August 23, 2021 2 min to read

TELUSURI SEJARAH DAN BUDAYA DI MUSEUM-MUSEUM MALANG

Category : Culture, Destination, History, Holiday, Travel Tips

Vrens, Kota Malang merupakan salah satu kota di Indonesia yang menyimpan begitu banyak pesona. Belum lagi, sejarah dan budayanya yang tak kalah menarik. Kedua hal itu perlu ditelusuri dan dapat menjadi hiburan yang unik. Ada baiknya, jika kamu ingin ke Malang kunjungilah situs-situs berikut untuk menelusuri sejarah dan budaya yang unik!

Museum Panji

Dari namanya, mungkin kamu sudah dapat menerka bahwa museum ini memiliki koleksi cerita atau budaya panji. Nyatanya, memang begitulah adanya. Di museum yang merupakan perluasan Museum Malang Tempo Doeloe itu. Kamu dapat melihat beragam koleksi seputar cerita panji. Selain itu, kamu juga dapat melihat peninggalan-peninggalan kerajaan kuno, seperti kerajaan Singasari dan Majapahit. Selain itu, terdapat kolam renang yang dikelilingi tiruan candi-candi yang membuatnya seperti tempat pemandian zaman kerajaan kuno.

 

Museum Mpu Purwa

 

Museum Mpu Purwa merupakan museum baru. Museum yang terletak di Kecamatan Lowokwaru dan bersebelahan dengan Rumah Sakit Brawijaya ini baru diresmikan pada tahun 2018. Koleksi yang dapat kamu lihat di museum ini adalah arca-arca serta peninggalan lainnya dari kerajaan kuno, seperti Kanjuruhan, Mataram, juga Majapahit dan Singasari seperti yang ada di Museum Panji. Walau berisi koleksi kuno, bangunannya sangat modern dan estetis sehingga akan membuat kamu betah menelusuri sejarah yang ada di Malang.

 

Museum Angkut

Kamu tentu sudah mengenal destinasi yang satu ini, bukan? Museum Angkut terletak di Kota Batu dan menjelma menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler yang ada di Malang. Sesuai dengan namanya, museum ini didirikan sebagai dedikasi serta apresiasi terhadap sejarah angkutan atau transportasi di Indonesia. Di Museum Angkut, kamu dapat melihat koleksi-koleksi kendaraan klasik yang pernah ada di Indonesia. Museum ini dibagi ke dalam beberapa zona, seperti Zona Batavia, Eropa, hingga Gangster! Selain itu, beragam wahana dan atraksi unik juga ada di sana.

 

Museum Brawijaya

Museum Brawijaya juga merupakan salah satu museum yang terkenal di Malang. Museum ini didedikasikan untuk menghimpun sejarah perjuangan Malang dalam proses kemerdekaan Indonesia. Museum ini termasuk museum militer yang berguna sebagai sarana wisata sejarah, pendidikan, penanaman nilai patriotisme, hingga berguna bagi penelitian ilmiah. Kamu dapat melihat bergam koleksi militer yang menarik, seperti senjata-senjata yang pernah digunakan pada masa perang dahulu, tank-tank buatan Jepang dan Belanda, serta Meriam. Koleksi lainnya, seperti pedang, lukisan, foto-foto, dan panji-panji juga ada di Museum Brawijaya.

 

Kampung Kayutangan

Kampung ini cocok untuk kamu yang gemar dengan sesuatu yang kuno dan klasik. Kampung Kayutangan atau Kajoetangan sejatinya merupakan pemukiman penduduk yang dijadikan kampung wisata. Bangunan-bangunan di sana begitu unik karena masih mempertahankan bentuk bangunan yang kuno. Selain itu, interiornya juga disulap menjadi bergaya klasik sehinga kamu dapat menelusuri kehidupan zaman dahulu di Malang.

 

Cek aneka promo dan info dari Via dengan klik di sini.

Temukan Paket Liburan Menarik yang Cocok Buatmu di Sini!

Leave a comment

Newsletter subscribe