March 28, 2024 2 min to read

5 Takjil Khas Indonesia yang Unik: Jelajah Kelezatan Khas Indonesia Selama Ramadan

Category : Culinary, Culture, Holiday, Travel Tips

Di Indonesia, bulan Ramadan tak hanya identik dengan ibadah puasa saja. Ramadan juga identik dengan takjil-takjil lezat yang menggugah selera. Di berbagai daerah di Indonesia pun ada kudapan-kudapan berbeda yang khas dengan berbagai bahan dasar yang dijadikan takjil khas. Keberagaman yang ada pun bisa jadi inspirasi liburan seru Via Vrens untuk keliling Indonesia selama puasa!

Cek dan Pesan Penerbangan ke Berbagai Destinasi Sekarang Juga di Sini!

Berikut lima takjil khas Indonesia yang wajib dicicipi selama bulan Ramadan!

  1. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo adalah takjil khas Makassar yang terbuat dari potongan pisang yang dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau dari daun suji. Adonan pisang itu kemudian direbus hingga matang dan siap disantap.Tapi, kamu masih harus menunggu karena es pisang ijo disajikan dengan sirup gula merah, santan, dan tentunya e s batu yang akan hadirkan sensasi menyegarkan. Es ini memiliki cita rasa manis segar yang menggoda dan pas untuk berbuka.

  1. Kolak

Kolak adalah takjil yang populer di seluruh Indonesia. Terbuat dari campuran ubi, pisang, kolang-kaling, dan biji salak yang dimasak dengan santan dan gula merah, kolak memiliki cita rasa manis legit yang selalu menghangatkan hati. Perpaduan rasa manis dan sedikit gurih yang ada membuatnya jadi takjil wajib.

  1. Putu Mangkok

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini (Akses lewat PC/Laptop)

Putu Mangkok berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah yang dibentuk bulat lalu dikukus. Keunikan dari takjil ini adalah isian gula merah yang meleleh di dalamnya saat dimakan. Cita rasa manisnya dinilai pas dijadikan takjil selama ramadan di nusantara.

  1. Biji Salak

Biji Salak adalah takjil yang terbuat dari ubi jalar yang dipotong kotak-kotak kecil dan direbus dengan gula merah hingga matang. Ya, bukan berarti biji salak atau kolak biji salak adalah biji dari buah salak! Rasanya manis, legit, dan sedikit lengket. Takjil ini juga banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia.

  1. Mi Glosor

Mi Glosor adalah takjil khas Bogor yang terbuat dari mi kuning dari tepung singkong atau aci dan kunyit yang dimasak dengan berbagai rempah. Mi ini disajikan dengan tambahan sayuran, gorengan, sambal kacang. Cita rasanya yang unik antara gurih dan manis membuatnya sangat disukai dan wajib Via Vrens coba!

Selama bulan Ramadan, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kelezatan takjil khas Indonesia. Selain memanjakan lidah, mencicipi takjil juga bisa menjadi inspirasi untuk menjelajahi kekayaan kuliner dan budaya Indonesia selama Ramadan. Ayo, jalan-jalan lagi dan nikmati berbagai paket liburan serta produk perjalanan unggulan di Portal Via.id!

Jangan sampai ketinggalan update info dan promo menarik dengan mengunjungi tautan di sini.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe