April 4, 2019 2 min to read

5 Makanan Khas Papua yang Unik, Wajib Kamu Coba!

Category : Culinary, Holiday

Bicara tentang Papua, tentu yang ada dipikiran kamu ialah keindahan alamnya yang mempesona. Pulau di ujung timur Indonesia ini memang mempunyai alam yang cukup eksotis. Namun Tak hanya keindahan alam, ternyata Papua memiliki makanan khas yang wajib dicoba lho. Selain rasanya lezat, makanan khas Papua ternyata memiliki keunikan tersendiri. Penasaran? Berikut rekomendasi makanan Papua yang wajib kamu coba.

 

Foto: infobudaya.net

Sate Ulat Sagu

Makanan satu ini mungkin cukup ekstrim untuk dicoba. Ulat yang selama ini dianggap menjijikan bagi sebagian orang, justru hewan satu ini adalah makanan favorit masyarakat Papua. Biasanya, masyarakat Papua menyajikan ulet ini berbentuk sate. Walau makanan ini terlihat menggelikan, tapi ternyata ulet sagu asal Papua ini mempunyai banyak manfaat lho. Makanan ini mengandung gizi dan protein yang tinggi, sehingga dapat menyehatkan tubuh bagi yang memakannya.

Papeda

Siapa yang tak kenal papeda? Makanan ini sangat digemari oleh masyarakat Papua. Bentuknya yang menarik dan unik, membuat papeda selalu diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Papua. Papeda terbuat dari bahan dasar tepung sagu yang membuat makanan ini bertekstur kental. Cara makannya pun cukup unik, papeda digulung terlebih dahulu menggunakan gata-gata (bambu), lalu kemudian disantap. Rasa dari papeda ini adalah tawar, sehingga masyarakat Papua sering menambahkan ikan tongkol yang sudah dibumbui agar rasa dari papeda lebih enak. Walau makanan ini berbentuk unik, tapi papeda baik untuk kesehatan lho Vrens.

Foto: id.wikipedia.org

Sagu Lempeng

Sagu merupakan makanan khas Papua. Terdapat banyak olahan sagu, salah satunya adalah sagu lempeng. Makanan ini cukup populer di Bumi Cendrawasih, jadi kamu tak kesulitan untuk mencari sagu lempeng ini. Cara pembuatan makanan ini tak berbeda jauh dengan roti pada umumnya, namun bedanya, roti ini terbuat dari sagu. Sagu lempeng sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat sambil menikmati pemandangan di Papua.

Foto: deksgram.net

Kue Lontar

Makanan khas selanjutnya ialah kue lontar. Makanan ini sudah cukup populer dikalangan wisatawan lokal maupun asing. Kue ini sekilas memiliki kemiripan dengan kue pie susu. Bedanya, Kue ini terbuat dari bahan dasar  margarin, tepung terigu, vanili, dan susu. Biasanya kue lontar dibuat dengan cetakan yang besar sehingga ukuran yang dihasilkan juga besar. Namun jangan khawatir, jika kamu ingin menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh, terdapat ukuran yang kecil kok, sehingga kamu tak perlu repot-repot membawanya.

Foto: pegimakan.id

Aunu Senebre

Makanan selanjutnya yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Papua ialah Aunu Senebre. Makanan ini sangat populer dikalangan masyarakat Papua. Aunu senebre terbuat dari olahan ikan teri dan nasi yang digoreng. Setelah ikan teri dan nasi dicampur, lalu diberikan dengan daun talas dan kelapa, dan proses terakhirnya ialah dikukus. Aunu senebre ini mempunyai rasa yang gurih dan lezat, jadi sangat cocok kamu nikmati.

Gimana, tertarik mencoba kelima makanan khas Papua tersebut?  Makanan khas Papua memang sangat jarang dijumpai dikehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, makanan-makanan tersebut wajib kamu coba saat berkunjung ke Papua.

Leave a comment

Newsletter subscribe