January 7, 2021 2 min to read

INI DIA PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS VISA YANG PERLU KAMU TAHU

Category : Holiday

Kamu yang sering melakukan traveling ke luar negeri pasti sudah tahu kalau terdapat beberapa negara mewajibkan visa sebagai dokumen lain yang harus dibawa selain paspor. Visa merupakan dokumen yang sangat penting, karena jika tidak memiliki nya, kamu bisa saja ditolak datang ke negara tujuan yang mewajibkan.

Namun, apa sebenarnya pengertian dari visa? Apa saja jenis dan bentuknya? Berikut ini Via.com jelaskan beberapa info yang dapat berguna bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh mengenai visa.

PENGERTIAN VISA YANG PERLU KAMU TAHU

Visa merupakan dokumen atau izin resmi yang diberikan oleh petugas perwakilan dari negara yang akan kamu kunjungi sebagai syarat memasuki wilayah negara tersebut. Kamu dapat mengajukan pembuatan visa dengan mendatangi langsung Kedutaan Negara yang dimaksud. Dengan kata lain, Visa merupakan ‘tiket’ masuk negara yang akan dikunjungi. Visa juga memiliki masa aktif dan dapat kedaluwarsa atau expired.

JENIS-JENIS VISA

Berbeda tujuan kunjungan, berbeda pula jenis visa yang dibutuhkan. Berikut ini adalah jenis-jenis Visa yang perlu diketahui:

  • Visa Turis
    Jenis visa ini diperlukan untuk kamu yang ingin melakukan kunjungan wisata atau traveling ke negara tujuan. Masa berlaku serta syarat pengajuan visa jenis ini berbeda-beda di tiap negara. Visa turis merupakan jenis visa yang paling banyak diajukan oleh warga negara Indonesia.
  • Visa On Arrival
    Jika visa biasa diajukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, visa on arrival justru baru dibuat saat tiba di negara tujuan. Visa dapat dibuat di bandara atau pelabuhan, tergantung tempat kedatanganmu. Visa on arrival hanya berlaku di beberapa negara saja.
  • Visa Kunjungan Bisnis
    Jika kamu mengunjungi negara lain untuk keperluan bisnis seperti mengunjungi pameran, meeting dengan client, menghadiri seminar atau workshop, maka diperlukan visa jenis ini.
  • Visa Pekerja
    Berbeda dari visa kunjungan bisnis yang hanya berlaku selama periode kunjungan, visa pekerja digunakan untuk kamu yang bekerja atau menjadi karyawan di negara lain. Visa jenis ini juga dibagi menjadi 3 kategori yaitu sementara, semi-permanen dan permanen, sesuai dengan masa kontrak kerja yang diambil.
  • Visa Kunjungan Keluarga
    Visa jenis ini biasanya berlaku hingga 90 hari atau 3 bulan. Visa ini dikeluarkan untuk kamu yang ingin mengunjungi keluarga atau kerabat di negara lain, namun dengan syarat harus menyertakan surat undangan dari keluarga yang tinggal di negara tujuan sebagai penjamin kamu selama disana.
  • Visa Pelajar
    Digunakan khusus bagi pelajar atau mahasiswa yang menempuh pendidikan di negara lain
  • Visa Transit
    Transit di negara lain sebelum sampai di negara tujuan? Kamu membutuhkan visa ini sebagai dokumen persyaratan. Berlaku dalam waktu singkat yaitu kurang lebih selama 5 hari. Tak perlu khawatir, visa jenis ini hanya berlaku di negara tertentu saja.
  • Visa Diplomatik
    Visa diplomatik diperlukan bagi yang akan berkunjung ke suatu negara sebagai diplomat atau perwakilan negara untuk tujuan diplomatik. Jenis visa ini lebih banyak dikeluarkan untuk instansi kenegaraan.

Selain jenis sesuai kebutuhan kamu, bentuk visa juga dibedakan dalam 2 kategori, yaitu visa stempel/stiker pada paspor dan visa elektronik (E-Visa). Visa stempel/stiker adalah jenis visa tradisional berbentuk stempel atau stiker yang akan dicap di lembaran paspor asli. Stiker yang digunakan pun berteknologi canggih berupa tinta cetak khusus dan dilengkapi dengan hologram.

Selanjutnya ada visa elektronik (E-Visa) yang merupakan visa digital berbentuk soft file yang disimpan dalam database dan ditautkan ke nomor paspor individu. Pengajuan serta pengaplikasian E-Visa terbilang sangat praktis, karena dapat dilakukan secara online sehingga lebih efisien.

Vrens, itu dia sedikit penjelasan serta jenis-jenis dari visa yang telah Via.com rangkum untuk kamu. Jangan lupa ya untuk memperpanjang masa aktif visa jika telah expired, sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Hal tersebut perlu dilakukan tentu saja agar kamu terhindar dari masalah dengan pihak imigrasi di negara destinasi. Tetap patuhi protokol kesehatan dan mari traveling aman bersama Via.com!

Liburan Sekarang

 

Leave a comment

Newsletter subscribe