January 8, 2021 2 min to read

APA ITU E-VISA? YUK, SIMAK PENJELASANNYA

Category : Holiday

Banyak orang pasti merasa repot saat ingin traveling atau pergi ke luar negeri yang mewajibkan penyertaan visa. Karena proses pembuatan atau pengajuan visa terkadang menjadi sedikit merepotkan. Diharuskan untuk mendatangi kantor Kedutaan Besar/Konsulat Jenderal negara tujuan untuk mengurusnya. Belum lagi lama nya proses sehingga mengharuskan untuk bolak-balik kantor Kedutaan, tentu hal tersebut sangat memakan waktu.

Pengertian dan Jenis-jenis Visa

Namun seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, proses pengajuan visa sekarang bisa dilakukan dengan lebih mudah. E-Visa atau elektronik visa hadir dan menjadi sebuah layanan yang inovatif sehingga memudahkan kamu untuk membuat visa di mana pun dan kapan pun. E-visa merupakan perubahan bentuk dari visa tradisional yang menggunakan stiker atau stempel pada paspor, menjadi visa berbentuk elektronik (soft file) yang bisa kamu terima secara online.

Indonesia sendiri baru meluncurkan layanan visa online atau E-Visa sejak bulan Oktober 2020 lalu, dengan tujuan agar semakin memudahkan Warga Negara Asing yang hendak masuk atau mengurus izin menetap di Indonesia. Sementara beberapa negara asing telah menerapkan E-Visa sejak lama seperti negara Australia, New Zealand, Turki dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan adanya layanan E-Visa:

Mudah Digunakan

Layanan E-Visa sangat mudah digunakan. Kamu hanya membutuhkan layanan internet dan perangkat elektronik, baik melalui smartphone atau laptop. Hanya dengan mengisi form online dan mengikuti langkah selanjutnya, kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Kamu dapat menggunakan layanan ini di rumah, kantor, bahkan selama perjalanan.

Tak Perlu Tatap Muka

Layanan E-Visa tentu menjadi solusi tepat saat pandemi seperti sekarang ini, karena kamu tidak diharuskan mendatangi kantor Kedutaan. Jadi, tak ada pertemuan fisik atau tatap muka dengan petugas. Kamu dapat membuat visa hanya dari rumah, sehingga jauh lebih aman. Semua pengurusan dari awal hingga akhir dilakukan secara online, dan visa akan dikirimkan kepada kamu melalui email.

Menghemat Waktu dan Tenaga

Seperti yang telah dijelaskan di awal, layanan E-Visa hadir dengan tujuan utama untuk lebih memudahkan serta menghemat waktu mu. Tak perlu mendatangi kantor Kedutaan/Konsulat dan mengantri, yang tentu bisa membuang-buang waktu serta tenaga. Belum lagi jika domisili kamu berada jauh dari Kantor Kedutaan. Kamu juga tidak harus berkali-kali mendatangi kantor Kedutaan/Konsulat untuk mengurus proses pengajuan visa yang membutuhkan waktu cukup lama.

Dengan keuntungan-keuntungan di atas, E-Visa tentu jadi solusi untuk kamu yang ingin mengajukan pembuatan visa secara efisien. Kabar baiknya nih Vrens, sekarang kamu juga sudah bisa mengajukan E-Visa Dubai dan Turki melalui Via.com Indonesia! E-Visa Dubai dan Turki merupakan produk baru dari Via.com yang dapat membantu kamu mendapatkan visa dengan lebih mudah dan cepat.

Cukup dengan mengirim email, E-Visa Dubai atau Turki bisa kamu dapatkan segera. Berikut ini adalah 4 langkah mudah nya:

1. EMAIL PENGAJUAN
Kirim email ke id.holidays@via.com dengan melampirkan semua dokumen atau detail persyaratan

2. VERIFIKASI TIM VIA.COM
Setelah mengirim email pengajuan, kamu harus menunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh tim dari Via.com

3. PEMBAYARAN
Setelah verifikasi selesai, lakukan pembayaran sesuai dengan nominal E-Visa destinasi tujuan. Setelah pembayaran selesai, E-Visa akan diproses

4. E-VISA SELESAI
E-visa mu telah siap dan akan dihubungi lebih lanjut dengan tim terkait

Leave a comment

Newsletter subscribe