February 20, 2019 3 min to read

9 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Traveling ke China

Category : Holiday, Travel Tips

China merupakan salah satu negara di Asia yang sering didatangi oleh wisatawan. Keindahan kota, mengenal budaya lokal, hingga kecanggihan teknologi, membuat negara Tirai Bambu itu selalu ramai dikunjungi wisatawan asing, termasuk wisatawan asal Indonesia. China menjadi salah satu negara tujuan wisatawan Indonesia karena memiliki beberapa destinasi yang patut dikunjungi. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum berangkat ke China. Berikut Ulasannya.

Perhatikan Pemakaian Bahasa

Sebelum melakukan perjalanan ke China, ada baiknya kamu memperhatikan bahasa yang akan digunakan di sana. Masyarakat China tak terlalu faseh berbahasa Inggris. Biasanya, bahasa yang mereka gunakan adalah Mandarin. Untuk itu, coba pelajari dahulu bahasa Mandarin, tidak usah terlalu faseh, kamu bisa mempelajari dasar-dasarnya saja. Jangan lupa untuk membawa buku panduan seperti buku berbahasa Mandarin, percakapan Mandarin untuk turis, atau kamus Mandarin agar memudahkan kamu saat berada di sana.

Perhatikan Cuaca

China memiliki wilayah yang luas, sehingga tak semua cuaca di sana merata. Bisa jadi, setiap wilayah di China memiliki cuaca yang berbeda-beda, ini dikarenakan China memiliki iklim tropis. . Kamu tentu tidak mau liburanmu terganggu dengan kondisi cuaca yang buruk. Untuk itu, perhatikanlah kondisi di sana sebelum berangkat. Anda disarankan menuju ke sana pada musim semi atau musim gugur, karena pada musim tersebut kondisi cuaca begitu cerah.

Rencanakan Jadwal

Selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan adalah mengenai jadwal. Rencanakanlah jadwal keberangkatanmu menuju China. Rundingkan keberangkatan bersama rekan atau keluarga yang akan berangkat ke sana. Hari yang tepat untuk pergi ke Negeri Tiongkok yaitu saat hari raya Imlek, karena terdapat festival-festival menarik saat hari tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi China di pertengahan bulan. Karena pada bulan tersebut bersamaan dengan hari nasional China, sehingga kamu bisa menyaksikan berbagai macam festival budaya di sana.  Tapi jika kamu berkunjung di hari biasa, jangan lupa untuk membuat list destinasi yang ingin kamu kunjungi.

Booking Penginapan

Disarankan untuk membooking penginapan sebelum berangkat ke China. Jika kamu mencari penginapan saat sudah sampai, biasanya kamu akan mendapatakan penginapan yang tidak sesuai dengan espetasi. Nah lain halnya jika kamu booking sebelum berangkat, kamu bisa memilih jenis penginapan yang kamu inginkan. Belum lagi, kamu juga bisa mencari info promo mengenai penginapan di China.

Uang Yuan

Sebelum kamu meninggalkan tanah air, jangan lupa untuk menukarkan uang rupiah ke pecahan uang yuan, ini dikarenakan masyarakat China memakai mata uang berjenis yuan dalam melakukan transaksi. Oh iya hal ini wajib kamu lakukan ya, karena jangan sampai kamu menukar uang saat sampai di sana untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

Visa dan Tiket Pesawat

Jika hal di atas sudah kamu lakukan semua, kamu bisa langsung mengurus visa. Biasanya, mengurus visa China cukup mudah dan cepat. Persiapkanlah dokumen-dokumen seperti paspor, folmulir permohonan visa, pas foto, dan KTP. Dokumen pendukung lainnya yang perlu disiapkan adalah  itinerary perjalanan, tiket pemesanan hotel, surat undangan dari china, dan bukti pemesanan tiket pulang pergi. Kamu juga bisa mengakses folmulir secara online dengan mengunjungi situs resmi. Jika keperluan visa sudah rampung, segeralah untuk memesan tiket pesawat. Pesanlah tiket pesawat sesuai dengan rencana yang sudah kamu rundingkan.

Transportasi Umum

Nah akhirnya sampai juga di China. Eitss.. tapi masih ada yang perlu kamu perhatikan lho, salah satunya tentang transportasi umum. Di China, terdapat banyak transportasi umum seperti bis, angkutan umun, sepeda, hingga kereta. Pilihlah transportasi yang menurutmu bisa menikmati dan dekat dengan warga sekitar. Biasanya, wisatawan menyewa sepeda untuk sekedar berkeliling kota yang ada di China. Jangan takut tersesat, karena penduduk China cukup ramah dan tentunya akan menolongmu jika kamu tersesat.

Kulineran

Belum lengkap ke China jika tidak mencoba kulineran khas Negeri Tirai Bambu itu. Terdapat banyak pilihan makanan khas China yang bisa kamu beli. Tapi, jika kamu seorang muslim, harus berhati-hati untuk memilih makanan. Di China tergolong minim makanan halal, cukup sulit untuk menemukan kedai yang menyajikan makanan halal. Tapi tak usah khawatir, coba untuk datang ke Kota Xi’an , karena di sana teradapat tempat bernama Muslim Street yang banyak menjual kuliner halal. Penjual di Muslim Street ini mayoritas muslim, jadi kamu tak perlu risau terhadap jenis makanannya.

Toilet

Vrens, mayoritas masyarakat China menggunakan toilet kering, tak kecuali di tempat-tempat umum. Untuk itu, selalu persiapkan tisu basah jika kamu ingin buang air sewaktu-waktu. Oh iya Vrens, sebelum ke toilet, tolong dicek lagi ya kondisi toilet tersebut, karena kondisi toilet umum di China banyak yang kurang terjaga. Untuk itu kamu disarankan menggunakan toilet di tempat-tempat seperti hotel ataupun restoran.

Demikian tips perjalanan ke China bagi kamu yang ingin ke China. Jalankan panduan tersebut agar liburanmu di China menyenangkan. Jangan lupa beli tiket perjalananmu di via.com, terdapat promo menarik menuju China. Tersedia Valentine Promo dari Thai Airways. Keberangkatan tersedia dari Jakarta, rute mulai dari Hong Kong, Jepang, China, hingga Taiwan. Harga All In, terendah mulai dari Rp 8,3 Juta. Promo berlaku hingga 31 Maret 2019. Yuk pesan sekarang sebelum promo berakhir

Klik Disini Untuk Pesan Tiket

 

Leave a comment

Newsletter subscribe