May 9, 2018 7 min to read

#KENALIDESTINASI: HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM BERLIBUR KE MANILA

Category : Destination

Manila. Ibukota dari negara tetangga kita, Filipina ini pamornya memang tak sepopuler kota-kota lainnya di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Kuala Lumpur, atau Bangkok. Namun, tak ada salahnya jika kamu ingin mencoba untuk berlibur ke kota yang secara suasana mirip-mirip sama ibukota kita tercinta, Jakarta ini. Apalagi, rekam jejak sejarah Filipina sebagai tanah jajahan Spanyol membuat kota Manila banyak dihiasi oleh bangunan-bangunan peninggalan negeri Matador tersebut, utamanya bangunan gereja hingga kawasan Intramuros yang terkenal itu, sehingga ketika kamu berada di manila, sedikit-sedikit kamu akan merasa seperti sedang berada di Spanyol! Nah, sebelum kamu berangkat liburan ke Manila, ada baiknya ketahui dulu hal-hal berikut ini agar momen liburan di Manila nanti jadi menyenangkan.

BAGAIMANA CARA KE MANILA?

Source: Google

Filipina dan Indonesia sama-sama berada di wilayah Asia Tenggara sehingga untuk mencapai sana pun tidak butuh waktu yang begitu lama. Biasanya, perjalanan dari Jakarta menuju Filipina akan memakan waktu sekitar 4 jam lewat jalur udara. Gerbang utama negara ini yaitu Bandara Internasional Ninoy Aquino yang ada di Manila. Setelah mendarat, kamu bisa menggunakan jasa angkutan taksi untuk menuju pusat Kota Manila. Perjalanan dari bandara ke pusat kota memakan waktu sekitar 1 jam.

APA SAJA YANG HARUS DIPERSIAPKAN SEBELUM BERKUNJUNG KE MANILA?

Dokumen-dokumen Pendukung dan Uang

Karena Filipina dan Indonesia sama-sama merupakan negara anggota ASEAN, maka aturan bebas visa pun berlaku bagi warga dari kedua negara, asal tidak melebihi batas lama kunjungan yang diizinkan. Untuk Filipina, batas maksimal lama kunjungan bebas visa bagi wisatawan asal Indonesia dan negara ASEAN lainnya adalah 21 hari. Dengan begitu, kamu cukup mempersiapkan paspor yang masih aktif hingga setidaknya 6 bulan setelah masa kunjungan kamu. Jangan lupa juga untuk terlebih dahulu menukar uang Rupiah kamu dengan mata uang Philippine Peso. Ada baiknya hal ini kamu lakukan ketika masih berada di Indonesia, agar ketika sampai disana tidak perlu repot-repot lagi mencari money changer. 

Pesan Tiket Pesawat dan Kamar Hotel Melalui Aplikasi Travel Daring

Memesan tiket pesawat dan kamar hotel dari jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan jadi hal berikutnya yang harus kamu lakukan. Ini agar kamu tidak terburu-buru nantinya sehingga semuanya dapat terencana dengan baik. Pun, memesan tiket pesawat dan kamar hotel dari jauh-jauh hari lebih memungkinkan  kamu untuk mendapatkan berbagai promo menarik. Terkait promo tiket pesawat ataupun promo hotel, kamu bisa kunjungi situs via.com yang memang secara rutin menghadirkan promo tiket pesawat dan kamar hotel untuk berbagai destinasi, baik domestik maupun internasional.

Untuk melakukan reservasi tiket pesawat maupun kamar hotel, buka situs via.id, kemudian cari penerbangan dengan memasukkan kota asal dan kota tujuan di kolom yang telah disediakan. Kamu juga bisa mengatur range harga sesuai budget yang kamu miliki. Setelah itu, daftar maskapai pun akan muncul. Cara yang sama dapat kamu gunakan untuk melakukan pemesanan kamar hotel.

Susun Itinerary

Kota Manila memiliki banyak spot wisata menarik untuk dikunjungi. Oleh karena itu, kamu perlu membuat suatu rencana perjalanan (itinerary) agar tujuan kamu jelas sehingga semua tempat wisata di Manila bisa didatangi tanpa membuang-buang waktu. Nah, bicara tentang tempat-tempat wisata di Manila yang wajib untuk dikunjungi, ini dia rekomendasi tempat wisata di Manila yang bisa kamu masukkan kedalam itinerary:

  • Intramuros
Source: Google

Sebagaimana telah dijelaskan di awal, dahulu wilayah Filipina merupakan area jajahan Spanyol. Sisa-sisa kekuasaan negara di Benua Eropa ini pun masih bisa kita nikmati dalam bentuk bangunan-bangunan yang sebagian besar merupakan bangunan gereja Katolik. Adalah Intramuros, sebuah distrik yang kalau di Jakarta itu semacam ‘Kota Tua’. Intramuros menawarkan suasana khas Spanyol lengkap dengan berbagai bangunan-bangunan tua ber-arsitektur Eropa Klasik yang difungsikan sebagai gereja, sekolah, pertokoan, restoran, hingga rumah tinggal. Intramuros dibatasi oleh tembok-tembok tinggi yang “mengisolasinya” dari hiruk-pikuk kota Manila. Ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan di dalam Kota.

  • Binondo
Source: Google

Sama halnya seperti di Singapore, Kuala Lumpur, dan Jakarta, Manila pun punya kawasan Pecinan atau Chinatown. Adalah Binondo yang usut punya usut, ternyata merupakan Chinatown pertama di dunia! Disini, kamu bisa melihat kesibukan warga sekitar mulai dari berjualan makanan dan minuman serta pernak-pernik lainnya dalam nuansa khas Tiongkok yang meriah.

  • Gereja Quiapo
Source: Google

Gereja Quiapo pernah mengalami musibah kebakaran, sehingga bangunan yang saat ini berdiri merupakan hasil rekonstruksi, sedangkan struktur aslinya sudah habis dilalap si jago merah. Kendati demikian, Gereja Quiapo tetap menjadi magnet bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Manila. Satu hal yang menarik dari Gereja ini ialah Black Nazarene, yakni patung Yesus Kristus berwarna hitam. Di sekitar Gereja Quiapo Manila juga terdapat pasar yang menjajakan berbagai pernak-pernik, juga aneka makanan dan minuman.

  • Rizal Park
Source: Google

Rizal Park merupakan sebuah taman terbuka di tengah-tengah Kota Manila yang juga menjadi salah satu destinasi wisata wajib jika berkunjung ke negara ini. Dahulu, lokasi ini menjadi saksi gugurnya Jose Rizal, tokoh pergerakan rakyat Filipina pada masa penjajahan dulu, selepas dieksekusi mati oleh pemerintah kolonial Spanyol. Jose Rizal merupakan Pahlawan Nasional Filipina dan hari ketika ia gugur pun ditetapkan sebagai hari libur nasional. Dibalik kisahnya yang kelam, Rizal Park ini menyajikan suasana yang santai untuk kamu sekedar berkeliling atau duduk-duduk sambil bercengkerama dan menikmati camilan.

  • Fort Santiago
Source: Google

Sebelum dieksekusi, Jose Rizal sempat ditahan terlebih dahulu di Fort Santiago ini. Dengan arsitektur khas Eropa, Fort Santiago yang dulu juga berfungsi sebagai benteng pertahanan juga wajib kamu datangi ketika sedang berada di Manila, karena selain memiliki nilai historis, tempat ini juga instagrammable. Pun, di tempat ini juga sering diadakan pertunjukan teater.

  • Makati
Source: Google

Kalau di Jakarta ada SCBD, maka di Manila ada Makati. Ya, ini dia destinasi wisata Manila lainnya yang bisa kamu kunjungi. Makati memberikan nuansa yang berbeda dengan daerah-daerah lainnya di Manila. Sebagai kawasan bisnis, kesan modern dan maju lengkap dengan deretan gedung-gedung perkantoran menjadi lanskap dari Makati ini. Disini kamu bisa berjalan santai dengan berlatarkan hutan beton dan ramainya lalu lintas kendaraan. Sejumlah pusat perbelanjaan atau Mall juga bisa kamu singgahi untuk berbelanja atau mengisi perut, semisal The Greenbelt.

  • Manila Bay
Source: Google

Puas berkeliling Kota Manila, saatnya rehat sejenak. Kamu bisa datang ke Manila Bay saat senja tiba. Disini, kamu bisa duduk-duduk santai sambil menikmati matahari terbenam. Sejumlah kafe dan  restoran pun siap memanjakan lidah kamu dengan beragam menu khas Filipina yang disediakan seperti “Sisig” dan “Es Halo-halo”. Pun, alunan live music makin menambah suasana nyaman.

  • Dampa Seafood Market
Source: Google

Selain wisata ke tempat-tempat bersejarah maupun wisata belanja, wisata kuliner juga jadi agenda wajib dari setiap acara liburan kita baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Nah, ketika kamu sedang berlibur ke Kota Manila, ada satu tempat yang khusus menawarkan ragam hidangan laut, yakni Dampa Seafood Market. Disini, kamu bisa memilih sendiri hewan laut yang ingin kamu santap, setelah itu kamu tinggal membawanya ke restoran-restoran yang tersedia untuk  minta dimasakkan sesuai dengan bumbu pilihan kamu. Mirip-mirip seperti kawasan Pasar Ikan kalau di Jakarta.

KAPAN WAKTU TERBAIK UNTUK MENGUNJUNGI MANILA?

Filipina memiliki iklim yang sama dengan Indonesia, ada kalanya negara ini mengalami musim hujan dan kemarau. Bulan Januari hingga Mei merupakan waktu terbaik jika kamu ingin berkunjung ke Filipina khususnya Manila, karena di rentang waktu tersebut, Filipina sedang mengalami musim kemarau sehingga tidak akan menghambat agenda kita untuk berkeliling Kota Manila.

APA SAJA PILIHAN TRANSPORTASI DI MANILA?

Source: Google

Selain taksi, kamu juga bisa memanfaatkan sejumlah pilihan transportasi umum di untuk menunjang mobilitasmu selama berada di Kota Manila, yakni MRT, bis kota, dan  tentu saja Jeepney yang ikonik itu.

BAHASA APA YANG DIGUNAKAN DI MANILA?

Bahasa yang digunakan oleh masyarakat Filipina ialah bahasa Tagalog, Inggris, juga Spanyol. Bahkan, kemampuan Bahasa Inggris masyarakat Filipina diklaim sebagai salah satu yang terbaik di Asia. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan sulit berkomunikasi dengan warga sekitar.

HAL YANG BOLEH/TIDAK BOLEH DILAKUKAN

Sayangnya, tingkat kejahatan di Filipina, termasuk Kota Manila pun tergolong tinggi. Ini tentu saja harus kamu waspadai. Perhatikan selalu barang bawaan kamu, baik saat tengah berjalan maupun saat berada di transportasi umum seperti MRT dan bus. Selain itu, ketika kamu hendak mengunjungi gereja, kuil, atau rumah ibadah lainnya, disarankan untuk memakai pakaian yang sopan.

Itu dia beberapa informasi yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke Kota Manila di Filipina. Kearifan budaya lokal dalam bentuk bangunan hingga kuliner, berpadu dengan modernitas tentunya menjadikan Manila sebagai kota yang juga asyik untuk dikunjungi. Jadi, sudah siap untuk berkeliling di Manila? Pesan tiket pesawat ke Manila di via.id dan dapatkan penawaran terbaik khusus untukmu.

 

Pesan Tiket Pesawat Disini

 

 

 

 

 

 

Leave a comment

Newsletter subscribe