September 12, 2022 2 min to read

5 Keunikan Budaya yang Bisa Bikin Kamu Alami Culture Shock saat Traveling

Category : Uncategorized

Vrens, satu negara dengan negara lainnya bisa jadi memiliki adat istiadat yang berbeda. Misalnya, di Amerika Serikat lumrah menunjuk sesuatu menggunakan telunjuk. Tapi, hal ini kurang sopan di Indonesia yang masyarakatnya umum menunjuk sesuatu menggunakan jempol atau seluruh tangan dengan jari terbuka.

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!

Masih ada banyak lagi keunikan dan perbedaan di negara-negara wisata yang mungkin bisa bikin kamu kaget dan alami culture shock. Biar kamu bisa terhindar atau lebih siap hadapi gegar budaya yang bisa saja menyerang, simak 5 keunikan budaya berikut!

  1. Memainkan Sumpit Dilarang di Jepang

Kuliner-kuliner di Jepang biasanya dihidangkan dan perlu disantap menggunakan sumpit. Alat makan satu ini pun biasanya langsung terjaja di rumah-rumah makan yang ada di Jepang. Namun, wisatawan tidak boleh memainkannya, seperti untuk menunjuk, memainkannya selayaknya stik drum, atau menusuk makanan menggunakan sumpit. Hal itu dianggap kurang sopan dan melanggar norma masyarakat jepang.

  1. Menyeruput Mie Hingga Bersuara Lumrah di Jepang

Masih dari negara Jepang, wisatawan akan dengan mudah bertemu dengan makanan berbahan dasar mie dengan kuah. Jepang terkenal dengan ramen, udon, dan olahan mie lainnya. Makanan-makanan khas Jepang itu pun biasanya disantap dengan menyeruputnya hingga bersuara. Kalau Via Vrens menganggapnya kurang sopan, hal ini malah berlaku sebaliknya di sana. Dengan menyeruput mie, masyarakat percaya cita rasanya akan semakin meningkat dan suhu mie yang panas dapat turun dengan cepat.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini
  1. Menggunakan Tinta berwarna Merah Tidak Baik di Korea Selatan

Kalau kamu harus menuliskan sesuatu di atas kertas saat berwisata ke Korea Selatan, jangan gunakan tinta berwarna merah. Penulisan sesuatu, khususnya nama orang, dengan tinta merah umumnya hanya digunakan untuk menuliskan sesuatu yang telah tiada. Untuk itu, gunakan saja tinta berwarna umum, seperti hitam atau biru.

  1. Duduklah di Depan Ketika Naik Taxi di Australia

Wisatawan yang bepergian sendiri dan ingin menggunakan taksi di Australia sebaiknya duduk di depan. Kalau kamu hanya sendiri naik taksi dan duduk di belakang, di negeri kangguru tersebut kesannya seperti sedang terjebak. Entah sedang menjadi tahanan, sandera, atau korban kriminal apa pun, intinya jika duduk di belakang bisa menimbulkan persepsi yang negatif. Isilah bangku depan jika ingin menggunakan taksi sendirian di Australia.

  1. Simbol ‘O’ dari Jari Telunjuk dan Jempol Tidak Sopan di Turki

Membuat simbol ‘O’ dengan jari tangan yang juga serupa dengan simbol angka ‘3’ memang lumrah jika dilakukan di Indonesia. Saat kesulitan menanggapi dengan suara atau berkomunikasi dengan orang yang cukup jauh jaraknya, simbol ini dapat digunakan untuk mengonfirmasi sesuatu hal. Namun, hal ini tidak dapat dilakukan jika kamu melancong ke Turki. Simbol yang dibuat dengan menyatukan jempol dan telunjuk ini dalam norma masyarakat Turki dianggap kurang sopan dan berkonotasi pada suatu hal negatif.

Cek update info dan promo dari Via dengan klik di sini.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe