May 27, 2021 1 min to read

Sungai Sekonyer yang Penuh Cerita dan Pesona

Category : Destination, History, Holiday, Travel Tips

Jika kamu ingin berlibur dan gemar menjelajah alam, Taman Nasional Tanjung Puting adalah pilihan yang tepat buat kamu. Kamu akan lebih dekat dengan alam dan dapat melalukan berbagai aktivitas seru, seperti trekking di hutan belantara yang asri, bertemu dengan flora dan fauna endemik nan eksotis, serta menyusuri sungai panjang nan cantik penuh misteri yang membelah hutan. Sebelum kamu berkunjung ke Tanjung Puting, ada baiknya kamu mengetahui tentang Sungai Sekonyer yang memiliki banyak cerita dan pesona.

Sungai Sekonyer dijuluki sebagai The Black River oleh turis asing. Hal itu disebabkan oleh pada satu titik air sungai akan berwarna lebih pekat cenderung kehitaman akibat reflektif warna dari akar-akar pohon di sekitarnya. Nama “Sekonyer” cukup unik karena diadopsi dari kapal Belanda yang karam akibat serangan pejuang di Kotawaringin Barat, yaitu Kapal Patroli Lonen Konyer. Sebelumnya, Sungai Sekonyer yang masuk ke dalam kawasan Tanjung Harapan lebih dikenal sebagai Sungai Buaya karena memang dihuni oleh banyak buaya.

Selain itu, Sungai Sekonyer juga penuh misteri. Warga sekitar percaya banyak makhluk gaib yang bermukim di sana. Percaya tidak percaya, hal itu terbukti dari karamnya kapal yang mebawa wisatawan–Kapal Pesona Eco Tour 2. Saat itu, kapal karam walau tidak menghantam apa pun. Setelahnya, ada warga yang kesurupan dan menjelaskan kenapa kapal bisa karam. Setelah dijelaskan dan didamaikan oleh dukun setempat, kapal bisa naik ke permukaan lagi. Beruntung semua awak kapal dan turis asing di dalamnya dapat selamat.

Jangan khawatir. Tentu saja hal-hal gaib semacam itu tidak akan pernah terjadi jika kamu tetap menjaga kesopananmu. Kamu juga tidak boleh sembarangan bertindak dan melakukan sesuatu. Jika kamu berwisata dengan aman dan nyaman, kecantikan dan pesona lah yang akan kamu dapati. Kala menyusuri Sungai Sekonyer, kamu dapat bersafari ria bertemu dengan fauna-fauna eksotis.

Tentu saja, dengan mudah kamu akan bertemu dengan orangutan. Selain itu, primata-primata lain, seperti bekantan, monyet ekor panjang, dan tarsius yang kerap muncul pada malam hari juga bisa kamu temui. Burung-burung cantik, seperti rangkong, dan pesona alam liar lainnya bisa kamu nikmati pula keindahannya. Belum lagi kamu dapat merasakan sensasi makan di atas klotok atau kapal.

Menyusuri Sungai Sekonyer akan memberikanmu pengalaman yang luar biasa. Sensasi menyusuri sungai di alam liar dengan klotok merupakan aktivitas yang wajib kamu nikmati kala berkunjung ke Tanjung Puting. Sekali lagi, jangan lupa untuk menjaga diri, alam, juga tetap sopan serta tidak bertindak sembarangan, ya! Pesan paket tour ke Tanjung Puting
di sini.

Itinerary Tour Tanjung Puting

Leave a comment

Newsletter subscribe