August 18, 2023 2 min to read

Membelah Langit: 6 Kisah Seru dan Unik Sejarah Penerbangan di Indonesia

Category : History, Travel Tips

Halo, Via Vrens! Siapa yang sudah menyiapkan koper untuk liburan naik pesawat? Sebelum itu, akan terasa lebih seru rasanya kalau kita mengulas kisah-kisah seru seputar penerbangan di Indonesia terlebih dahulu.

Cek dan Pesan Penerbangan ke DUBAI Sekarang Juga di Sini!

Ini da 6 kisah seru dan unik penerbangan di Indonesia!

  1. Titik Awal

Kembali ke tahun 1928, di saat kebanyakan orang masih meraba-raba apa itu pesawat, Koninklijk Nederlandsch-Indische Luchtvaart Maatschappij (KNILM) atau  Maskapai Penerbangan Kerajaan Hindia-Belanda memulai penerbangan pertama di Indonesia dengan pesawat Fokker. Bayangkan, betapa berdebarnya mereka—seolah-olah terbang ke dunia baru yang penuh misteri. KNILM adalah cikal bakal perjalanan udara di Indonesia dan saat itulah benih petualangan udara pertama kali ditanam.

  1. Pasca Kemerdekaan

Tahun 1949, Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan udara dengan meluncurkan maskapai nasionalnya, Garuda Indonesia. Sebagai simbol perjuangan bangsa, Garuda Indonesia mulai mengarungi langit dengan pesawat Dakota yang sekarang sudah menjadi ikon sejarah penerbangan.

  1. Era Kemajuan

Masuk era modern, akhirnya banyak bermunculan maskapai swasta meramaikan langit Indonesia. Lion Air yang mulai terbang pada tahun 2000 menjadi bintangnya. Dari Jakarta hingga Bali, dari Surabaya hingga Medan, setelahnya seakan tak ada lagi batasan untuk menjelajahi nusantara. Kini, destinasi yang jauh pun terasa dekat, cukup dengan tiket pesawat.

Ada Beragam Paket Liburan Seru ke DUBAI di Sini (Akses lewat PC/Laptop)
  1. Pertumbuhan Maskapai

Pada tahun 2010-an, maskapai-maskapai seperti Citilink, Batik Air, dan Sriwijaya Air mulai bersinar. Citilink, maskapai anak perusahaan Garuda Indonesia, menjadi pilihan murah meriah untuk traveler. Batik Air dengan layanan mewahnya juga membuat terbang semakin mengasyikkan. Begitu pula Sriwijaya Air yang membantu menghubungkan pulau-pulau di Indonesia. Memasuki era 2020-an pun masih muncul maskapai lama dengan semangat yang lebih fresh, sebut saja TransNusa dan Pelita Air.

  1. Infrastruktur dan Keselamatan

Demi keselamatan dan kenyamanan, bandara dan infrastruktur penerbangan terus ditingkatkan. Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Ngurah Rai misalnya, menjadi gerbang bagi jutaan penumpang setiap tahunnya. Regulasi serta prosedur keamanan yang ketat juga memberikan jaminan aman dalam penerbangan.

  1. Inovasi dan Digitalisasi

Sekarang, booking tiket pesawat bisa dilakukan dengan sekali klik di ponsel. Tentu saja, kamu tinggal kunjungi via.id saja! Selain itu, keseruan dan pengalaman terbang unik juga terus dihadirkan. Maskapai seperti AirAsia bahkan sudah merintis penerbangan tanpa awak! Betapa seru dan futuristiknya perjalanan udara saat ini, bukan?

Betapa bersyukurnya kita sebagai penumpang dan pengagum penerbangan dapat menikmati setiap momen unik dalam sejarah perjalanan udara Indonesia. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, siapkan tiketmu dan terbanglah ke destinasi impian!

Cek dan pesan penerbangan ke berbagai destinasi dengan penawaran menarik sekarang juga! Klik di sini.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe