April 22, 2019 2 min to read

Bukan Cuma Pantai, Ini Rekomendasi 5 Sungai di Indonesia untuk Destinasi Wisata

Category : Destination, Holiday, Travel Tips

Wisata alam Indonesia tidak melulu soal laut dan pantai. Buat kamu yang lebih suka liburan dengan bermain air, sungai juga bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata. Selain bisa menenangkan hati dan pikiran, bermain di sungai juga relatif lebih aman. Indonesia punya 5 sungai yang dapat dijadikan pilihan untuk tujuan liburan selanjutnya. Penasaran? Simak rekomendasi sungai di Indonesia yang layak masuk ke daftar destinasi wisata Anda…

 

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas terletak di Kalimantan Barat. Memiliki panjang 1.141 km, sungai ini dinobatkan sebagai sungai terpanjang tidak hanya di Pulau Kalimantan, tetapi juga di Indonesia. Untuk menyusuri sungai ini Anda bisa menaiki kapal khusus wisata yang ada di sekitar taman. Dengan kapal tersebut, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan sungai Kapuas, tetapi juga keindahan kota Pontianak dari sudut pandang yang lain, yaitu dari atas sungai. Itulah mengapa, sungai ini layak masuk ke daftar destinasi wisata Anda.

 

Sungai Mahakam

Sungai kedua yang juga layak masuk ke daftar destinasi wisata Anda adalah Sungai Mahakam. Sungai yang berlokasi di Kalimantan Timur ini memiliki panjang sekitar 920 kilometer. Sungai ini melintasi beberapa wilayah di provinsi tersebut, yaitu Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda.

Salah satu daya tarik sungai ini adalah pemandangannya yang memukau, terutama saat senja. Anda bisa menikmati pemandangan rona langit kemerahan yang memantul di permukaan air sungai yang jernih. Sungai ini juga merupakan habitat penting bagi spesies langka ikan pesut air tawar.

 

Sungai Musi

Sungai berikutnya yang juga menawarkan pemandangan memesona sehingga latak masuk ke daftar destinasi wisata Anda adalah Sungai Musi. Sungai yang memiliki panjang sekitar 750 kilometer ini dinobatkan sebagai yang terpanjang di Pulau Sumatera. Adapun Sungai Musi sendiri berlokasi di Sumatera Selatan.

Daya tarik utama sungai ini adalah jembatan Ampera yang membentang di atasnya, yang merupakan ikon Kota Palembang. Kunjungilah sungai pada waktu malam, jika Anda ingin melihat gemerlap jembatan Ampera bermandikan lampu. Selain itu, di Sungai Musi, Anda juga bisa menikmati restoran apung di tepi sungai. Dari sana, Anda bisa menikmati pemandangan Sungai Musi, sembari mengudap makanan lezat atau mencecap minuman hangat.

 

Sungai Maron

Sungai yang satu ini terdapat di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, tepatnya di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku. Namanya, Sungai Maron. Sungai ini layak masuk ke daftar destinasi wisata Anda karena pemandangannya yang memesona. Bahkan, pesona sungai ini kerap disandingkan dengan Sungai Amazon yang terletak di Amerika Selatan.

Pasalnya, Sungai Marson diapit oleh pepohonan lebat hijau nan segar dan asri. Panjang sungai ini hanya 3,5 kilometer dengan muara di Pantai Ngiroboyo. Anda hanya butuh waktu sekitar 45 hingga 60 menit untuk menyusurinya. Biaya masuk ke pantai ini cukup murah yaitu hanya Rp 2.000, tapi itu tidak termasuk sewa perahu untuk menyusuri sungai.

 

Sungai Goa Pindul

Sungai berikut ini bukan sungai biasa karena letaknya berada di dalam gua. Sungai Gua Pindul yang berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini layak masuk ke daftar destinasi wisata Anda. Di sini Anda bisa melakukan cave tubing, yaitu menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung mengikuti aliran sungai. Dengan melakukan kegiatan ini, Anda bisa merasakan sensasi berenang di air yang jernih sembari menikmati sorot hangat cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah gua. Selain itu Goa Pindul juga terkenal karena cave tubingnya.

Itulah lima sungai di Indonesia yang layak masuk ke daftar tujuan wisata Anda karena menawarkan pemandangan yang memesona. Dapatkan tiket pesawat ke kota tempat sungai-sungai tersebut berada hanya di via.id. Temukan promo penerbangan menarik ke seluruh kota di Nusantara Yuk, rancang liburan berkesan Anda hanya bersama via.id, your travel partner.

Leave a comment

Newsletter subscribe