January 31, 2024 2 min to read

Serba-Serbi Imlek: Suasana Ceria dan Tradisi Unik untuk Liburan Keluarga

Category : Culture, History, Product, Travel Tips

Setiap tahun, masyarakat Tionghoa merayakan Hari Raya Imlek dengan penuh kebahagiaan dan keseruan. Tidak hanya di negara asalnya, tapi juga di Indonesia, Imlek menjadi perayaan yang meriah dan dapat menjadi momen seru untuk berlibur bersama keluarga. Berikut serba-serbi keunikan Hari Raya Imlek yang bisa menjadi inspirasi liburan Via Vrens!

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini
  • Sejarah Perayaan

Hari Raya Imlek, juga dikenal sebagai Tahun Baru Tionghoa, telah dirayakan sejak Dinasti Han. Perayaan ini menjadi momen penyambutan musim semi dan tanda awal tahun baru. Merayakan Imlek bukan hanya tradisi Tionghoa, tapi telah menjadi perayaan global oleh komunitas keturunan Tionghoa di berbagai negara.

  • Makanan Khas Imlek

Banyak makanan khas yang dapat ditemui selama imlek, seperti kue keranjang, kue ku, dumpling, mi panjang umur, dan masih banyak lagi. Selama hari raya ini, meja-meja makan akan dipenuhi berbagai hidangan lezat dengan variasi rasa yang unik. Namun, ada bahan-bahan pokok yang wajib ada pada setiap meja. Bahan-bahan itu adalah ayam yang melambangkan persatuan dan kebahagiaan keluarga, ikan sebagai simbol keberuntungan dan kekayaan, mi yang melambangkan kemakmuran dan umur panjang, serta kerang yang mewakili keberuntungan.

  • Budaya Angpao

Cek dan Pesan Penerbangan ke Berbagai Destinasi Sekarang Juga di Sini!

Hari raya imlek juga begitu dinantikan oleh anak-anak atau bahkan orang dewasa yang belum menikah dari keturunan Tionghoa. Pada perayaan itu, mereka biasanya akan mendapatkan angpao atau berkat berupa uang. Memberikan angpao kepada yang belum menikah adalah tradisi penting. Angpao diharapkan membawa keberuntungan dan kesuksesan bagi penerimanya.

  • Tahun Naga Kayu

Tahun 2575 dalam kalender Tiongkok ini merupakan Tahun Naga Kayu. Menurut astrologi Tionghoa, Naga membawa keberuntungan dan kebijaksanaan. Di sisi lainnya, kayu melambangkan keberanian dan pertumbuhan. Dengan begitu, tahun yang baru ini diharapkan dapat mendatangkan keberuntungan yang baik serta bertumbuhnya hal-hal positif.

  • Perayaan dengan Lambang Khas

Tidak hanya dengan berkumpul bersama keluarga, menyantap makanan-makanan lezat, dan menerima atau membagikan angpao, imlek juga lekat dengan lambang-lambang khasnya. Imlek begitu lekat dengan lampion merah yang melambangkan kebahagiaan dan harapan untuk masa depan cerah. Selain itu, ada juga bunga-bunga sebagai lambang kemakmuran dan keberuntungan yang diharapkan mengalir sepanjang tahun. Jangan lupa, ada juga pertunjukan barongsai yang dipercaya sebagai usaha mengusir roh jahat penggangu ketentraman.

  • Ucapan Gong Xi Fa Cai

Dalam hari raya imlek, umumnya sesama kaum Tionghoa tidak mengucapkan, “selamat tahun baru.” Meski memang masih diucapkan dalam bahasa Tiongkok dengan bunyi “Xin Nian Kuai Le”, ucapan ini bukanlah yang utama. Hal utama yang akan diucapkan adalah “Gong Xi Fa Cai” yang berarti “Semoga Anda Sukses dan Kaya”. Ucapan ini merupakan doa untuk kemakmuran dan kekayaan sesama.

Vrens, manfaatkan momen Imlek untuk liburan bersama keluarga. Wujudkan liburan serumu dengan paket liburan menarik dari Via.com. Temukan promo menariknya hanya di via.id!

Cek berbagai update info dan promo menarik dengan klik di sini.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini (Akses lewat PC/Laptop)

Leave a comment

Newsletter subscribe