April 19, 2017 2 min to read

Traveling Saat Musim Hujan? Ini Dia 5 Barang Yang Wajib Dibawa

Category : Travel Hacks, Travel Tips

Banyak orang menghindari travelling saat musim hujan. Padahal terkadang kita sudah menyiapkan segala keperluan liburan dari jauh hari namun cuaca ternyata tidak mendukung, karena cuaca memang cukup sulit diprediksi apalagi di iklim tropis seperti di Indonesia ini. Sebenarnya, liburan bisa saja tetap menyenangkan meskipun di tengah kondisi cuaca hujan. Ada beberapa hal yang bisa dinikmati, selain udara yang jadi lebih dingin, suara rintikan hujan sambil menikmati teh hangat dari balkon vila di pegunungan dijamin bakal bikin tenang hati dan pikiran. Ini lah yang disebut refreshing, jauh dari keramaian dan penatnya pekerjaan. Untuk travelling di pegunugan saat musim hujan, harus memperhatikan lokasinya karena pegunungan cukup berbahaya saat hujan. Pilihlah daerah pegununungan yang  tidak terlalu curam dan rawan longsor. Selain itu juga perhatikan curah hujannya, jika ada indikasi badai lebih baik batalkan perjalanan kamu.

Aspek keselamatan haruslah jadi pertimbangan nomor 1 sebelum memutuskan untuk travelling. Jika tujuan dan waktu sudah sesuai dengan aspek keselamatan, ada beberapa barang yang penting untuk kamu bawa saat melakukan travelling ketika musim hujan.

  1. Jas Hujan

Pakaian yang basah akan membuat tubuh bekerja maksimal menyesuaikan suhu dan akan menyebabkan daya tahan tubuh berkurang. Untuk menghindari hal tersebut, pakailah jas hujan. Pilih jas hujan yang mudah dilipat agar tidak merepotkan saat dibawa. Selain itu, jas hujan lebih baik dibanding dengan membawa payung, karena pergerakan kamu jadi tidak terbatas.

 

  1. Cover Bagpack

Untuk melindungi tas dari hujan, cover bagpack penting untuk dibawa. Akan sangat merepotkan dan mengganggu kenyamanan jika air hujan yang meresap ke dalam tas dan membasahi seluruh isi tas.

 

  1. Sandal Gunung

Menggunakan sandal gunung lebih nyaman dibanding menggunakan sepatu. Sepatu yang basah akan sangat tidak nyaman dipakai dan akan mengganggu aktifitas traveling. Sendal gunung akan lebih cepat kering dan solnya tahan air sehingga kuat menahan beban tubuh kita.

 

  1. Dry Bag

Dry bag dibutuhkan untuk menyimpan peralatan elektronik dan barang berharga lainnya. Harganya memang relatif mahal, namun mengingat kegunaannya rasanya worth it dibeli untuk melindungi barang bawaan kamu yang harganya lebih mahal, seperti tab, handphone & kamera dan uang cash.

 

  1. Casing Underwater

Akan sangat disayangkan jika perjalanan travelling kamu tidak diabadikan ke dalam sebuah foto atau video. Apalagi hal itu terjadi karena kamera kamu rusak kena air, jangan sampai deh! Untuk itu, lengkapi aksesoris kamera mu dengan casing underwater agar dapat digunakan saat hujan dan di dalam air. Atau jika kamu mau mengabadikannya melalui kamera handphone, saat ini sudah banyak dijual casing waterproof handphone model dry bag. Tapi casing ini tidak bisa dipakai untuk foto didalam air dan hanya untuk melindungi hape dari cipratan air hujan saja.

 

Nah, jangan khawatir lagi ya Vrens. Meskipun cuaca lagi sering hujan, asal persiapan kamu matang, kamu tetap bisa kok menikmati liburan dengan tenang. Yang paling penting juga adalah menyiapkan kondisi tubuh agar selalu fit, dan siapkan penginapan tujuan kamu dari jauh-jauh hari ya. Pesan kamar hotel dengan harga paling terjangkau hanya di Via.com! 🙂

Leave a comment

Newsletter subscribe