August 4, 2023 4 min to read

Jelajahi Pesona Dubai Klasik: 4 Aktivitas Liburan Seru bersama Keluarga

Category : Culture, Destination, Dubai 2023, Dubai Campaign, History, Holiday, Travel Tips

Dubai dengan kemewahan modernnya nyatanya bisa hadirkan petualangan klasik. Kota di Uni Arab Emirat ini punya sisi budaya yang autentik. Akar tradisi dan pesona masa lalu di sana masih hidup dan dilestarikan. Kalau Via Vrens seorang traveler yang ingin menggali pengalaman unik di Dubai, jangan lewatkan 4 petualangan ini!

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini
  • Kembali ke Masa Lalu di Kawasan Tradisional

Mulailah petualanganmu dengan perjalanan waktu ke masa lalu Dubai di kawasan tradisional yang terletak di tepian Dubai Creek. Dulunya, kawasan ini merupakan pintu masuk ke pelabuhan penyelaman mutiara paling ramai di Teluk. Kejayaan Creek yang legendaris masih terasa hingga saat ini dengan para nelayan dan pedagang saling berpapasan di atas air tenang dengan kapal tradisional mereka.

Di tepi sungai ini Via Vrens bisa temukan bukti nyata Arab Kuno, yakni kawasan Al Fahidi Historical Neighbourhood. Bangunan-bangunan dari gypsum dan karang ini telah dipugar dengan cermat hingga mengembalikan kejayaan aslinya. Ada pula menara angin ikonik yang menciptakan siluet kontras dengan lanskap modern Dubai.

Kawasan ini menjadi rumah bagi beberapa harta budaya terbaik kota. Kamu gak boleh melewatkan Al Fahidi Fort yang secara resmi dibangun pada tahun 1781, bangunan atau benteng tertua di kota ini. Kalau mau menjelajah lebih jauh, ada XVA Art Gallery yang menampilkan karya-karya Arab kontemporer dan Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum Centre for Cultural Understanding (SMCCU) yang akan mengajakmu mempelajari lebih lanjut tentang tradisi Emirati.

Pilihan lainnya adalah bus berwarna merah cerah dan dirancang seperti ‘majlis’ atau ruang tradisional untuk menjamu tamu. Nama bus ini adalah Heritage Express dan mengundangmu untuk lebih menjelajah lebih dalam kehidupan lokal dengan melewati jalan-jalan tua.

Di Al Fahidi ada banyak kafe-kafe dan tempat makan yang menawarkan hidangan lezat. Untuk merasakan cita rasa otentik masakan Emirati, kunjungi Arabian Tea House atau singgah di Coffee Museum untuk mempelajari sejarah kopi sambil menikmati campuran lokal yang istimewa.

  • Pertemuan Tradisi dan Modernitas di Al Seef Dubai

Kalau Via Vrens berjalan menyusuri tepi Dubai Creek, kamu akan menemukan Al Seef. Kawasan ini merupakan contoh bagaimana pesona masa lalu dan masa kini menyatu secara harmonis di Dubai. Merepresentasikan kedua sisi kota, distrik ini membentang sepanjang 1,8 km di sepanjang tepian sungai dan memiliki fasad modern yang berkilauan di satu ujung dan kilasan masa lalu di ujung lainnya. Untuk menambah sensasi seru, kawasan ini pun dilengkapi dengan gang-gang berliku dari batu dan struktur gypsum.

Cek dan Pesan Penerbangan ke DUBAI Sekarang Juga di Sini!

Setelah berjalan-jalan untuk menikmati latar menakjubkan ini, luangkanlah waktu untuk berbelanja gaya tradisional di souk. Kawasan ini salah satu tempat terbaik di Dubai untuk mendapatkan cinderamata unik, seperti minyak wangi Arab dengan toko-toko khusus yang menjual kreasi berbasis oud dan campuran baru yang dijamin mengesankan.

Jika sudah merasa lapar, ada banyak pilihan untuk bersantap sambil beristrihata. Misalnya, ada Al Fanar Seafood Market dengan pemandangan sungai indah dan perahu dhow yang sedang berlayar serta sajian khas Emirati tradisional.

  • Berbelanja di Deira

Adakah simbol Arab klasik yang lebih ikonik daripada souk terkenal Dubai? Sejak awal kelahirannya, Dubai telah menjadi destinasi pedagang dari negara tetangga yang berlayar untuk menjual barang dagangan mereka. Kini, Via Vrens bisa menemukan masih banyak penjual emas, minyak wangi, dan tekstil di pasar-pasar legendaris di Deira.

Kamu akan disambut dengan wangi-wangi khas yang memanjakan indera dari Spice Souk. Pasar klasik ini begitu hidup dengan warna-warni cerah dan aroma rempah-rempah berharga di dunia. Di sini, stan-stan dipenuhi dengan rempah-rempah, herbal, dan bumbu terkenal. Kamu bisa membeli paket zaatar atau campuran herba berbasis thyme yang populer di Dubai sebagai campuran roti dan daging. Selain itu, kurma-kurma terkenal Dubai juga tak boleh kamu lewatkan.

Vrens, ingatlah kalau souk biasanya akan tutup untuk istirahat makan siang yang panjang. Jadi, ada baiknya kamu berkunjung pada sore atau petang menuju malam hari.

  • Pengalaman Unik di Al Shindagha

Sensasi berbelanja oleh-oleh dengan pengalaman menyusuri sejarah bisa kamu nikmati di Al Shindagha. Destinasi ini adalah salah satu lingkungan tertua kota yang saat ini kembali merasakan kegemilangan. Pengunjung yang ingin menjelajahi jalan yang jarang dilalui akan mendapatkan sejumlah destinasi bersejarah, seperti kediaman resmi Sheikh Saeed Al Maktoum, yakni mantan penguasa Dubai dan kakek dari penguasa saat ini yang bangunan awalnya dibangun pada tahun 1896.

Di dekatnya ada Al Shindagha Museum yang mengisahkan asal-usul pelayaran kota dengan detail yang mengesankan. Ada juga Saruq Al-Hadid Archaeological Museum dengan pameran-pameran dari Zaman Besi yang baru-baru ini digali dari sebuah situs di gurun Dubai. Kalau mau jelajah lebih dalam dan berbeda, ada beberapa museum dengan pesona budaya lainnya yang tersembunyi di distrik ini. Untuk itu, kamu perlu waktu lebih lama untuk menjelajah dan melihat Dubai dari sudut pandang yang lain.

Yuk, rencanakan liburan bersama keluarga di Dubai dan nikmati campaignKIDS-GO-FREE” untuk berbagai penawaran dan atraksi! KLIK DI SINI untuk penerbangan! Atau, temukan Paket Liburan Dubai khusus dari Via.com Indonesia dengan mengklik DI SINI dan dapatkan diskon flat Rp 500.000 dengan menggunakan kode: LETSGODUBAI.

Ada Beragam Paket Liburan Seru ke DUBAI di Sini (Akses lewat PC/Laptop)

Leave a comment

Newsletter subscribe