June 18, 2021 1 min to read

Destinasi Wisata di Pangkalan Bun Selain Tanjung Puting

Category : Destination, Travel Tips

Kepopuleran Taman Nasional Tanjung Puting yang berdekatan dengan Pangkalan Bun membuat kota itu ramai disinggahi. Nyatanya, ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat itu juga menyimpan pesona, Vrens! Mulai dari kecantikan alam hingga budaya dapat kamu nikmati di Pangkalan Bun. Berikut 5 destinasi yang dapat kamu kunjungi kala singgah di Pangkalan Bun.

 

  1. Tanjung Keluang

Kecantikan alam di Kalimantan nyatanya bukan hanya tersaji di Taman Nasional Tanjung Puting. Di dekat Pangkalan Bun, kamu dapat menemui kecantikan alam lainnya yang tersaji di Tanjung Keluang. Hamparan pantai yang masih bersih dan asri cocok sebagai spot untuk kamu bersantai. Kawasan itu juga merupakan kawasan penangkaran penyu, lho! Kecantikannya pun dapat kamu lihat lebih dekat.

 

  1. Pantai Teluk Bogam

Destinasi satu ini merupakan spot yang menawarkan keindahan alam laut. Keindahan pantai apalagi kala senja saat matahari terbenam rasanya menjadi momen yang layak untuk dinanti dan dinikmati di Teluk Bogam. Di sana terdapat jembatan panjang yang estetis yang cocok dijadikan spot untuk berfoto ria!

 

  1. Lamandau – Desa Dayak

Di dekat Pangkalan Bun terdapat sebuah desa bernama Lamandau yang merupakan desa wisata. Kamu dapat melihat kecantikan budaya Dayak dari dekat di desa itu. Budaya Dayak di Lamandau masih sangat kental. Kamu dapat melihat rumah adat khas Dayak dan kekayaan budaya lainnya.

 

  1. Istana Kuning

Istana Kuning terletak di pusat kota Pangkalan Bun. Destinasi ini merupakan bekas istana Kerajaan Kutaringin. Bangunannya sendiri sudah terlihat sangat megah dan unik dari luar. Di dalamnya pun kamu dapat menikmati sejarah Kerajaan Kutaringin dan Pangkalan Bun tempo dulu melalui ruangan-ruangan yang dahulu digunakan untuk kepentingan kerajaan dan benda-benda klasik lainnya.

 

  1. Istana Mangkubumi

Yang satu ini juga merupakan destinasi bersejarah di Pangkalan Bun. Istana Mangkubumi yang sekarang dijadikan tempat berwisata dahulu merupakan kediaman Pangeran Adipati Mangkubumi dari Kerajaan Kutaringin. Bangunannya yang masih orisinil dengan berbahan dasar kayu dan arsitekturnya yang unik membuat kecantikan istana ini terpancar sangat megah. Benda-benda bersejarah bernilai tinggi, seperti keris, perhiasan, dan lukisan dapat kamu lihat di sana.

 

Vrens, Pangkalan Bun sepertinya seru juga untuk dikunjungi, ya? Untuk itu, jika singgah di sana—apalagi kala berwisata ke Tanjung Puting—kamu wajib mengunjungi destinasi-destinasi andalan di Pangkalan Bun!

Kamu tertarik ke Tanjung Puting? Pesan paket tour-nya di sini.

Itinerary Tour Tanjung Puting

Leave a comment

Newsletter subscribe