February 8, 2019 2 min to read

Selain Pempek, Ini Dia 6 Makanan Khas Palembang yang Menggugah Selera!

Category : Culinary, Holiday

Sudah pernah mencicipi makanan pempek? Jika sudah tentu kamu tahu dong asal pempek dari mana, ya benar sekali, Palembang. Palembang dikenal dengan kota pempek, di sana, banyak sekali berbagai macam pempek. Namun, bukan berarti hanya pempek saja makanan khas dari Palembang. Selain pempek, masih ada lagi makanan khas Palembang yang patut kamu coba. Ini dia 6 makanan khas Palembang selain pempek yang wajib kamu coba .

 Tekwan

Kamu tentu sudah tak asing dengan bakso? Di Palembang, ada hidangan bakso, namun lain dengan bakso pada umumnya, namanya adalah tekwan. Tekwan adalah makanan khas dari Palembang. Bahan pembuatan makanan ini tidak jauh berbeda dengan pempek. Yang membedakan dengan pempek adalah, bentuk tekwan lebih kecil seperti bakso, maka dari itu, tekwan sering disebut dengan baksonya Palembang.  Biasanya,  tekwan dihidangkan dengan kuah kaldu dengan rasa yang khas dan dicampur dengan bihun, bawang goreng, seledri , hingga potongan bengkoang.

Pindang Patin

Pindang patin, adalah makanan khas Palembang selanjutnya yang wajib kamu coba. Seperti namanya, bahan utama makanan ini adalah ikan patin yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, nanas dan bumbu lainnya yang membuat pindang patin dikenal dengan kepedasannya. Biasanya, pindang patin dimakan untuk lauk, bersama nasi ditambah dengan sambal.

fototravelingyuk.com

Martabak Har 

Jika biasanya martabak telur selalu diberi bumbu-bumbu dalam penyajianya, di Palembang, terdapat martabak yang bahan utamanya hanya telur yang dibalut dengan kulit lumpia, Martabak har namanya. Martabak har, adalah makanan khas Palembang yang selalu diburu oleh wisatawan saat sedang di Palembang. Tidak heran jika makanan ini menjadi incaran banyak orang, karena martabak har mempunyai rasa yang nikmat. Biasanya, martabak har dihidangkan dengan kuah kari yang dicampur dengan kentang dan daging.

Mie Celor

Mie celor adalah makanan khas Palembang yang memiliki rasa yang nikmat.  Perbedaan mie celor dan mie pada umumnya, adalah kalau mie celor memiliki kuah yang kental. Mie celor disajikan dengan santan kental, dibayuri dengan kuah kaldu udang dan dicampur dengan sayur-sayuran.  Makanan ini cukup recommended saat kamu berkunjung ke Palembang.

Lenggang

Lenggang, adalah makanan yang terbuat dari ikan yang dicampur dengan telor yang diadon. Setelah itu, adonan dari ikan dan telur tadi dimasukan ke dalam daun pisang yang nantinya akan dimasak dengan cara dipanggang. Kelezatan lenggang sudah tak diragukan lagi, banyak para wisatawan yang selalu mencoba kenikmatan lenggang saat berkunjung ke Palembang.

foto: kmstour.com

Burgo

Burgo menjadi salah satu incaran para wisatawan yang singgah di Palembang. Terbuat dari adonan tepung beras dan tepung sagu, membuat bentuk makanan ini mirip dengan kwetiaw. Sesudah selesai adonan tadi, lalu adonan tersebut dimasak seperti dadar dan setelah itu digulung lalu diiris dengan kasar. Biasanya, burgo disajikan dengan kuah gurih yang dicampur dengan bumbu-bumbu penyedap seperti kunyit, kencur, lengkuas, kemiri, dan bawang putih.

Nah gimana, banyak bukan makanan khas Palembang selain pempek? Tunggu apalagi, yuk pergi ke Palembang untuk menyantap makanan-makanan khas Palembang di atas. Jangan lupa, pesan tiket di via.com, terdapat promo menarik Garuda Business Class Domestic Promo dari Garuda Indonesia. Klik link di bawah ini untuk memesan tiket. Pesan sekarang sebelum kehabisan!

 

Klik Di sini Untuk Pesan Tiket

 

Leave a comment

Newsletter subscribe