June 9, 2021 1 min to read

Jakarta Masih Memberlakukan Karantina bagi Pendatang dari Luar Negeri

Category : Uncategorized

Hingga saat ini, kewajiban melakukan karantina di Indonesia, termasuk Jakarta kepada WNI dan WNA dari luar negeri masih diberlakukan. Hal itu merupakan kebijakan yang tertera dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19.

Surat Edaran tersebut ditujukan kepada pelaku perjalanan Internasional, yaitu seseorang yang melakukan perjalanan dari luar negeri pada 14 hari terakhir. Tentunya, SE tersebut dikeluarkan oleh Satgas Penangan Covid-19 untuk mencegah meningkatnya penularan SARS-CoV-2 dan varian-variannya yang telah bermutasi.

Adapun seseorang yang ingin memasuki Jakarta harus menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari negara asal yang maksimal telah diambil 3×24 jam dan mengisi e-HAC Internasional Indonesia sebelum keberangkatan. Setibanya di Indonesia dilakukan pengecekan Surat Keterangan hasil negatif Covid-19 dan pemeriksaan suhu tubuh.

Kemudian, pendatang diwajibkan melakukan tes ulang RT-PCR. Jika hasil tes menunjukkan positif, pendatang akan dibawa ke Rumah Sakit yang telah ditentukan untuk menjalani perawatan. Bagi pendatang yang menunjukan hasil negatif diharuskan menjalani karantina mandiri selama lima hari pada lokasi yang telah ditentukan.

Pemerintah menyediakan lokasi karantina khusus bagi WNI berstatus pekerja migran Indonesia (PMI), pelajar, dan pegawai pemerintah di Wisma Pademangan. WNA yang berstatus kepala perwakilan asing dan keluarga yang bertugas di Indonesia dapat menjalani karantina mandiri di kediaman masing-masing. Selain daripada itu, baik WNA ataupun WNI wajib melakukan karantina mandiri selama 5 hari di tempat akomodasi yang ditetapkan pemerintah dengan biaya mandiri. Khusus bagi seseorang yang datang dari India, masa karantina mandirinya adalah 14 hari.

Via.com Indonesia pun turut menyediakan Quarantine Package Jakarta untuk beberapa hotel bintang 3 hingga 5 di Jakarta. Quarantine Package ini sudah termasuk akomodasi makan, laundry, dan PCR Test. Anda dapat memesannya melalui e-mail ke id.hotels@via.com.

Paket Liburan Menarik untuk Kamu

Leave a comment

Newsletter subscribe