July 3, 2018 2 min to read

Tips Wisata 1 Hari di Jogja, Seru dan Menyenangkan!

Category : Destination, Holiday, Travel Hacks, Travel Tips

Cuma punya waktu 1 hari untuk menyusuri kota Jogja? Tidak perlu bersedih, kamu tetap dapat menikmati beberapa tempat wisata di Jogja seharian. Mulai dari kulineran, wisata sejarah hingga berpetualang di pegunungan bisa kamu lakukan dalam satu hari saja loh. Sekarang ini tersedia paket wisata 1 hari ke Jogja yang bisa kamu pesan dengan mengikuti itinerary yang disediakan. Jika tidak menggunakan jasa travel untuk wisata di Jogja, kamu tetap bisa mengatur perjalananmu sendiri. Berikut tips area mana saja di Jogja yang terletak berdekatan sehingga kamu bisa liburan seharian di Jogja dengan seru dan menyenangkan…

 

Kota Gede

Liburan sekaligus menambah wawasan sejarah dan budaya? Datang saja ke Kota Gede Jogja, di kawasan ini kamu dapat berkunjung ke beberapa tempat menarik yang sangat khas budaya Jogjanya, beberapa diantaranya adalah Pasar Kotagede, Masjid Agung, Reruntuhan Benteng, Kompleks Makam Raja Mataram, hingga rumah tradisional Jogja.

 

Malioboro dan Pasar Beringharjo

Liburan ke Jogja rasanya ada yang kurang kalau tidak berkunjung di Malioboro. Terkenal sebagai pusat oleh-oleh dan kuliner di Jogja, Malioboro menyediakan berbagai tempat makan, angkringan, souvenir khas Jogja, dan barang-barang menarik yang bisa dibeli untuk menjadi cinderamata. Selain itu, di dekat Malioboro ada juga pasar yang legendaris di Jogja yaitu Pasar Beringharjo. Di Pasar beringharjo, kamu bisa membeli berbagai macam pakaian yang terbuat dari batik, sepatu, tas, hingga berbagai kaos khas Jogja. Saat lapar, kamu bisa dengan mudah menemukan tempat gudeg terdekat yang dijual di sekitar pasar. Selain itu, lokasi pasar juga strategis dan dekar dengan stasiun kereta api Jogja.

 

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Jogja. Candi Prambanan atau yang populer disebut sebagai Candi Roro Jonggrang ini memiliki beberapa candi peninggalan kerajaan Hindu di sekitar kawasan Candi Prambanan, beberapa di antaranya adalah Candi Kelir, Candi Apit, Candi Patok dan Candi Perwara. Kamu bisa berkeliling melihat candi, selain itu kamu juga bisa mengenal seni sastra dan cerita Hindu, berfoto, belanja souvenir, hingga menonton pertunjukkan sendratari Ramayana. Kompleks candi ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991. Candi Dewa Siwa, candi induk di kompleks candi tersebut, dipercaya sebagai perwujudan Roro Jonggrang yang dikutuk dalam cerita rakyat yang terkenal.

 

Candi Borobudur hingga Lava Tour

Destinasi ikonis di Jogja yang telah mendunia ini sangat wajib untuk dikunjungi. Jika kamu hanya punya waktu sehari di Jogja, kamu dapat memulai perjalanan dengan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang yang jaraknya dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Setelah puas berkeliling di Candi Borobudur, kamu dapat melanjutkan perjalanan ke Gunung Merapi untuk mengikuti lava tour, dengan berkeliling naik mobil jeep bersama pemandu wisata untuk melihat Merapi.

 

Keliling Jogja dengan Trans Jogja

Trans Jogja adalah alat transportasi umum berbasis bus rapid transit (BRT), yang dengan Trans Jogja ini kamu dapat manfaatkan untuk bisa berkeliling kota Jogja. Pada dasarnya, Trans Jogja hampir sama seperti Transjakarta. Rute Trans Jogja dapat menjangkau beberapa tempat wisata dan tempat penting di Jogja, seperti Candi Prambanan, Bandara Adi Sucipto, Jalan Malioboro, Taman Pintar, Kebun Binatang Gembira Loka, Pasar Beringhardjo Keraton Jogja, Universitas Gadjah Mada, UIN Sunan Kalijaga, dan destinasi lainnya. Berkeliling dengan Trans Jogja akan sangat membantu para wisatawan, terutama yang baru pertama kali liburan ke Jogja.

 

Hanya punya waktu satu hari untuk mengelilingi Jogja tentu tidak akan jadi masalah jika kamu udah tau mau bepergian kemana saja. Untuk memudahkan perjalananmu, kamu juga bisa memesan paket wisata di portal via.id, dimana paket wisata ke Jogja dapat dijangkau dengan harga mulai 400 Ribuan! Selain itu, dapatkan juga tiket pesawat, kereta dan hotel di Jogja dengan harga terbaik dari via.com, your travel partner.

Leave a comment

Newsletter subscribe