March 8, 2019 2 min to read

Berlibur ke Bali Saat Nyepi? Lakukan Tips Berikut Ini

Category : Holiday, Travel Tips

Bali merupakan tempat yang indah dan tidak perlu diragukan lagi. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang berbondong-bondong datang untuk merasakan kenikmatan liburan di Pulau Dewata tersebut. Namun, keramaian di Bali akan terhenti ketika Hari raya Nyepi tiba. Nyepi merupakan salah satu hari raya yang sakral di Bali. Hampir semua aktivitas di Bali dihentikan sementara, termasuk tempat wisata. Lalu, apakah liburan ke Bali saat Nyepi adalah waktu yang salah? Daripada penasaran, kami memiliki ulasan tentang liburan di Bali saat Nyepi.

Merencanakan Keberangkatan

Saat Nyepi tiba, aktivitas di Bali akan dihentikan sementara tak terkecuali Bandara, Pelabuhan, Stasiun, dan Terminal. Nah bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bali di saat suasana Nyepi, rencanakan keberangkatanmu sebelum atau sesudah hari raya Nyepi. Jika kamu berangkat ke Bali saat hari raya Nyepi, biasanya akan ditahan dan harus menunggu di Bandara atau tempat lainnya sampai Nyepi berakhir.

Jangan Keluar Hotel/Tempat Penginapan

Bagi kamu yang tidak merayakan Nyepi, sebaiknya agar tidak keluar hotel maupun tempat penginapan untuk menghargai orang yang sedang beribadah. Namun bukan berarti kamu harus berdiam diri di kamar, kamu diperkenankan berjalan-jalan di sekitar lokasi hotel atau tempat penginapan. Tapi, jangan nekat ya untuk keluar hotel, karena sudah ada petugas di luar hotel yang berjaga.

Dilarang Membuat Keributan

Kamu dihimbau untuk tenang ketika perayaan Nyepi tiba. Jangan membuat keributan, hal itu tentu akan mengganggu orang yang sedang fokus beribadah. Pada malam hari, kamu diperbolehkan menyalakan lampu di kamar, tapi cukup 2 atau 3 lampu saja agar kondisi kamar tetap  dengan penerangan temaram.  Selain itu, kamu juga harus menutu tirai jendela agar penerangan lampu di kamar tidak tampak dari luar.

Pastikan Persediaan Makanan Cukup

Ketika Nyepi tiba kamu dilarang beraktivitas di luar penginapan lainnya. Itu kenapa kamu disarankan untuk menyiapkan persediaan makanan yang cukup selama perayaan Nyepi tiba. Tapi jika kamu di menginap di hotel, persediaan makan tetap ada, jadi kamu tidak perlu menyiapkan persediaan.

Sopan Saat Sedang Upacara

Saat sedang berlangsungnya upacara keagaamaan, kamu dihimbau agar tetap tertib mengikutinya. Kamu dilarang membuat kegaduhan seperti berjalan di depan rombongan umat, dan sebagainya. Selain itu, ingat, jangan melangkahi sesajen yang ada di sekitar kamu. Ada baiknya saat menghadiri upcara keagamaan, kamu berpakaian sopan untuk menghargai para umat yang lain.

Sesuaikan Jadwal Sholat Dengan Jam Masjid Sekitar

Mengingat adzan tidak menggunakan pengeras suara saat Nyepi, bagi kamu penganut agama Islam disarankan untuk menyesuaikan jadwal sholat dengan jam di masjid sekitar agar bisa mengikuti sholat berjamaah. Apalagi kalau penginapanmu jauh dari masjid, karena hanya boleh jalan kaki jika ingin menuju masjid.

Melihat Bintang

Saat hari raya Nyepi, hampir seluruh warga Bali menghentikan rutinitasnya. Mereka juga akan mematikan lampu rumahnya agar lebih khusuk dalam beribadah. Hal ini membuat hampir seluruh kawasan di Bali terlihat gelap gulita. Nah ini merupakan waktu yang tepat bagi kamu untuk melihat indahnya langit saat hari raya Nyepi. Jika hari cerah, kamu akan melihat banyaknya bintang-bintang yang indah di langit yang sebelumnya sulit terlihat karena banyaknya cahaya lampu di Pulau Dewata.

Leave a comment

Newsletter subscribe