November 9, 2017 3 min to read

Jelajah 5 Wisata Alam dan Sejarah Terbaik di Jambi

Category : Destination, Holiday

Kamu butuh liburan? Liburan ga harus selalu mengeluarkan banyak kok. Banyak wisata yang sangat menarik di dalam negeri, apalagi Indonesia terkenal dengan kekayaan alam, serta flora dan faunanya. Nah, Jambi bisa loh menjadi opsi yang tepat untuk kamu, karena disana banyak terdapat destinasi alam dan sejarah yang bisa kamu kunjungi, Vrens. Jambi sendiri merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera dan merupakan salah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukotanya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo. Nah, pasti kamu udah penasaran kan, mau tau dimana aja? Yuk disimak aja

  1. Taman Kerinci Seblat
SOURCE: GOOGLE

Kenapa kamu harus kesini? Karena Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Taman Nasional ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO lho! Dibandingkan dengan taman nasional lainnya yang ada di Indonesia, taman nasional ini memiliki koleksi satwa-satwa endemik langka lebih banyak dari yang lainnya.

Di taman nasional ini, kamu bisa menikmati keindahan hutan hujan tropis Indonesia disertai dengan berbagai macam satwa liar yang sangat dilindungi karena sudah hampir punah. Tidak hanya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup tapi juga pesona Gunung Kerinci dan Danau Kerinci yang semakin menambah kesan asri. Untuk kesini kamu bisa lewat daerah Sumatera Barat, dari Solok Selatan, lalu dari  daerah tersebut kamu dapat memanfaatkan beberapa jasa pengangkutan.

2. Danau Gunung Tujuh

SOURCE: GOOGLE

Danau yang sangat indah ini memiliki nama Danau Gunung Tujuh Kerinci, yang keberadaannya dikelilingi tujuh gunung, dan letaknya cukup tinggi dengan ketinggian 1.950 mdpl serta dijuluki “Danau Para Dewa” . Selain itu danau ini menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara dan menjadi danau terbesar kedua setelah Danau Toba.

Danau ini berlokasikan di Desa Pelompek Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi, dengan jarak ± 56 km dari Sungai Penuh. Untuk sampai kesini, berangkat dari pusat kota Jambi memakan waktu 3,5 jam perjalanan, rute yang harus ditempuh adalah menuju Desa Pelompek, di desa inilah kamu bisa menemukan Gerbang Masuk Taman Nasional Kerinci, sesampainya di depan pintu gerbang kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi.

3. Gunung Kerinci

SOURCE: GOOGLE

Gunung Kerinci salah satu gunung api dengan ketinggian 3.805 mdpl dan menjadi gunung tertinggi di se Asia Tenggara. Sekelilingnya adalah hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dan juga masuk dalam bagian dari pegunungan Bukit Barisan di Kabupaten Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi. Gunung api yang masih aktif ini terletak di area perbatasan provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Destinasi gunung ini menjadi salah satu tujuan wisata yang tepat kamu kunjungi saat berada di Jambi, apalagi buat kamu yang menyukai alam.

4. Candi Muaro Jambi

SOURCE: GOOGLE

Siapa yang menyangka candi ini bukan di Indonesia? Dari bentuknya seperti bukan dari Indonesia ya, Vrens. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Tempat wisata candi ini menjadi komplek candi terluas di Indonesia. Salah satu hal yang harus diketahui adalah, pada tahun 2009 candi dengan berupa susunan batu bata ini ditetapkan UNESCO menjadi salah satu situs warisan dunia yang harus dilindungi keberadaanya. Namun disayangkan, candi Muaro Jambi ini bukan ditemukan oleh pribumi, melainkan orang Inggris yang bernama S.C Crooke yang  merupakan seorang letnan, pada tahun 1820. Dan dilokasi yang sama diketahui bahwa masih ada 61 candi yang masih terkubur dibawah tanah.

5. Danau Kaco

SOURCE: GOOGLE

Danau yang sangat memiliki air sejernih kaca ini terletak di Kerinci, Jambi. Luas danau sekitar 90 meter persegi dan belum ada yang mengetahui kedalaman danau tersebut. Uniknya, pada malam hari danau ini memancarkan cahaya yang sangat indah, dan akan memancarkan cahaya lebih pada saat bulan purnama, sehingga jika kamu kesana pada malam hari kamu tidak lagi perlu pencahayaan. Untuk mencapai kesana kamu bisa melalui jalur darat, dari pusat kota Jambi ke Sungai Penuh sekitar 10 sampai 11 jam perjalanan. Selanjutnya, melanjutkan perjalanan ke Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya selama 45 menit. Setelah itu, kamu berjalan kaki di hutan sekitar 4 sampai 5 jam, tapi tenang saja, selama perjalanan kamu akan melihat pemandangan hutan yang indah dan asri!

Itulah beberapa destinasi di Jambi yang bisa kunjungi, Vrens! Tapi, selain daftar di atas, masih ada banyak tempat wisata Jambi yang bisa kamu kunjungi. Yuk tunggu apalagi? Saatnya kamu untuk booking tiket pesawat murah ke Jambi. Portal online travel seperti via.com menyediakan berbagai penawaran liburan murah yang bisa kamu pesan untuk mewujudkan impian berlibur di Jambi. Yuk, dari sekarang kamu persiapkan liburanmu, agar lebih menyenangkan dan mengesankan!

 

Leave a comment

Newsletter subscribe