March 8, 2024 2 min to read

Wisatawan Indonesia Harus Sadar akan Pentingnya Pariwisata Berkelanjutan

Category : Travel Tips

Ketika berbicara tentang pariwisata, penting rasanya untuk mengenali peran penting wisatawan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan destinasi yang akan dikunjungi. Beberapa waktu lalu, kebakaran terjadi di Bukit Teletubbies yang ada di kawasan Gunung Bromo. Hal ini seharusnya menjadi peringatan penting bagi traveler seperti Via Vrens untuk lebih sadar akan dampak dari aktivitas pariwisata.

Cek dan Pesan Penerbangan ke Berbagai Destinasi Sekarang Juga di Sini!

Sebagai wisatawan Indonesia, Via Vrens harus paham kalau kamu punya tanggung jawab besar dalam menjaga kelestarian kawasan wisata yang dikunjungi. Perilaku dan keputusan saat berwisata dapat berdampak langsung pada lingkungan, budaya, dan masyarakat lokal di destinasi yang didatangi, lho.

Jangan khawatir, Vrens. Untuk berperan dalam menjaga linkgkungan wisata ga ribet, kok! Berikut beberapa peran penting yang dapat kamu jalankan untuk mendukung pariwisata berkelanjutan, baik di dalam negeri maupun saat berjalan-jalan ke luar negeri!

  1. Minimalkan Jejak Ekologis

Saat bepergian, pilih transportasi ramah lingkungan dan biasakan jalan kaki saja bila jaraknya tidak terlalu jauh. Kurangi juga penggunaan plastik sekali pakai sebagai wadah untuk membawa barang. Saat berkunjung ke suatu destinasi atau atraksi, apalagi yang berkaitan dengan alam, patuhi aturan terkait dengan pelestarian alam di destinasi yang dikunjungi.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini (Akses lewat PC/Laptop)
  1. Hormati Budaya dan Tradisi Lokal

Hargai adat dan kebiasaan lokal atau budaya setempat yang kamu jumpai. Eits, jangan salah, Vrens. Hal yang satu ini ada kaitannya juga dengan keberlanjutan pariwisata. Masyarakat yang sudah lama tinggal di sana pasti punya seperangkat adat atau kebiasaan yang disesuaikan dengan kondis tempat tinggalnya. Hal ini tentunya akan membuat lingkungan terjaga keasriannya.

  1. Berkontribusi pada Pelestarian Lingkungan

Saat beriwsata, Via Vrens juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan konservasi dan rehabilitasi lingkungan. Hal penting dan mendasar yang bisa Via Vrens lakukan adalah peduli pada sampah dan tempat membuangnya, setidaknya pada sampah sendiri. Selain itu, banyak destinasi wisata, khususnya yang mengdepankan konservasi alam, mengajak pengunjungnya untuk ikut aksi penanaman pohon atau aktivitas lingkungan lainnya.

  1. Jadi Teladan

Mengajak orang lain untuk menjadi wisatawan yang bertanggung jawab juga dan membagikan pengalaman positif tentang pariwisata berkelanjutan mungkin cukup berat. Apa lagi, jika ingin langsung dapat banyak perhatian serta validasi. Untuk itu, Via Vrens cukup lakukan untuk diri sendiri dan jadilah teladan alami tanpa perlu memaksa!

Jika masih banyak yang belum menyadari pentingnya peran ini, mari kita mulai dari diri sendiri. Via Vrens dapat menjadi contoh yang baik dengan menjalankan perilaku yang bertanggung jawab saat menjelajahi Indonesia dan dunia. Yuk, jalan-jalan lagi dan penuhi kebutuhan perjalananmu dengan layanan dari Via.id!

Cek update info dan promo dari Via.id dengan klik di sini.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe