October 19, 2017 3 min to read

5 Museum di Ibukota yang Penuh Sejarah dan Budaya

Category : Uncategorized

Tidak hanya mal, pantai, atau berbagai lokasi kuliner saja yang bisa dijadikan tujuan akhir pekan saat berlibur di Jakarta, museum-museum di Ibukota juga dapat menjadi alternatif liburan yang seru lho! Dengan berkunjung ke museum, kamu bisa memperluas wawasan, mendapatkan wisata edukatif, budaya, hingga ikut berpartisipasi dalam melestarikan sejarah. Nah, udah tau belum, museum apa saja yang bisa kamu kunjungi di Jakarta?

 

Museum Nasional Republik Indonesia

(Source: Google)

Lebih dikenal dengan sebutan Museum Gajah, Museum Nasional Republik Indonesia ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara! Terletak di Jalan Merdeka Barat Nomor 12, Jakarta Pusat, Museum Gajah mengoleksi banyak sekali benda-benda kuno seperti prasasti dan arca yang dikumpulkan dari penggalian arkeologis di seluruh nusantara sejak jaman dahulu. Pada tahun 2001 saja tercatat bahwa museum ini memiliki sebanyak 109.342 barang koleksi sejarah.

 

Museum Sejarah Jakarta

(Source: Wikipedia)

Mungkin kamu lebih sering mendengar nama museum ini dengan sebutan Museum Batavia atau Museum Fatahillah. Museum Sejarah Jakarta terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat. Di museum ini kamu dapat menemukan berbagai objek sejarah, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, replika peninggalan zaman Tarumanegara dan Pajajaran, prasasti, hingga mebel antik perpaduan gaya Eropa, Tiongkok dan Indonesia sejak abad 17 hingga 19. Buat kamu yang suka suasana-suasana spooky, kamu bisa tantang diri kamu untuk mengunjungi bekas penjara bawah tanah yang dulu digunakan pada masa penjajahan Belanda.

 

Museum Seni Rupa dan Keramik

(Source: Google)

Suka dengan seni rupa? Museum ini bisa jadi alternatif terbaik untuk akhir pekan kamu. Museum Seni Rupa dan Keramik terletak di Jalan Pos Kota No 2, Kotamadya Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Kamu dapat menikmati berbagai koleksi dari hasil karya seniman-seniman di Indonesia sejak tahun 1800-an hingga sekarang, koleksi keramik dari daerah-daerah nusantara, seni kreatif kontemporer dan koleksi keramik dari luar negeri sejak abad 16 juga ada lho disini. Dijamin pulang-pulang dari museum ini kamu bakalan semakin nyeni!

 

Museum Bahari

(Source: Maritime News)

Penasaran nggak sih sama kapal perang zaman VOC? Atau ingin lihat perahu-perahu zaman dulu? Kamu bisa melihat semuanya di Museum Bahari. Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan No. 1 Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Di Museum Bahari, kamu bisa lihat berbagai koleksi yang berhubungan dengan kebaharian Indonesia. Di museum ini, sedikitnya ada 126 koleksi benda-benda sejarah kelautan. Segala tentang perahu, kapal, dan laut bisa kamu lihat disini. Kamu juga akan disuguhkan dengan berbagai koleksi seperti perahu tradisional dengan aneka rupa, kapal zaman VOC, hingga miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran.

 

Museum Tekstil

(Source: Google)

Gak hanya barang-barang koleksi zaman penjajahan atau koleksi seni rupa, di Jakarta, kamu juga bisa berkunjung ke museum yang dapat menambah pengetahuan mengenai pertekstilan Indonesia! Yap, ada lho yang namanya Museum Tekstil, tepatnya terletak di Jalan Aipda K.S. Tubun No.4, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Museum ini berfungsi sebagai sebuah cagar budaya yang dikhususkan untuk mengumpulkan, mengawetkan, dan memamerkan karya-karya seni yang berkaitan dengan pertekstilan Indonesia. Sampai saat ini, koleksi nya ada sekitar 1.000 barang.

 

Selain museum-museum ini, masih ada banyak museum lain yang bisa dikunjungi di luar Jakarta, beberapa rekomendasinya seperti Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung, Museum Kata Andrea Hirata di Belitung, Museum Musik Indonesia di Malang dan masih banyak museum menarik lainnya yang tersebar di Indonesia. Kalau kamu dari luar kota Jakarta, kamu bisa cari kamar hotel di Jakarta dengan harga terjangkau di via.com, apalagi dengan promo Jakarta Marathon Festival Hotel Promo, harga kamar mulai Rp 397,156/kamar/malam! Cari tau lebih banyak tentang promo hotel Jakarta disini yaa!

Yuk lestarikan sejarah dan budaya dengan berkunjung ke museum, dan jelajah lebih banyak bersama via.com!

 

Leave a comment

Newsletter subscribe