September 12, 2018 3 min to read

Mau ke Maldives? Ini Dia 5 Trik Agar Liburanmu Lebih Hemat

Category : Destination, Holiday, Travel Hacks, Travel Tips

Siapa yang tidak suka Maldives? Negara yang terletak di Asia Selatan ini namanya sudah sangat mendunia. Pesona pantainya yang menakjubkan membuat siapapun berkeinginan untuk bisa kesana, terutama para pasangan yang hendak berbulan madu.

Maldives atau Maladewa memang layak untuk dikunjungi. Terlebih lagi kamu pemegang paspor Indonesia tidak perlu repot-repot mengurus visa karena antara Indonesia dan Maldives sudah menekan aturan bebas visa bagi warga antar kedua negara. Namun, ketika berbicara tentang liburan ke Maldives maka hal yang kemudian melintas di pikiran ialah biaya yang tergolong mahal! Ya, melihat sejumlah fasilitas yang ditawarkan disini, wajar saja jika harga yang dipatok cukup menguras kantong.

Eits, jangan berkecil hati dulu Vrens. Nyatanya, kamu tetap bisa kok menikmati keindahan Maldives dengan budget yang lebih reasonable lagi. Mau tau triknya? Ini dia jawabannya.

1. Ambil Penerbangan dari Negara Tetangga

Hal ini didasari kenyataan bahwa penerbangan dari Indonesia ke Maldives bakal menghabiskan dana yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, kamu bisa mensiasatinya dengan mengambil penerbangan dari negara tetangga semisal Singapura atau Malaysia. Manfaatkan tiket promo menuju kedua negara tersebut untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Maldives.

Cara ini memang akan cukup memakan waktu. Namun dengan cara inilah maka biaya yang kamu butuhkan untuk transportasi menuju Maldives bisa lebih pas sama kantong.

2. Cari Penginapan di Pulau Lokal

Satu hal yang membuat biaya liburan di Maldives menjadi sangat mahal adalah akomodasi alias tempat menginap. Sebagaimana diketahui, resort-resort di negara seluas 298 kilometer persegi tersebut tergolong resort mewah dengan kisaran harga sewa sekitar 20-50 juta Rupiah! Namun, beruntungnya kita karena sejak tahun 2009, Pemerintah Maldives juga membuka sejumlah hotel maupun guesthouse di pulau-pulau lokal dengan pantai yang tak kalah indahnya seperti Maafushi, Gulhi, dan Guraidhoo. Harga? Jangan khawatir karena harga sewa hotel atau guesthouse disini pastinya jauh lebih murah Vrens yakni sekitar 400 ribu – 1 Juta Rupiah.

Kendati demikian, jika kamu masih penasaran juga dan ingin menikmati ambience di resort-resort mewah Maldives dengan biaya minimalis, kamu bisa memanfaatkan paket tur seharga 1,5-3,5 Juta Rupiah. Walaupun tidak sampai menginap, dengan paket tersebut kamu akan diajak untuk mengunjungi resort-resort mewah tersebut selama 1 hari penuh. Pun, kamu bisa menikmati ragam fasilitas lainnya seperti spa, gym, hingga water sports.

3. Tukarkan Mata Uang Secukupnya

Mata uang Maldives adalah Rufiyaa, dan untuk 1 rufiyaa sendiri setara dengan sekita Rp 869. Pastikan untuk kamu telah mengecek nilai tukarnya terlebih dahulu sebelum berangkat. Kamu juga bisa membawa pecahan Dollar untuk kemudian ditukarkan dengan rufiyaa menggunakan ATM atau kartu kredit yang tersedia di ibukota Maldives yakni Male.

Saran, dikarenakan mata uang Rufiyaa ini cukup sulit untuk ditukarkan di negara selain Maldives, maka hendaknya kamu tidak perlu berlebihan ketika menukarkan uang kamu. Tukarkan secukupnya saja sesuai dengan budget plan yang telah kamu susun sebelumnya.

4. Gunakan Kapal Ferry

Namanya juga negara kepulauan, otomatis moda transportasi laut menjadi sarana mobilisasi utama di Maldives, termasuk kapal ferry. Agar kamu tidak ketinggalan kapal ferry saat hendak mengunjungi satu pulau, baiknya kamu mengecek jadwal pemberangkatannya. Ongkos naik ferry-nya pun terbilang  murah, yakni sekitar 3-4 rufiyaa sekali jalan. Kalau kamu sampai ketinggalan, siap-siap untuk mengeluarkan budget lebih karena itu artinya kamu harus menggunakan pesawat udara untuk menuju pulau yang diinginkan.

5. Jangan Tiba di Hari Jumat

Mayoritas penduduk Maldives beragama Islam. Jadi, sejumlah kegiatan akan dihentikan di hari Jumat. Toko-toko tutup, pun demikian transportasi tidak beroperasi. Oleh karena itu, usahakan agar penerbangan kamu kesana jadwal kedatangannya tidak di hari Jumat. Hal ini untuk menghindari kamu dari yang namanya terjebak di bandara dan terpaksa harus stay sementara di hotel transit, yang mana berakibat kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menginap.

Nah Vrens, itu dia 5 trik untuk menekan budget liburanmu ke Maldives. Tidak harus mahal kan untuk bisa menikmati keindahan Maldives? Yuk segera rencanakan liburanmu ke Maldives. Dapatkan harga tiket pesawat dan akomodasi terbaiknya di via.id! Selamat liburan Vrens!

Leave a comment

Newsletter subscribe