March 21, 2022 1 min to read

Menyelami Warisan Budaya Lombok di Desa Sade

Category : Destination, History, Holiday

Lombok yang digadang-gadang sebagai “New Bali” memang memiliki pesona yang serupa dengan Pulau Dewata. Eksotisme alam yang bisa dinikmati, seperti laut, pantai, hingga pulau-pulaunya begitu cantik. Keindahannya pun memiliki ciri khas yang membuat Lombok memiliki tempat di hati pelancong sejati. Tak mau kalah dengan destinasi wisata unggulan lainnya, kawasan di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga ajak wisatawan untuk menyelami warisan budayanya.

Klik di Sini dan Temukan Beragam Promo Menarik dari Via

Buat Via Vrens yang ingin merasakan pengalaman liburan lain sekaligus menikmati keindahan budaya Lombok, kamu bisa mengunjungi Desa Sade. Desa ini adalah desa adat tempat bermukimnya penduduk suku asli Lombok, yakni Suku Sasak. Di desa ini lah kamu bisa menyaksikan secara langsung adat dan budaya yang masih dilestarikan dan terus digaungkan. Mulai dari rumah tradisional, upacara adat, hingga pertunjukkan dan produk kesenian bisa kamu saksikan di sini.

Memasuki kampung adat yang terletak di Desa Rembitan-Lombok Tengah ini Via Vrens akan disambut oleh warga Suku Sasak. Bangunan-bangunan rumah tradisional yang khas dan unik pun dapat segera kamu temukan. Rumah-rumah dibedakan berdasarkan fungsinya, yakni sebagai tempat tinggal kepala adat hingga penduduk biasa, sebagai tempat acara atau persidangan adat, dan yang terakhir sebagai tempat menyimpan hasil tani.

Dari Promo Penerbangan hingga Paket Liburan Seru Ada di Sini!

Jika beruntung, Via Vrens dapat menyaksikan pertunjukan kesenian Suku Sasak. Umumnya, wisatawan yang singgah ke Desa Sade dapat menonton gelaran Tari Perang yang dipertunjukan oleh pemuda-pemuda kampung. Konon, tarian ini dulunya merupakan uji ketangkasan untuk prajurit. Seni musik dengan alat-alat tradisional akan melengkapi tontonan menarik di kampung adat ini.

Di Desa Sade Via Vrens juga bisa melihat dan mendapatkan produk kesenian masyarakat asli di sana. Kain tenun, aksesoris dari mutiara, hingga pernak-pernik khas lainnya dijual dan diproduksi sendiri oleh masyarakat Sade. Proses pembuatannya pun dapat dilihat langsung dan hadir sebagai atraksi yang menarik sebagai pelengkapan penyelaman budaya Suku Sasak.

Kehadiran Desa Adat Sade di Lombok tentunya dapat melengkapi liburan wisatawan. Via Vrens pun rasanya perlu untuk singgah ke sini dan merasakan sensasi unik berinteraksi langsung dengan salah satu suku tertua di timur Indonesia. Kunjunganmu ke Desa Sade bisa berarti kamu ikut melestarikan budaya asli Lombok. Tertarik liburan ke sana?

Cek promo dan info terbaru dari Via dengan klik di sini.

Temukan Beragam Paket Liburan Seru untuk Kamu di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe