July 28, 2020 2 min to read

MAU STAYCATION AMAN? IKUTI 5 TIPS BERIKUT

Category : Holiday, Travel Hacks, Travel Tips

Vrens, long weekend ini kamu udah punya rencana untuk staycation? Staycation merupakan liburan singkat yang dihabiskan di tempat yang dekat dari rumah atau masih di dalam kota, untuk menghabiskan akhir pekan atau sekedar melepas penat. Masyarakat biasanya menghabiskan staycation hanya dengan menginap di hotel dan menikmati fasilitas yang disediakan. Tapi, apa aman kalau kamu memutuskan untuk staycation di tengah pandemi? Selama kamu selalu menerapkan protokol kesehatan, staycation tetap bisa dilakukan dengan beberapa tips yang telah Via rangkum seperti berikut.

1. Pilih penginapan yang menerapkan protokol New Normal

Ini adalah hal utama yang harus kamu pikirkan sebelum membuat rencana staycation. Carilah hotel atau penginapan yang telah menerapkan protokol kesehatan di era New Normal atau bahkan hotel yang telah memiliki sertifikat pemenuhan standar kebersihan yang telah ditentukan oleh WHO dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Pastikan hotel memberikan set alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer, atau sarung tangan. Pastikan juga para staff disana menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker/face shield, menghindari kontak fisik, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan penginapan.

2. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat

Harus benar-benar diperhatikan bahwa kamu sedang dalam kondisi tubuh yang fit atau sehat. Meskipun hanya sekadar sakit flu atau batuk ringan, hindari untuk tetap memaksakan keluar rumah. Kesehatan dan keselamatan diri sendiri atau orang lain jauh lebih penting jika dibandingkan dengan menghabiskan waktu untuk staycation di luar ya, Vrens!

3. Bawalah barang-barang sendiri

Bawalah sendiri dari rumah barang-barang yang kiranya kamu akan gunakan pada saat staycation seperti peralatan makan, perlengkapan ibadah, peralatan mandi (handuk dll), perlengkapan sanitasi hingga vitamin. Penginapan memang akan menyediakan beberapa perlengkapan tersebut, namun tetap waspada adalah kunci utama jika kamu ingin staycation yang aman dan nyaman.

4. Hindari fasilitas umum

Meski kamu keluar rumah untuk menghilangkan rasa bosan telah berdiam di dalam rumah selama berbulan-bulan, namun hal ini tetap harus dipatuhi. Jangan menggunakan fasilitas penginapan seperti kolam renang, gym, sauna, atau spa yang digunakan untuk umum. Kamu bisa menghabiskan staycation di dalam ruangan kamar dengan me time atau sekedar berjalan-jalan di taman hotel namun tetap menghindari kerumunan orang dan selalu gunakan masker.

5. Pilih room service untuk makanan

Hindari untuk makan makanan di restoran hotel atau buffet. Pilihlah layanan kamar untuk memesan makanan sehingga kamu tidak perlu keluar kamar dan bertemu banyak orang. Jika kamu melakukan staycation di sebuah penginapan (villa) yang menyediakan dapur, kamu bisa membawa bahan makanan dan memasaknya sendiri sehingga kebersihan makanan lebih terjamin karena kamu sendiri yang membuatnya.

 

Lihat Promo Hotel Buy 1 Get 1 Di Sini

 

Leave a comment

Newsletter subscribe