July 30, 2021 1 min to read

IKAN CARA, KULINER DAN OLEH-OLEH KHAS LABUAN BAJO

Category : Culinary, Culture

Berlibur ke suatu destinasi wisata untuk menikmati keindahan alam tentu merupakan tujuan utama. Vrens, kamu dapat melakukannya jika berlibur ke Labuan Bajo untuk menikmati keindahan alam berupa pulau-pulau yang memesona, hamparan pantai dan laut yang indah, serta eksotisnya komodo. Setelah itu, biasanya wisatawan akan mencari kuliner khas untuk disantap atau dijadikan oleh-oleh. Tahukah kamu kuliner khas milik Labuan Bajo yang dapat dijadikan oleh-oleh?

Salah satu santapan yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Labuan Bajo adalah ikan cara. Ikan ini merupakan ikan yang mudah ditemui di sana. Untuk mendapatkannya, kamu dapat membelinya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Ikan cara berbentuk pipih dan biasanya dijual kering dengan diikat atau ditimbang.

Tekstur ikan cara cukup empuk, namun kamu perlu berhati-hati karena durinya cukup banyak. Rasanya sangat gurih dan lezat. Cara terlezat adalah yang telah dikeringkan dan diasinkan karena cita rasanya yang lebih kaya dan lebih nikmat.

Olahan ikan cara memang masih sulit ditemukan di rumah makan setempat. Namun, kamu dapat membeli ikan cara sendiri kemudian ke rumah makan setempat untuk kemudian diolah di sana. Ikan cara dapat dimasak sesuai selera, seperti digoreng atau dibakar. Ikan cara paling nikmat disantap dengan nasi hangat, sayur pelengkap, dan sambal terasi atau dabu-dabu.

Vrens, jangan lupa menikmati olahan ikan cara jika berlibur ke Labuan Bajo. Ikan ini juga bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh dan dibagikan kepada orang-orang terkasihmu. Keseruan lain berlibur ke Labuan Bajo, cek Itinerary Tour Labuan Bajo di sini.

Pesan Paket Liburan ke Labuan Bajo di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe