December 12, 2017 3 min to read

Kulineran di Lombok, Nusa Tenggara Barat? Ini dia 6 Makanan Wajib Dicoba!

Category : Culinary, Destination

Mengunjungi tempat wisata di daerah Nusa Tenggara Barat, kalau tanpa kuliner-an pasti terasa hambar deh Vrens. Banyak yang mengagumi keindahan alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang membuat wisatawan yang mengunjungi dari berbagai negara. Mungkin sebelum berpergian untuk kesana kamu sudah menentukan tempat-tempat wisatanya, tapi ada baiknya untuk tahu terlebih dahulu kuliner di Lombok yang wajib kamu cicipi, sayang sekali jika sampai terlewatkan. Yuk langsung disimak aja makanan khas Lombok, berikut daftarnya:

  1. Ayam Taliwang
source: migrationology.com

Siapa yang ngga tahu ayam taliwang? Makanan khas Lombok ini udah terkenal banget loh Vrens! Ayam yang dibumbuin rempah-rempah bawang merah, bawah putih, terasi goreng, cabe, tomat, gula merah, dan garam itu dimasak dengan cara dibakar atau digoreng, sesuaikan aja sama selera kamu. Ayam Taliwang akan terasa lebih enak jika dimakan bersama nasi hangat dan sambal khas Lombok. Tenang saja Vrens, disana banyak warung yang menyajikan menu Ayam Taliwang ini, jadi kamu tidak usah khawatir untuk kesulitan menemukan menu makanan ini.

  1. Plecing Kangkung
source: wartantb.com

Makanan khas Lombok Barat yang satu ini juga sudah cukup terkenal. Jika kamu penyuka sayur ataupun seorang vegetarian, Plecing kangkung menjadi makanan yang tepat. Makanan ini berbahan dasar sayuran jenis kangkung Lombok yang memiliki ukuran dan tekstur yang lebih besar daripada kangkung lainnya. Plecing kangkung merupakan kangkung yang direbus kemudian disajikan saat sudah dingin dan diberi sambal tomat yang dibuat menggunakan cabai rawit, terasi, garam dan tomat. Biasa Plecing Kangkung dimakan dengan sepiring nasi dan sate rembige. Kamu bisa banget kuliner-an di Lombok untuk liburan akhir tahun 2017 nanti, dan dari sekarang sudah mencari paket tour murah, biar liburan praktis.

  1. Nasi Balap Puyung
source: nasibalap.blogspot.co.id

Selain kamu mengunjungi tempat wisata di Nusa Tenggara Barat, kuliner Nasi Balap Puyung harus menjadi menu makanan kamu. Satu porsi Nasi Puyung biasanya terdiri dari campuran sambal daging, biji kedelai goreng, kentang goreng kremes, dan juga nasi putih. Nasi Balap Puyung terkenal akan rasa pedasnya dan keunikan rasa bumbu khas Suku Sasak. Gimana Vrens, sudah tentukan tanggal untuk liburan akhir tahun 2017 nanti belum?

  1. Sate Bulayak
Source: www.goodindonesianfood.com

Calling all the satay lovers! Biasanya kalau sate itu berbahan dasar ayam atau kambing, tapi Sate Bulayak ini merupakan sate sapi yang dimasak dengan bumbu khas Lombok yang dimakan dengan bulayak  atau juga yang kita kenal dengan lontong, lalu disiram dengan bumbu sate yang terbuat dari kacang tanah sangrai yang ditumbuk lalu direbus dengan santan serta beberapa bumbu lain. Duh bikin ngiler banget ya Vrens!

  1. Sate Pusut
source: aline-aline-aline.blogspot.co.id

Sate pusut merupakan makanan khas Lombok yang populer. Sebenarnya sate ini sama dengan sate-sate pada umumnya yang menggunakan daging sapi, kambing atau ayam dan disiram dengan bumbu kacang. Namun, yang membedakan adalah jika sate biasanya menusukkan tusukan pada daging yang telah dipotong kecil-kecil sedangkan pada sate pusut, dagingnya disajikan dengan cara dililitkan pada tusuk sate dan dicampurkan dengan serpihan kelapa. Dan sate ini cenderung gurih dibanding manis.

  1. Cerorot
source: linda.e-pustaka.com

Dan yang terakhir jajanan khas Lombok, yaitu Cerorot. Jajanan ini biasa disajikan pada acara pernikahan atau upacara adat suku Sasak yang berada di Desa Sade Rambitan. Rasanya terbilang manis dan teksturnya lentur, jadi kamu harus sedikit lebih berhati-hati saat memakannya, supaya tidak jatuh ke lantai. Daripada hanya bisa berkhayal, liburan ke Lombok yuk, agar bisa cicip langsung kuliner khas Lombok, sekarang udah banyak banget paket wisata murah, jadi gak perlu ribet-ribet untuk kesini.

Well, Vrens, itulah beberapa kuliner khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang recommended buat kamu cicipi. Sayang banget kalau sampe kamu sampai tidak cicip makanan-makanannya, karena mungkin kamu belum tentu bisa menemukan kuliner tersebut di tempat lain. Nah,dari sekarang bisa kamu persiapkan rencana liburan ke Lombok.  Apalagi jaman sekarang Traveling sangat dipermudah, bisa langsung booking tiket pesawat melalui via.com atau download aplikasi Via di smartphone kamu. Hanya dengan via.com, dapatkan harga tiket pesawat murah, dan tentukan waktunya! Let’s holiday with via.com, your travel partner! Selamat kulineran dan liburan!

 

Leave a comment

Newsletter subscribe