September 18, 2019 2 min to read

7 Makanan Khas Lombok Yang Wajib Kamu Coba

Category : Culinary

Berbicara tentang Lombok, pasti kebanyakan orang  akan langsung membayangkan keindahan pulau dan panorama  alam lainnya yang membuai wisatawan. Tak heran pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini menjadi tempat yang ramai dan menjadi incaran wisatawan lokal maupun mancanegara.  Tak hanya pemandangan pantainya saja yang menakjubkan,  kalau kamu sedang liburan ke Lombok, jangan lewatkan kelezatan khas kuliner di sana. Berikut 7 rekomendasi makanan khas Lombok yang tidak boleh dilewatkan.

  1. Nasi Balap Puyung

Namanya yang unik, Nasi Balap Puyung menjadi daya tarik sendiri untuk makanan khas yang satu ini. Untuk kamu pemburu makanan pedas dan ingin mencoba keunikan bumbu khas suku sasak, tak ada salahnya mencoba nasi balap ini. Satu prosinya terdiri dari nasi putih, campuram sambal daging, biji kedelai goreng dan kentang goreng kremes.

  1. Plecing Kangkung

Makanan ini memang tidak asing lagi didengar, namun ternyata plecing kangkung merupakan makanan khas  dari Lombok loh. Dengan bahan dasar sayur kangkung  dan dimasak dengan bumbu khas Lombok yang pastinya tidak boleh dilewatkan Vrens.

  1. Ayam Taliwang

Sama dengan plecing kangkung, ayam taliwang mungkin sudah banyak kita temui dan ternyata menjadi makanan populer di pulau ini. Banyak tempat makanan di sana menyediakan ayam taliwang ini. Cocok untuk dimakan dengan nasi hangat dan sambal, dijamin bisa bikin kamu ngiler.

Baca Juga Artikel Kuliner Lainnya

 

  1. Sate Bulayak

Makanan khas Lombok selanjutnya yaitu Sate Bulayak. Disebut bulayak karena sate ini dimakan bersamaan dengan bulayak. Bulayak adalah sejenis ketupat yang bentuknya panjang yang dibungkus dengan daun aren.  Sate ini disajikan dengan bumbu khas campuran kemiri dan santan yang kental loh. Siap menggoyangkan lidah kamu ya.

  1. Sate Pusut

Sate khas Lombok selanjutnya adalah sate pusut. Bentuknya  yang mirip dengan sate lilit Bali, juga harus ada di list makanan yang harus kamu cicipi saat liburan ke sini ya Vrens. Kalau sate lilit Bali terbuat dari olahan daging, sate pusut ini dibuat dari olahan daging sapi yang dicampur dengan serpihan kelapa yang membuat rasa gurihnya berasa.

  1. Beberuk Terong

Untuk kamu pecinta terong, jangan lewatkan makan beberuk terong saat berkunjung ke Lombok. Pilihan terong bulat  segar atau pun bakar dengan dicampur  bumbu pedas akan memanjakan lidah kamu Vrens. Beberuk terong ini, akan kamu temukan di sejumlah restoran atau tempat makan di sana.

  1. Cerorot

Untuk kamu yang suka camilan manis, salah satu jajanan khas yang populer adalah Kue Cerorot. Kue ini biasanya disajikan pada acara begawe (selametan) dan hari-hari besar.  Kue khas adat sasak ini terbuat dari tepung beras, santan kelapa, dan gula merah. Uniknya, cerorot ini ibalut dengan janur atau kelapa muda yang membentuk seperti terompet.

Ini dia tujuh rekomendasi makanan khas Lombok yang harus kamu cicipi Vrens. Selamat menikmati liburan dan selalu cek promo menarik di sini

Cek Di Sini untuk Penawaran Lainnya

 

Leave a comment

Newsletter subscribe