June 16, 2021 1 min to read

Keramik Khas Turki yang Cantik

Category : Culture

Kecantikan Turki terpancar hampir di semua hal yang dimilikinya. Mulai dari bangunan-bangunan, budaya, hingga produk budayanya berupa kerajinan tangan. Kerajinan tangan Turki juga biasanya diincar oleh wisatawan sebagai cendera mata karena memiliki ciri khas yang sangat menggambarkan negeri itu. Vrens, salah satu benda cantik yang dapat kamu jadikan cendera mata adalah keramik-keramik khas Turki.

Keramik atau tembikar khas Turki memiliki motif yang unik. Bahkan, dengan melihatnya saja kamu dapat melihat dan mengetahui bahwa bahwa keramik itu berasal dari Turki karena motif yang begitu khas. Kerajinan tangan keramik yang benar-benar asli di Turki bernama Keramik Iznik, yang namanya diambil dari nama sebuah daerah.

Keramik Iznik disinyalir mulai menjadi produk budaya Turki sejak akhir abad ke-15. Keramik-keramik yang dibuat kemudian dilukis semuanya diproduksi secara manual, bahkan hingga kini. Kamu dapat melihat kecantikannya di ubin-ubin, dekorasi dinding, piring-piring, dan olahan keramik lainnya yang ada di Hagia Sophia, Masjid RĂ¼stem Pasha, dan bangunan-bangunan bekas Kekaisaran Ottoman lainnya.

Kini, keramik Iznik yang benar-benar diproduksi secara manual memang sulit ditemukan. Namun, kamu masih bisa menemukannya di Iznik Art yang ada di Grand Bazaar sebagai salah satu tempat yang masih menjualnya. Kamu pun bisa mendapatkan karya keramik-keramik lain yang tak kalah cantik dengan motif yang unik dan khas Turki tentunya!

Vrens, tentunya jika kamu ingin menjadikan keramik Turki sebagai cendera mata, kamu perlu berhati-hati saat membawanya. Jangan sampai belum dinikmati dengan baik keindahannya malah sudah pecah. Jika kamu ingin ke Turki, jangan lupa jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan. Perbarui terus informasi terbaru mengenai ketentuan berkunjung ke sana. Siapkan juga e-Visa sebagai salah satu syarat untuk memasuki Turki. Dapatkan informasinya atau pesan langsung e-Visa Turki dengan mengirimkan e-mail ke id.holidays@via.com.

Promo Menarik Ada di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe