May 28, 2021 2 min to read

Kecantikan Gunung Rinjani

Category : Destination, Holiday

Buat kamu yang gemar melancong, suka berpetualang, dan menyukai alam pegunungan kamu tentu mengetahui Gunung RInjani. Gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu termasuk salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.762 mdpl. Gunung Rinjani juga masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Rinjani yang memiliki luas sekitar 76 ribu hektare.

Gunung Rinjani dapat dikatakan merupakan primadona di antara gunung-gunung lainnya, tentunya karena pesona alamnya yang luar biasa. Salah satu ikon yang membuat Rinjani terkenal akan kecantikannya adalah Danau Segara Anak, yang berasal dari Bahasa Sasak dan berarti Laut Kecil dalam Bahasa Indonesia. Selain warna airnya yang jernih nan biru, di dekatnya juga terdapat air terjun yang sangat cantik.

Bagi kamu yang gemar mendaki gunung, Rinjani wajib kamu sambangi. Kamu pun dapat memilih jalur pendakian yang paling cocok untukmu. Biasanya, pendaki mulai dari Jalur Sembalun-Lombok Timur dan mengakhirinya pada Jalur Senaru-Lombok Utara. Pemilihan Jalur Sembalun bukan tanpa alasan karena pada jalur itu memiliki jalur panjang nan datar, walau bercuaca lebih panas karena terdapat hamparan padang savanna. Di masa pandemi ini, jalur pendakian pun telah dibuka kembali sejak akhir Maret 2021, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan dan pembatasan jumlah pendaki.

Satu hal yang tak boleh terlewat oleh pendaki adalah Danau Segara Anak. Untuk sampai ke sana, jika lewat Jalur Sembalun dapat ditempuh dalam waktu sekitar 9 jam; sedangkan jika lewat Jalur Senaru dapat ditempuh dalam waktu sekitar 8 jam. Keindahan Segara Anak sangat memikat dengan hamparan danau bak laut yang jika dilihat dari atas (puncak Rinjani), danau itu berbentuk seperti bulan sabit. Karena lahannya yang luas dan cukup datar, kamu dapat masuk ke dalam pemandian air panas, memancing, dan berkemah di sekitar Segara Anak. Di sekitarnya terdapat tiga gua yang eksotis, yaitu Gua Susu, Gua Manik, dan Gua Payung.

Bagi kamu yang tetap ingin ke Rinjani tapi belum mau mendakinya, tenang saja. Kamu masih tetap dapat menikmati pesonanya karena kamu tetap dapat berkunjung ke Taman Nasional Rinjani. Layaknya taman nasional lain di Indonesia, kamu dapat berwisata alam sembari melihat keeksotisan flora dan fauna yang dijaga serta dilindungi kelestariannya. Di sana, kamu dapat melihat anggrek hutan endemik dan cantik. Kamu juga bisa melihat flora eksotis, semacam lutung budeng, rusa, dan musang rinjani. Tanaman cantik lainnya, seperti edelweiss, juga dapat kamu temui di sana.

Kecantikan Gunung Rinjani agaknya dapat menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin menikmati pesona alam pegunungan. Jika benar-benar ingin ke sana, jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dan mental sebaik-baiknya. Ingat, tetap jaga pula kelestarian alam serta hormati apa pun yang ada di sekitarmu kala berkunjung ke Rinjani. Patuhi juga protokol kesehatan yang berlaku selama masa pandemic COVID-19 ini.

Cari tahu promo yang menarik dari via.com untuk kamu di sini.

Cari Paket Liburan Menarik Buat Kamu di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe