March 26, 2019 2 min to read

5 Oleh-Oleh Khas Aceh yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Category : Culinary, Holiday

Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia jika pergi ke suatu wilayah wajib membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Salah satu daerah yang memiliki oleh-oleh khasnya yang terkenal  ialah Banda Aceh. Kota dengan julukan serambi mekkah itu,  memiliki makanan khas yang wajib kamu bawa pulang saat berkunjung ke sini. Terdapat banyak oleh-oleh khas Aceh mulai dari minuman hingga makanan. Agar tidak bingung saat membeli oleh-oleh, berikut kami rekomendasikan oleh-oleh khas Aceh yang terkenal.

Kopi Khas Aceh

Rasanya, belum lengkap kalau ke Aceh tidak mencicipi kopi Aceh. Sudah tidak diragukan lagi, kopi Aceh merupakan minuman favorit di Indonesia. Tentu salah satu dari kamu sudah pernah mencobanya, bukan? Terdapat banyak jenis olahan kopi Aceh, salah satunya kopi Sanger. Kopi jenis ini merupakan kopi yang dicampur susu, atau lebih dikenal dengan kopi tarik. Walau tampilannya tidak mewah, namun rasanya bikin nagih lho. Selanjutnya, ada kopi gayo, kopi ini merupakan minuman favorit wisatawan yang berkunjung ke Aceh. Kopi gayo cukup terkenal di Aceh, sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan kopi. Jadi, kamu sangat disarankan untuk membeli kopi khas Aceh saat berkunjung ke sini.

Bakpia Aceh

Bakpia, memang terkenal oleh-oleh khas Jogja. Namun ternyata, Aceh juga memiliki oleh-oleh berupa bakpia lho, tentunya dengan rasa yang berbeda, ya. Bentuk bakpia Aceh ini tak berbeda jauh dengan bakpia Jogja. Biasanya, bakpia Aceh bisa dibeli langsung di pabriknya. Selain membeli, kamu juga bisa melihat proses pembuatan dari bakpia khas Aceh ini. Terdapat varian rasa bakpia khas Aceh mulai dari kacang hijau hingga rasa pandan. Bakpia Aceh dibandrol dengan harga Rp 13.000 saja.

Foto: id.wikipedia.org

Kue Bhoi

Kue bhoi merupakan kue bolu yang dicetak mirip menyerupai ikan, sehingga masyarakat Aceh menyebutnya dengan kue ikan. Biasanya kue ini dijadikan seserahan oleh pihak calon pengantin pria ke pihak perempuan. Tertarik membelinya? Biasanya satu kemasan kue bhoi berisi empat kue bhoi dan dijual dengan kisaran harga Rp 8000.

Dendeng Aceh

Siapa yang tak tahu dendeng? Kamu tentu sudah pernah mencoba makanan ini. Di Aceh, terdapat dendeng yang cocok kamu jadikan oleh-oleh. Biasanya, dendeng terbuat dari daging sapi, namun kamu akan menemukan berbagai macam olahan dendeng. Ada beberapa varian rasa dendeng Aceh ini, mulai dari rasa manis, asin, hingga kari. Dendeng ini dibuat dari daging kering yang dijemur terlebih dahulu lalu dicampur dengan rempah-rempah dan setelah itu baru digoreng. Proses pembuatan ini cukup memakan waktu hingga tiga bulan lamanya. Untuk ketahanannya, makanan satu ini dijamin tahan lama karena kondisinya yang kering. Harga dendeng ini mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000an.

Foto: id.wikipedia.org

Kue Keukarah

Kue keukarah, merupakan makanan ringan khas Aceh yang wajib kamu jadikan oleh-oleh. Kue ini terbuat dari tepung beras dicampur dengan gula cair yang sudah dilarutkan. Kue keukarah mempunyai tekstur yang renyah dan rasa yang manis. Selain rasanya yang nikmat, kue ini cukup unik karena menyerupai dengan sarang burung. Kamu bisa menemukan kue ini di berbagai toko oleh-oleh di Aceh.  Terdapat berbagai macam rasa mulai dari original, durian, dan cokelat.

Leave a comment

Newsletter subscribe