May 17, 2018 2 min to read

Sedang Traveling di Bulan Ramadhan? Simak Tips untuk Lancar Puasa saat Traveling!

Category : Destination, Holiday, Travel Hacks, Travel Tips

Marhaban yaa Ramadhan! Bulan paling suci untuk umat Muslim di seluruh dunia telah datang. Pada bulan ini, seluruh umat Muslim wajib menunaikan puasa, tentu saja termasuk kamu yang sedang traveling atau akan merencanakan untuk bepergian di bulan Ramadhan ini. Melakukan perjalanan sambil menahan haus, lapar, — bahkan emosi — hingga 12 jam sehari lamanya mungkin akan terasa challenging. Namun, berpuasa itu bukan penghalang aktivitas loh, apalagi untuk kamu yang gemar traveling, berikut Via akan kasih tips traveling saat berpuasa agar perjalanan dan ibadahmu berjalan lancar!

 

Perhatikan Kondisi Fisik dan Kuantitas Barang

Memastikan bahwa kamu dalam keadaan sehat untuk melakukan perjalanan adalah hal yang paling utama. Pasti nggak mau kan, traveling sambil sakit-sakitan? Untuk itu, sebaiknya kamu menyediakan multivitamin dan mempersiapkan fisik yang kuat untuk melakukan perjalanan di bulan puasa. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan barang bawaan kamu, jangan membawa barang terlalu banyak dan usahakan bawa seperlunya saja. Sebaiknya menghindari untuk membawa barang dengan jumlah yang banyak agar kamu tidak gampang pegal dan letih selama di perjalanan.

 

Catat Lokasi Masjid dan Restoran Halal selama Perjalanan

Berencana pergi ke luar kota atau di luar negeri? Untuk melakukan traveling di bulan puasa, sebaiknya kamu mencari tahu masjid terdekat yang bisa kamu kunjungi di tengah perjalanan nanti. Kamu bisa menggunakan aplikasi di smartphone untuk mencari masjid terdekat, selain itu, apabila kamu di daerah atau negara yang mayoritas non-muslim, sebaiknya cari tahu posisi restoran halal yang bisa kamu kunjungi untuk berbuka puasa atau membeli sahur. Kalau kamu sudah tahu masjid dan restoran halal dimana saja yang bisa kamu kunjungi seiring perjalanan, kamu akan sangat menghemat tenaga dan waktu juga Vrens.

 

Bawa Air Mineral dan Roti untuk Persiapan

Kondisi perjalanan memang selalu unpredictable. Bisa saja kamu sudah mempersiapkan untuk buka puasa di suatu tempat atau bahkan di penginapan, tapi jalanan malah crowded sampai kejebak macet. Untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini, sebaiknya kamu membawa air mineral dan roti atau biskuit di tas untuk berjaga-jaga, jadi kalau saat adzan maghrib berkumandang pun kamu masih di tengah perjalanan, kamu bisa membatalkan puasa dengan praktis deh.

 

Gunakan Tas yang Nyaman dan Ringan

Selain mengatur banyaknya barang bawaan, yang juga tidak kalah penting adalah memilih tas nya. Pilih tas travel yang nyaman dibawa, kuat namun tetap ringan. Tas yang nyaman dan ringan akan memudahkan mobilitas kamu sehingga energi kamu tidak habis dengan barang bawaanmu saja.

 

Jangan Skip Sahur / Buka Puasa

Sahur merupakan sumber tenaga untuk menjalani aktivitas sepanjang puasa. Apalagi, kamu akan melakukan perjalanan sambil berpuasa, sehingga sangat disarankan untuk tidak meninggalkan sahur. Melewatkan sahur bisa membuat kamu mudah lemas, apalagi kalau kamu akan ke luar negeri dengan jam puasa yang lebih panjang dibandingkan di Indonesia. Sebisa mungkin, usahakan untuk mencari dan menyetok makanan sahur dari supermarket terdekat. Buka puasa juga sama, jangan sampai dilewatkan, agar kamu tidak lemas dan bisa tetap fit sepanjang perjalanan.

Melakukan traveling sambil puasa memang akan terasa lebih challenging, namun dengan menjalani tips-tips ini semoga saja kamu bisa tetap menikmati perjalanan dengan bahagia dan tanpa kendala yaa Vrens. Kemanapun tujuan kamu, dengan via.com semua akan jadi lebih mudah. Pesan tiket pesawat, pesan kamar hotel, paket wisata hingga tiket kereta api semua bisa dilakukan dalam satu portal di via.id! Have a pleasant trip with Via.com, your travel partner!

Leave a comment

Newsletter subscribe