March 12, 2019 2 min to read

Ini Dia 5 Oleh-Oleh Khas Lampung yang Wajib Dibawa Pulang

Category : Culinary, Holiday

Lampung merupakan wilayah yang boleh dikatakan penghubung Pulau Jawa dan Sumatera. Maka tak heran, kalau Lampung sering dikunjungi oleh banyak orang yang sengaja datang untuk berwisata maupun yang tidak sengaja. Menginjak Lampung rasanya tak lengkap kalau tidak membawa makanan khasnya. Selain dikenal dengan kotanya para gajah, Lampung juga dikenal dengan oleh-olehnya yang nikmat. Oleh karena itu berikut kami akan sajikan apa saja oleh-oleh khas Lampung yang patut dibawa pulang.

foto: Wikipedia

Kemplang

Tak lengkap rasanya kalau pergi ke Lampung tidak membawa pulang makanan ini. Kemplang, merupakan oleh-oleh khas Lampung yang paling diburu oleh para wisatawan. Kemplang dibuat dengan cara dipanggang. Hal ini membuat kemplang khas Lampung sangat gurih walaup teksturnya sedikit agak keras. Biasanya, kemplang disantap dengan sambal manis untuk menambah citra rasanya. Jika kamu ingin membeli oleh-oleh ini, silakan datang ke toko oleh-oleh khas Lampung. Tidak susah mendapatkan kemplang, karena hampir semua toko oleh-oleh di Lampung menjual makanan ini.

Kripik Pisang

Lampung dikenal dengan perkebunan pisangnya yang melimpah. Maka jangan heran kalau kamu menemukan banyak makanan olahan pisang di toko oleh-oleh. Salah satu olahan pisang yang terkenal ialah kripik pisang. Kripik pisang merupakan oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang saat meninggalkan Lampung. Seperti kripik pisang pada umumnya, rasa kripik pisang Lampung ini gurih, yang membedakan ialah rasa manis yang berasal dari berbagai pilihan topping yang ditambahkan. Kamu bisa membeli kripik pisang ini di toko oleh-oleh khas Lampung. Di sana, terdapat varian rasa kripik mulai dari kopi, keju, dan cokelat.

foto: Shoback

Kopi Lampung

Selain olahan pisangnya, Lampung juga dikenal dengan penghasil kopi terbaik di Indonesia. Banyak yang bilang belum ke Lampung kalau tidak membeli kopi khasnya. Di Lampung, kopi yang terkenal ialah kopi robusta. Kopi ini memiliki citra rasa yang tajam dan kuat, selain itu kopi robusta terdapat sedikit rasa gurih. Tidak heran kalau kopi robusta menjadi salah satu oleh-oleh favorit yang diincar banyak orang

foto: Tribun Lampung

Manisan Yen-Yen

Manisan Yen-Yen merupakan sebuah toko oleh-oleh khas Lampung. Seperti namanya, toko ini menyajikan manisan sebagai menu andalannya. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu dapat memilih berbagai varian manisan buah mulai dari mangga, salak, hingga pepaya. Selain manisan, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Lampung lainnya di sini. Oleh karena itu, jangan sampai mampir ke toko ini jika kamu berkunjung ke Lampung.

foto: Tribun Lampung

Pempek Lampung

Sepintas, saat mendengar kata pempek pikiran kamu pasti langsung tertuju pada Palembang. Namun, selain Palembang ternyata kamu juga mendapatkan makanan ini lho di Lampung. Dari bentuk, tidak ada perbedaan memang dari pempek khas Lampung maupun Palembang. Bahan pembuatannya sama-sama dari ikan segar. Yang membedakan pempek kedua kota tersebut ialah rasa dari kuahnya. Kuah pempek khas Lampung menggunakan biang cuka, sehingga rasanya lebih pekat. Maka tak heran kalau pempek Lampung menjadi oleh-oleh favorit untuk dibawa pulang.

Leave a comment

Newsletter subscribe