May 5, 2021 1 min to read

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang Memikat Hati

Category : Destination, Holiday

Kawasan yang dikenal dengan Bromo-Tengger-Semeru sejatinya merupakan kawasan Taman Nasional dengan nama Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Letak Taman Nasional itu meliputi empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu Malang, Lumajang, Pasuruan dan Probolinggo. Kawasan yang ditetapkan sebagai Taman Nasional pada tahun 2005 ini memiliki luas 800 km2. Berikut fakta-fakta menarik lainnya mengenai TNBTS!

 

Lahan Edelweiss yang Cantik

Kawasan TNBTS dikenal karena memiliki hamparan bunga edelweiss yang sangat luas. Edelweiss dikenal pula dengan bunga abadi karena dapat mekar dalam waktu yang cukup lama, konon hingga 10 tahun. Karena kecantikannya, banyak pendaki yang tergoda untuk memetiknya. Padahal, bunga edelweiss tidak boleh dipetik dengan tujuan untuk menjaga ekosistem pegunungan.

 

Konservasi Fauna Eksotis

Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terdapat hewan-hewan yang dikonservasi dengan ragam dan jenis yang sangat banyak. Terdapat fauna yang terancam punah dan dikonservasi di sana, yaitu macan tutul jawa, lutung jawa, dan elang jawa. Fauna lain yang tak kalah eksotis juga terdapat di sana, seperti elang bondol, belibis, kijang, dan luwak. Tercatat terdapat 38 jenis satwa dilindungi di sana yang terdiri dari 24 jenis burung, 11 jenis mamalia, 1 jenis reptil, dan 2 jenis serangga.

 

Konservasi Flora Endemik

Selain edelweiss dan fauna yang eksotis, TNBTS juga memiliki flora yang tak kalah memikat hati. Kebanyakan flora yang terdapat di TNBTS adalah anggrek yang tercatat terdapat 158 jenis di sana. Sebanyak 40 jenis anggrek tergolong langka dan dua di antaranya termasuk endemik, yaitu Malaxis purpureonervosa yang hanya terdapat di Semeru Selatan dan Habenaria tosariensis yang merupakan endemik TNBTS. Kamu juga bisa menemukan flora lain, seperti cemara gunung dan akasia.

 

Cocok untuk Menikmati Sunrise

Pemandangan alam yang harus kamu cicipi ketika berwisata ke TNBTS adalah terbitnya matahari. Kamu dapat menikmati sunrise sambil menikmati keindahan dan keasrian alam yang begitu memesona. Untuk menikmati sunrise, kamu bisa menikmatinya di Puncak Pananjakan. Di sana, kamu bsa mendapatkan pemandangan sunrise yang paripurna!

 

Tertarik untuk berkunjung ke sana? Jangan lupa persiapkan dirimu agar dapat merekam momen sebaik-baiknya! Cek penwaran menarik untuk kamu di sini.

 

*) Harap periksa terlebih dahulu aturan dan regulasi negara terkait dari situs web imigrasi negara tersebut untuk berpergian selama masa COVID-19 sebelum membeli tiket.

Paket yang Cocok untuk Kamu

Leave a comment

Newsletter subscribe