March 7, 2023 1 min to read

Komodo Dragon, Biawak Terbesar di Dunia Sang Raja di Flores

Category : Destination, History, Holiday

Via Vrens mungkin sudah sering mendengar tentang komodo dragon yang bisa dikunjungi di Taman Nasional Komodo dari Labuan Bajo. Hewan endemik dari Flores ini merupakan reptilia besar yang tinggal di hutan dan memiliki bobot di atas rata-rata reptilia lainnya. Kini, status hewan satu ini dilindungi dan dibatasi untuk kegiatan wisata. Buat Via Vrens yang penasaran, simak informasi berikut!

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Komodo Dragon adalah spesies biawak asli Indonesia. Hewan endemik ini bermukim di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Padar. Mereka adalah kadal terbesar di dunia, tumbuh hingga 10 kaki atau 3 meter panjangnya dan beratnya mencapai 150 pound atau setara dengan 70 kilogram.

Komodo adalah karnivora dan makanan mereka terdiri dari berbagai hewan, seperti rusa, babi, kerbau, dan bahkan sejenis biawak lainnya. Hewan endemik Indonesia ini dikenal dengan rahangnya yang kuat dan giginya yang tajam. Keunggulan itu mereka gunakan untuk menggigit dan mencabik-cabik mangsanya. Komodo juga memiliki gigitan berbisa yang dapat menyebabkan mangsanya menjadi lemah dan mati secara perlahan.

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!

Selain kemampuan-kemampuan tersebut, komodo juga terkenal dengan keahlian mencium mangsa dari jarak jauh. Jarak penciumannya bahkan bisa mencapai selapan kilometer atau sekitar lima mil jauhnya. Komodo juga merupakan perenang yang sangat baik dan bahkan bisa menyelam hingga 15 kaki atau 4,5 meter di bawah air untuk menangkap mangsanya.

Komodo diklasifikasikan sebagai spesies yang rentan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) karena hilangnya habitat, perburuan, dan konflik manusia-satwa liar. Namun, upaya perlindungan sedang dilakukan untuk menjaga komodo, termasuk program konservasi, pendidikan dan kampanye kesadaran, serta undang-undang dan peraturan yang ketat tentang perdagangan dan perburuan mereka.

Meski begitu dilindungi, komodo tetap bisa dilihat dari jarak yang cukup dekat. Via Vrens bisa berkunjung ke taman konservasi Taman Nasional Komodo yang dapat diakses dari Labuan Bajo. Dengan mengunjunginya, kamu bisa ikut melestarikan kebaradaan komodo di Indonesia.

Yuk, jalan-jalan lagi! Cek update info dan promo dari Via dengan klik di sini.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe