Lauk lain yang biasanya akan ditemukan dalam campuran nasi Jinggo adalah daging ayam suwir, mie goreng, urap, tempe goreng, telur, atau kamu bisa juga menambahkan sate lilit jika mau.

Leave a comment

Newsletter subscribe