May 27, 2022 1 min to read

Panduan Berbelanja Bebas Pajak di Dubai

Category : Destination, Dubai Campaign, Holiday

Pelajari cara mengamankan pengembalian PPN turis untuk pembelianmu di mal-mal, butik, dan festival yang luar biasa di Dubai!

Klik di Sini dan Temukan Beragam Paket Liburan Dubai dari Via

Apa itu belanja bebas pajak?

Uni Emirat Arab memperkenalkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 5% pada tahun 2018, tetapi wisatawan masih dapat menikmati belanja bebas pajak. Pengembalian dana untuk PPN hanya tersedia untuk barang yang dibeli selama kamu masih berada di UEA yang akan diekspor.

Pengembalian uang tidak berlaku untuk hal-hal yang telah dikonsumsi – seluruhnya atau sebagian – di UEA, serta barang-barang yang tidak bersama turis saat meninggalkan negara tersebut.

Bagaimana saya bisa mengklaim pengembalian dana untuk belanja saya?

  • Saat berada di toko, mintalah pembelian “Bebas Pajak” (Tax Free purchase), berlaku untuk pembelanjaan minimum AED250.
  • Tunjukkan paspormu untuk dipindai dan digunakan pada sistem pembayaran.
  • Izinkan asisten toko untuk menempelkan label “Bebas Pajak” di bagian belakang tanda terima penjualan.
  • Isi formulir Bebas Pajak digital dan pastikan Via Vrens memvalidasinya saat keberangkatan.
  • Tag Bebas Pajak harus divalidasi dalam waktu 90 hari sejak tanggal pembelian.

 

Temukan Beragam Paket Liburan Seru Dubai untuk Kamu di Sini

Bagaimana barang-barangnya akan divalidasi?

  • Wisatawan perlu membawa barang dan tanda terima yang telah ditandai ke tempat validasi Bebas Pajak yang terletak di ketiga terminal di Bandara Dubai. Kamu perlu ingat untuk melakukan ini sebelum check-in untuk penerbangan dan sebelum melewati keamanan.
  • Ingatlah bahwa kamu mungkin memerlukan pemeriksaan validasi lebih lanjut dan diminta untuk menunjukkan barang untuk pemeriksaan, jadi rencanakan terlebih dahulu.
  • Setelah divalidasi, pilih metode pengembalian dana yang kamu inginkan.
  • Titik validasi Bebas Pajak juga tersedia di Pelabuhan Rasyid untuk penumpang kapal pesiar dan perlintasan perbatasan darat Oman – Hatta.

Apakah ada cara yang lebih cepat untuk mengamankan pengembalian uang?

Kalau kamu tidak punya banyak waktu, coba pergi ke salah satu kios swalayan Planet Payment di Dubai International (DXB) atau Bandara Internasional Al Maktoum di Dubai World Central (DWC). Kirim faktur pajak bersama dengan paspor dan kartu kreditmu kemudian kios akan memproses pengembalian uang secara otomatis. Tidak ada batasan jumlah yang diminta untuk ditransfer ke kartu kredit turis, tetapi pengembalian uang tunai dibatasi hingga AED10.000 per hari.
Segera rencanakan liburan seru di Dubai dan dapatkan paket spesial dari Via.com Indonesia dengan klik di sini. Jangan lupa pakai kode LETSGODUBAI untuk mendapatkan DISKON flat IDR 500K!

Temukan Beragam Paket Liburan Seru Dubai untuk Kamu di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe