June 20, 2017 2 min to read

Liburan Lebih Fleksibel, Atur Jadwal Liburan Senyaman-mu!

Category : Travel Hacks, Travel Tips, Uncategorized

Pernah gak sih saat kamu udah bikin planning liburan dari jauh-jauh hari taunya kamu harus batalin jadwal liburan karena bentrok sama sesuatu hal? Merencanakan liburan memang biasanya dilakukan dari jauh hari untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah atau tidak kehabisan kamar hotel dan sebagainya. Tapi terkadang ada kepentingan lain yang jadwalnya bentrok dengan waktu yang sudah kita siapkan untuk liburan, sehingga gak jarang kita malah rugi biaya tiket yang sudah dipesan. Mungkin dalam kondisi ini kamu akan membatalkan perjalanan kamu, tapi kini tak perlu khawatir lagi karena Via.com memberikan solusi dengan layanan reschedule dan refund!

 

Cara Reschedule

Cara untuk ganti jadwal penerbangan atau reschedule di Via.com nggak ribet, pertama kamu bisa langsung mengubungi tim Layanan Pelanggan (Customer Care) kami untuk melakukan perubahan jadwal penerbangan kamu. Setelah menginfokan FMNID yang kamu punya saat transaksi dan menginformaikan jam serta tanggal yang kamu inginkan, Tim Customer Care Via.com akan membantu kamu untuk mengubah tanggal perjalanan. Setelah pengajuan tanggal disetujui, kamu hanya perlu langsung membayar. Setelah tiket perjalanan kamu diubah jadwalnya, Layanan Pelanggan Via.com akan mengirimkan e-tiket baru ke email kamu. Namun, perlu kamu ingat bahwa terkadang maskapai menerapkan biaya untuk perubahan jadwal penerbangan.

 

Refund Tiket Pesawat

Jika kamu mau membatalkan perjalanan, kamu bisa mengurus proses pengembalian dana (refund) dengan mudah dan cepat. Untuk membatalkan perjalanan dan memproses refund, kamu bisa login ke portal Via.com dan masukkan nomor referensi Via.com (FMNID) dengan mengklik “Pemesanan Saya”. Setelah itu, pilih pemesanan yang ingin kamu batalkan. Setelah mengisi nomor referensi dan memilih batalkan perjalanan, kami akan memproses pembatalan pemesanannya. Opsi lainnya, kamu juga bisa membatalkan pemesanan secara offline dengan menghubungi tim Layanan Pelanggan (Customer Care) Via.com.

Untuk setiap pemesanan yang dibatalkan sebelum waktu keberangkatan, maka dana akan dikembalikan ke akun kamu dalam waku 24 jam. Namun jika pemesanan dilakukan melalui Kartu Kredit, dana akan masuk ke akun kamu dalam kurun waktu 3-7 hari kerja. Untuk mengetahui apakah refund sudah diproses atau belum, Via.com akan mengirimkan email pemberitahuan begitu dana dikembalikan ke rekening kamu. Kebijakan pengembalian dana berbeda-beda dari tiap maskapai.

 

Fare Rules

Perhatikan juga fare rules yang berlaku, di masing-masing maskapai biasanya berbeda-beda. Contoh fare rules dari Garuda Indonesia, jika kamu membatalkan pemesanan, kamu dikenakan rebooking fee. Untuk biaya pembatalan, kamu free of charge kalau pembtalan lebih dari 72 jam sebelum pemberangkatan, atau 48-72 jam sebelum keberangkatan. Pembatalan 12-48 jam sebelum keberangkatan dikenakan charge 25% sampai 50%, tergantung peak/low season. Pembatalan kurang dari 4 jam atau no show biaya refundnya 90%.

Nah, berlibur semakin aman, mudah, dan praktis kan dengan Via.com? Dengan adanya layanan reschedule dan refund dari Via.com, kini kamu bisa atur jadwal liburan tanpa harus takut bentrok jadwal lagi. Pesan tiket pesawat buat liburan pun lebih tenang meskipun dari jauh-jauh hari.

Leave a comment

Newsletter subscribe