April 18, 2017 4 min to read

Mau liburan hemat? Ini dia tips-tips nya!

Category : Travel Hacks, Travel Tips

Penat dengan rutinitas yang itu-itu aja? Liburan yuk! Siapkan segala perlengkapan traveling nya dan bersiap untuk berpergian! Menghabiskan liburan dengan keluarga, teman, bahkan pasangan dapat menjadi cara tersendiri untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Selain itu perlu tips-tips untuk mensiasati agar liburan Vrens terasa nyaman dan hemat biaya tentunya! Ada orang yang merasa bahwa liburan itu “menghabiskan uang”, well sebenarnya ini pemikiran yang salah Vrens! Liburan adalah memanjakan diri dengan mengunjungi beberapa tempat yang bikin bahagia, menyenangkan, dan bisa hemat juga kok. Vrens ingin berlibur yang menyenangkan, nyaman, dan hemat? Simak tips berikut!

  1. Survey Lokasi

Sebelum melakukan perjalanan, yang sangat penting untuk dilakukan adalah survey lokasi yang di kunjungi, dengan cara browsing di internet, baca buku, majalah, brosur dari agen travel atau referensi-referensi lain yang bisa Vrens temukan. Ini berfungsi untuk mengetahui tentang tempat, makanan, hiburan, budaya dan ada apa saja yang di wilayah atau Negara tersebut. Selain itu, mengetahui tentang biaya penginapan yang ada di sana sangatlah penting. Karena ini akan menentukan berapa banyak biaya yang akan Vrens keluarkan nantinya. Jika Vrens sudah survey, sekarang saatnya menghitung biaya yang diperlukan untuk berlibur disana dan mengkalkulasi biaya-biaya yang diperlukan.

Perjalanan Vrens akan jauh lebih hemat kalau sudah pesan tiket pesawat dan pesan kamar hotel dari jauh-jauh hari, apalagi kalau dapat promo.

  1. Lakukan Pemesanan Dari Jauh-Jauh Hari

Selain melakukan survey lokasi, lakukan pemesanan dari jauh-jauh hari. Yang paling pertama dilakukan adalah memesan tiket transportasi yang akan digunakan. Setelah melakukan pemesanan tiket, Vrens bisa menentukan penginapan sesuai dengan budget yang Vrens miliki. Biasanya jika pemesanan dilakukan dari lama sebelum hari H, Vrens akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah atau bisa mendapatkan penawaran-penawaran menarik lainnya selama berlibur. Vrens ngga usah khawatir! Di Via.com, Vrens bisa memesan semua yang Vrens butuhin untuk keperluan berlibur.

  1. Usahakan Jangan Pergi di Musim Liburan

Biasanya berwisata yang paling mahal adalah jika kita berpergian di musim libur panjang. Harga pada musim liburan atau dikenal dengan peak season biasanya cenderung melonjak dari harga normal. Peak season adalah suatu musim dimana kebanyakan orang dengan jumlah yang tidak sedikit membeli tiket, kebanyakan bertujuan untuk liburan. Biasanya peak season ini terjadi menjelang liburan dan menjelang ramadhan dan berlangsung hingga beberapa hari setelahnya. Hal ini merupakan strategi bandara untuk mencari income lebih dari season biasanya. Oleh karena itu pesanlah tiket pesawat selama low season. Karena Vrens bisa lebih leluasa pergi ketika bukan musim liburan karena sepi nya wisatawan. Coba deh Vrens cek di Via.com untuk harga yang super murah nya.

  1. Utamakan Kenyamanan Dari Pada Kemewahan

Lupakanlah liburan mewah jika ingin liburan hemat! Liburan hemat juga tetap menyenangkan selama cara-caranya tepat. Selalu utamakan kenyamanan, tempat tinggal, dan transportasi. Asalkan semua nyaman dan tenang pasti semua senang. Dan lebih menyenangkan lagi vrens bisa liburan murah, hemat, dan nyaman.

  1. Membawa Uang Tunai

Membawa uang tunai saat berpergian tentunya wajib dilakukan. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari. Lebihkan sekitar 30% untuk jaga-jaga. Dengan adanya budget awal, Vrens akan mendapat batasan dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu atau biaya tidak terduga. Sebaiknya jangan hanya mengandalkan ATM karena jika Vrens ada di pedesaan, ATM akan sulit ditemukan dan jika Vrens kehabisan uang, Vrens tidak akan kesulitan di tengah perjalanan nantinya. Selain itu, dengan membawa uang tunai, Vrens bisa mengatur pengeluaran yang ada, bisa belajar mandiri, belajar mengatur keuangan, dan juga dapat melihat langsung sisa uang yang telah dibelanjakan, sehingga Vrens bisa berhati-hati mengeluarkan uang dan tidak boros. Vrens cukup membawa uang tunai secukupnya yang sesuai dengan list yang di buat!

  1. Catat Pengeluaran Saat Liburan

Untuk yang satu ini Vrens tidak boleh lupa! Selalu catat pengeluaran apa saja yang dilakukan selama perjalanan. Sehingga nanti tahu seberapa besar dan seberapa banyak pengeluaran yang dilakukan oleh Vrens. Dengan begitu, Vrens bisa belajar bahwa jangan terlalu boros untuk melakukan perjalanan atau liburan yang hemat ini.

  1. Berbelanja

Belanja tentunya menjadi hal wajib dan favorit pada saat liburan. Meskipun begitu, belanja adalah hal yang harus Vrens hitung dengan terencana agar tidak terlalu banyak budget yang dikeluarkan untuk hal ini. Sumber pengeluaran yang paling terbesar saat melakukan perjalanan adalah biaya makan dan penginapan. Berbelanja juga bisa menjadi sumber pengeluaran terbanyak jika Vrens boros. Membeli oleh-oleh atau cinderamata sangat di anjurkan untuk mengenang moment ketika Vrens melakukan perjalanan ke beberapa tempat, tetapi jangan jadikan belanja sebagai prioritas bagi Vrens ya! Jika mau lebih hemat, berbelanjalah di pasar tradisional, menawar harga di pasar tradisional adalah hal yang wajar, gunakan keahlian Vrens untuk menawar harga terbaik. Sedikit tips untuk menawar: Tawarlah 50% dari harga awal. Tapi lihat juga dari kualitas dan harga awal barangnya, jangan sampai menawar keterlaluan karena itu sangat tidak di anjurkan.

  1. Manfaatkan Internet

Salah satu yang paling penting nih Vrens. Yap! Internet! Dalam dunia Traveling peran Internet amatlah besar. Karena dengan Internet kalian bisa mencari Info seputar tempat wisata yang akan atau sedang dikunjungi, Vrens juga bisa mencari referensi tempat-tempat menarik lainnya yang ada di sekitaran tujuan.

  1. Makan Di Kaki Lima

Makan di kaki lima sangat penting untuk mengganjal perut ketika terasa lapar. Vrens perlu melakukan hal ini untuk menghemat pengeluaran yang akan digunakan. Terutama di sekitar kawasan tempat-tempat wisata, terdapat banyak warung-warung ataupun lesehan yang tersedia dan tentu nya harga nya sangat terjangkau. Selain itu, belilah cemilan atau bahan makanan serta air mineral di minimarket, karna harganya akan jauh lebih efisien ketimbang kita membeli di tempat wisata. Sekarang sudah banyak berdiri minimarket-minimarket di kawasan obyek wisata. Atau bawalah bekal dari rumah. Vrens bisa membawa makanan dan minuman yang mudah dibawa dan tidak mengganggu perjalanan, seperti roti, snack, minuman sereal dan air mineral yang nantinya akan menghemat pengeluaran Vrens selama perjalanan.

  1. Berjalanlah atau Gunakan Kaki Jika Masih Memungkinkan

Datangi objek-objek wisata yang dekat dengan penginapan Vrens dengan berjalan kaki, selain hemat, berjalan kaki juga lebih sehat dan membuat kamu lebih menikmati perjalanan. Karena itu pesanlah penginapan yang strategis dan dekat dengan objek wisata yang ingin Vrens datangi, karena jika ingin berpindah dari obyek wisata satu ke yang lainnya, Vrens tidak akan memerlukan biaya lagi dan tidak membuang-buang biaya pengeluaran.

Leave a comment

Newsletter subscribe